Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
KONSEP PENDIDIKAN
Pendidikan mempunyai hubungan yang
erat dalam kehidupan suatu bangsa.
Pendidikan dimulai sejak manusia...
DEFINISI KONSEP
• Menurut Woodruf mendefinisikan konsep
sebagai suatu gagasan/ide yang relatif
sempurna dan bermakna, suat...
• Menurut Soedjadi (2000:14) pengertian
konsep adalah ide abstrak yang dapat
digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau
p...
DEFINISI PENDIDIKAN
• Menurut H. Horne, pendidikan adalah proses yang
terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih
ti...
• Jadi pendidikan usaha sadar untuk
menyiapkan peserta didik melalui kegiatan
bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi...
DEFINISI KONSEP PENDIDIKAN
• Sejalan dengan pendapat para ahli
mengenai pengertian dari konsep dan
pendidikan, berarti kon...
KONSEP PENDIDIKAN
Secara umum :
a) Pendidikan pada hakikatnya merupakan kegiatan
yang dilakukan anak didik yang berakibat
...
Berdasarkan ruang lingkupnya, konsep
pendidikan menurut Carter V.good dalam
"Dictionary Of Education“
a. Pedagogy : seni, ...
b.Pendidikan berarti: Proses perkembangan
pribadi, Proses sosial,Professional
cources, Seni untuk membuat dan memahami
ilm...
• Berdasarkan pendekatan sistem, pendidikan
merupakan sistem terbuka yang memiliki ciri-
ciri sebagai berikut : (Pidarta, ...
6.Mempunyai alur informasi sebagai umpan
balik untuk memperbaiki diri.
7. Ada kestabilan yang dinamis.
8. Memiliki deferen...
DAFTAR PUSTAKA
• Pidarta, Made., 2007. Landasan Kependidikan.
Jakarta: PT Rineka Cipta
• http://www.lepank.com/2012/08/pen...
TERIMA KASIH
FITRI RAMAYANTI, S.Pd
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Konsep pendidikan

8,158 views

Published on

Dasar-Dasar Teknologi Pendidikan

Published in: Education
  • Be the first to comment

Konsep pendidikan

  1. 1. KONSEP PENDIDIKAN Pendidikan mempunyai hubungan yang erat dalam kehidupan suatu bangsa. Pendidikan dimulai sejak manusia itu ada
  2. 2. DEFINISI KONSEP • Menurut Woodruf mendefinisikan konsep sebagai suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna, suatu pengertian tentang suatu objek, produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda- benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda).
  3. 3. • Menurut Soedjadi (2000:14) pengertian konsep adalah ide abstrak yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata. • Jadi konsep dapat diartikan sebagai suatu kesatuan pengertian tentang suatu hal atau persoalan yang telah dirumuskan.
  4. 4. DEFINISI PENDIDIKAN • Menurut H. Horne, pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada Tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia. • Menurut Edgar Dalle bahwa Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.
  5. 5. • Jadi pendidikan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang datang.
  6. 6. DEFINISI KONSEP PENDIDIKAN • Sejalan dengan pendapat para ahli mengenai pengertian dari konsep dan pendidikan, berarti konsep pendidikan merupakan suatu kesatuan pemahaman mengenai rumusan suatu pendidikan.
  7. 7. KONSEP PENDIDIKAN Secara umum : a) Pendidikan pada hakikatnya merupakan kegiatan yang dilakukan anak didik yang berakibat terjadinya perubahan pada diri pribadinya. b) Pendidikan adalah proses yang berlangsung seumur hidup. c) Pendidikan dapat berlangsung secara mandiri (independent) dan dapat berlangsung secara efektif dengan dilakukan pengawasan dan penilikan berkala.
  8. 8. Berdasarkan ruang lingkupnya, konsep pendidikan menurut Carter V.good dalam "Dictionary Of Education“ a. Pedagogy : seni, praktek, atau profesi sebagai pengajar (pengajaran) ;ilmu yang sistematis atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip-prinsip dan metode-metode mengajar, pengawasan dan bimbingan, murid, dalam arti luas digantikan dengan istilah pendidikan.
  9. 9. b.Pendidikan berarti: Proses perkembangan pribadi, Proses sosial,Professional cources, Seni untuk membuat dan memahami ilmu pengetahuan yang tersusun yang di warisi/dikembangkan masa lampau oleh tiap generasi bangsa.
  10. 10. • Berdasarkan pendekatan sistem, pendidikan merupakan sistem terbuka yang memiliki ciri- ciri sebagai berikut : (Pidarta, 2009:29) 1. Mengimpor energi, materi, dan informasi dari luar. 2. Memiliki pemroses. 3. Menghasilkan output atau mengekspor materi, energi, dan informasi. 4. Merupakan kajian yang berantai 5. Memiliki negative entropy
  11. 11. 6.Mempunyai alur informasi sebagai umpan balik untuk memperbaiki diri. 7. Ada kestabilan yang dinamis. 8. Memiliki deferensial, yaitu spesialisasi- spesialisasi. 9. Ada prinsip equalifinalty, yaitu banyak jalan untuk mencapai tujuan yang sama.
  12. 12. DAFTAR PUSTAKA • Pidarta, Made., 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta • http://www.lepank.com/2012/08/pengertian- konsep-menurut-beberapa-ahli.html • http://belajarpsikologi.com/pengertian- pendidikan-menurut-ahli/
  13. 13. TERIMA KASIH FITRI RAMAYANTI, S.Pd

×