7 Tradisi Komunikasi

8,880 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
8,880
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
395
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

7 Tradisi Komunikasi

  1. 1. 7 Tradisi Ilmu Komunikasi Dosen Pengajar: Dr. Farid Hamid, S.Sos, M.Si Disusun Oleh: Gadis Octory (552 1111 0112) Patricia Robin (552 1111 0078) PROGRAM PASCASARJANA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MERCUBUANA JAKARTA 2011
  2. 2. Robert Craig mengembangkan suatu tipologi yang memudahkan kitamampu untuk merefleksikan bidang komunikasi (Littlejohn & Foss, 2005).Craig membagi komunikasi dalam 7 tradisi yaitu :1.Sosiopsikologi2.Semiotika3.Fenomenologi4.Sosiokultural5.Sibernatika6.Kritis7.Retorika
  3. 3. Tradisi ilmu komunikasi terbagi dalam dua pendekatan1. Pendekatan teori yang bersifat objektif: a. Sosiopsikologi b. sibernatika2. Pendekatan teori yang bersifat subjektif: a. Semiotika b. Fenomenologi c. Sosiokultural d. Retorika e. kritis
  4. 4. Griffin mengurutkan tradisi yang dikemukakan Craigsbb : 1) The Socio-Psychological Tradition ;2) The Cybernetic Tradition;3) The Rhetorical Tradition;4) The Semiotic Tradition;5) The Socio-Cultural Tradition;6) The Critical Tradition;7) The Phenomenological Tradition
  5. 5. Sosiopsikologi• George A. Miller (1974) dalam Rakhmat (2000: 9) “psychology is the sciece that attempts to describe, predict, and control mental and behavioral events.” Psikologi adalah ilmu yang berupaya untuk menjelaskan, meramalkan, dan mengendalikan peristiwa-peristiwa mental dan behavioral manusia.• Audrey Haber dan Richard P. Runyon (1986: 1-2) Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia.Di sini psikologi utamanya mengarah perhatiannya pada pikiran dan perilaku manusia dan mencoba menyimpulakan proses kesadaran yang menyebabkan terjadinya perilaku manusia.
  6. 6. SosiopsikologiAliran-aliran dalam disiplin psikologi : Aliran strukturalisme Apa unsur-unsur kesadaran jiwa itu seperti ingatan, berfikir, pengamatan dan imajinasi. Aliran fungsionalisme Apa, mengapa dan bagaimana kesadaran jiwa manusia khususnya fungsi kesadaran dan penyesuaian terhadap situasi-situasi tertentu. Aliran gestalt Reaksi dari psikologi elemen yang di pengaruhi oleh stukturalisme. Misalnya hasil pengamatan individu dipengaruhi oleh sikap mental, cara pengamatan, dan cara penafsiran dari individu tersebut. Aliran behaviorisme Perilaku manusia berusaha untuk menyesuaikan diri dari organisme terhadap alam sekitar. Aliran psikoanalisa Usaha-usaha untuk cara-cara penyembuhan penyakit jiwa yang dinamakan “neurosa”.
  7. 7. SosiopsikologiFisher menyebut 4 ciri pendekatan psikologi pada komunikasi :1. Penerimaan stimuli secara indrawi (sensory reception of stimuli)2. Proses yang mengantarai stimuli dan respon (internal meditation of stimuli),3. Prediksi respon (prediction of response),4. Peneguhan respon (reinforcement of responses). Psikologi komunikasi juga melihat bagaimana respon yang terjadi pada masa lalu dapat meramalkan respon yang terjadi pada masa yang akan datang.
  8. 8. SosiopsikologiDisiplin: Individu (diri pribadi manusia) –Mahluk sosial Termasuk Komunikasi antar manusiaWhy ? ... Mencari tahu (sebab-akibat) kenapa prilaku manusia berbeda satu dengan yang lainnya Mencari jawaban dengan menggunakan serangkaian metode yang ilmiah. Meneliti tentang proses penerimaan pesan, menganalisis faktor-faktor personal dan situasional yang mempengaruhinya, dan menjelaskan berbagai karakteristik komunikan ketika berada sendirian atau ketika berada dalam kelompok atau lingkungan sosialnya
  9. 9. SosiopsikologiSosiopsikologi memiliki tiga fungsi sebagai ilmu komunikasi yaitu:1. Menjelaskan, yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif2. Memprediksikan, Yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi3. Pengendalian, Yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau treatment serta rehabilitasi atau perawatan.
  10. 10. Sosiopsikologi• Bidang ini mempunyai 3 ruang lingkup, yaitu :• studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu, misalnya : studi tentang persepsi, motivasi proses belajar, atribusi (sifat)• studi tentang proses-proses individual bersama, seperti bahasa, sikap sosial, perilaku meniru dan lain-lain• studi tentang interaksi kelompok, misalnya kepemimpinan, komunikasi hubungan kekuasaan, kerjasama dalam kelompok, dan persaingan.
  11. 11. Sosiopsikologi• Teori-teori ini memberi perhatian pada perilaku social individu, variable psikologis, pengaruh individu, sifat dan persepsi serta kognisi, yaitu proses mengetahui dan memahami yang akan mempengaruhi perilaku.
  12. 12. Sosiokultural• Persoalan dan tantangannya diarahkan pd konflik, alienasi (pengasingan) dan kegagalan untuk melakukan koordinasi• Tradisi ini menggunakan bahasa yang mencakup elemen-elemen spt masyarakat, struktur, ritual, aturan dan kultur sehingga tradisi ini membahas bagaimana berbagai pengertian, makna, norma, peran, aturan, dan nilai budaya saling bekerja.• Memusatkan pada individu, sosiokultural lebih memfokuskan pada bagaimana masyarakat secara bersama-sama menciptakan realitas dari kelompok social, organisasi dan budaya mereka.
  13. 13. SosiokulturalVarian dari tradisi ini adalah:• Interaksi symbolic, merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam ilmu sosiologi oleh George Herbert Mead dan Zerbert Blumer yang menekankan pentingnya pengamatan dalam studi komunikasi sebagai cara untuk dari menyelidiki hubungan sosial.• Konstruksi Sosial, pada cabang ini menginvestigasi bagaimana pengetahuan manusia dikonstruksi melalui interaksi sosial.• Sosial Linguistik, Ludwig Wittgenstein seorang filosof Jerman bahwa arti dari bahasa tergantung pada penggunaannya.
  14. 14. Sosiokultural• Teori-teori yang termasuk dalam tradisi ini adalah interaksionisme simbolik, konstruksi social dan sosiolinguistik.• Bahwa komunikasi berlangsung dalam konteks budaya tertentu karenanya komunikasi dipengaruhi dan mempengaruhi kebudayaan suatu masyarakat.• Misal: Media massa, atau individu ketika melakukan aktivitas komunikasi ikut ditentukan faktor-faktor situasional tertentu.
  15. 15. Sosiokultural(Komunikasi sbg penciptaan dan pembuatan realitas sosial)
  16. 16. Sosiokultural(Komunikasi sbg penciptaan dan pembuatan realitas sosial)
  17. 17. Daftar Pustaka1. Griffin, Em.(ed) 2003. A First Look at Communication Theory, 5 th edition, : New York McGraw Hill2. Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.3. Ruben, Brent D, Stewart, Lea P, 1998, Communication and Human Behaviour,USA:Alyn and Bacon4. Pawito, 2007,Penelitian Komunikasi Kualitatif, Yogyakarta: ,LKIS.
  18. 18. TERIMA KASIH

×