Presentasi Testing & Implementasi Sistem 2012

1,219 views

Published on

Published in: Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,219
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
27
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presentasi Testing & Implementasi Sistem 2012

  1. 1. Testing Program Aplikasi Open Source E-Learning Claroline Oleh : Novi Aienur Rofiq H. (08.52.0011) Dion A. Webiaswara (08.52.0018) Honorio Inacio S. (08.52.0021)
  2. 2. Landasan Teori• Pengujian aplikasi menggunakan metode black-box.• Black-box adalah pengujian terhadap fungsionalitas input / output dari suatu perangkat lunak.• Penguji / tester harus mendefinisikan sekumpulan kondisi input kemudian melakukan sejumlah pengetesan terhadap program sehingga menghasilkan suatu output yang nilainya dapat dievaluasi.
  3. 3. Aplikasi Claroline• Claroline merupakan salah satu aplikasi E- Learning berbasis Open-Source, yang dapat digunakan oleh dosen(pengajar) dan mahasiswa(peserta belajar) sebagai sarana / media pembelajaran.• Modul-modul yang terdapat pada aplikasi ini sebagai berikut : modul user, platform, tool, matakuliah, situs online, dll.• Pengujian akan dilakukan pada modul matakuliah dan yang bertindak sebagai tester adalah admin aplikasi.
  4. 4. Halaman Utama Administrasi• Halaman utama administrasi hanya dapat diakses oleh admin.• Halaman ini berisi kumpulan modul aplikasi beserta link-linknya yang mengendalikan fungsionalitas kegiatan pembelajaran elektronis (E-Learning).• Yang dijadikan bahan uji-coba pada aplikasi ini adalah modul matakuliah.• Modul matakuliah terdiri atas beberapa submodul yaitu pembuatan matakuliah, daftar situs matakuliah, kelola kategori, pencarian situs matakuliah.
  5. 5. Konten Utama Modul MatakuliahBerikut ini disajikan beberapa konten utama modul matakuliahyang ditampilkan pada halaman administrasi :Link Daftar matakuliahLink Buat matakuliahLink Kelola kategori-kategori matakuliahTextfield pencari situs matakuliahTombol Eksekusi pencarian situs matakuliahLink Pencarian canggih situs matakuliahSecara singkat pada modul matakuliah terdapat 4 tautan / linkutama yang dapat diakses.
  6. 6. Testing Modul Matakuliah Kasus testing 1 : link daftar matakuliah yang berisi :  Kasus testing 2 : link buat situs matakuliah  Kasus testing 6 : link pencarian canggih situs matakuliah  Kasus testing 7 : link ubah / setting situs matakuliah  Kasus testing 8 : link situs utama matakuliah  Kasus testing 9 : link daftar anggota / user situs matakuliah Kasus testing 2 : link buat situs matakuliah
  7. 7. Testing Modul Matakuliah Kasus testing 3 : link daftar kategori yang berisi :  Kasus testing 10 : link buat kategori  Kasus testing 11 : link ubah / setting kategori  Kasus testing 12 : link daftar situs matakuliah pada kategori tertentu  Kasus testing 13 : link pindahkan ke kategori induk tertentu Kasus testing 6 : link pencarian canggih situs matakuliah Kasus testing 4 (textfield mesin pencari situs) & 5 (tombol eksekusi pencarian situs) merupakan jenis konten yang saling melengkapi. Textfield sebagai penampung variabel dan tombol cari untuk menampilkan daftar situs matakuliah dengan parameter pencarian input variabel textfield tersebut.
  8. 8. Tabel Jenis Tautan / LinkageNo. Kasus Nama Link Input / Pengisian Update / Ubah Output / Keluaran Testing Form 1 Daftar matakuliah − − √ 2 Buat situs matakuliah √ − − 6 Pencarian canggih situs √ − − matakuliah 7 Ubah situs matakuliah − √ − 8 Situs utama matakuliah − − √ 9 Daftar anggota situs − − √ matakuliah 3 Daftar kategori situs − − √ matakuliah 10 Buat kategori situs √ − − matakuliah 11 Ubah kategori situs − √ − matakuliah 12 Daftar situs matakuliah − − √ pada kategori tertentu 13 Pindahkan ke kategori √ − − induk tertentu
  9. 9. Evaluasi kasus testing 6 :pencarian canggih situsmatakuliah. Faktor positif : Terdapat mekanisme penyaringan / filtering data matakuliah yang ingin dicari. Parameter yang disediakan adalah kategori, bahasa, akses matkul, pendaftaran, dll. Data kategori pada combo box merupakan pengolahan server untuk input data kategori oleh user. Yang perlu dievaluasi : Input data kode administratif tidak diperlukan ketika ingin mencari situs matakuliah karena tidak begitu relevan dengan informasi matakuliah. Tanda asterisks pada pilihan combo box untuk panel “Bahasa” seharusnya tidak perlu. Karena input combo box secara otomatis menampilkan data yang paling awal urutan alphabetnya.
  10. 10. Evaluasi kasus testing 2 : buatsitus matakuliah. Faktor positif : Input textfield pada nama & kode matakuliah bersifat mandatory / tidak boleh kosong. Terdapat mekanisme pembatasan panjang karakter pada input kode matkul untuk menghindari proses pencarian yang terlalu lamban di sisi server. Secara default data untuk nama dan email pengajar adalah identitas user yang login kemudian sedang mengakses halaman. Input data URL telahmemenuhi kaidah penulisan alamat web- site / server yang benar (karena ada pengecekan url). Yang perlu dievaluasi : Input data nama pengajar sangat penting, karena dapat memberikan informasi kepada user yang akan mendaftar matakuliah. Tanda asterisks pada pilihan combo box untuk panel “Bahasa” seharusnya tidak perlu. Karena input combo box secara
  11. 11. Evaluasi kasus testing 10 : buatkategori matakuliah. Faktor positif : Secara keseluruhan mekanisme pengecekan input data sudah benar. Yang perlu dievaluasi : Tanda asterisks pada pilihan Radio button untuk panel “Kategori induk” seharusnya tidak perlu. Karena input radio button secara otomatis memilih salah satu data. Panjang karakter untuk kode kategori seharusnya lebih kecil dari nama kategori demi kemudahan akses di masa mendatang.
  12. 12. Evaluasi kasus testing 13 :pindahkan kategori. Faktor positif : Form pemindahan kategori cukup simpel karena hanya berisi satu combo box kategori induk yang akan menampung sub-kategori. Yang perlu dievaluasi : Combo box kategori tidak seharusnya menampilkan data sub-kategori yang akan dipindahkan pada kategori induk agar kapasitas lebih kecil.
  13. 13. Evaluasi kasus testing 1 : daftarsitus matakuliah. Faktor positif : Tata letak konten halaman sangat user-friendly dan mudah dimengerti, karena tidak terlalu banyak even. Hal ini mengakibatkan waktu respon untuk mengakses halaman lebih cepat. Terdapat mesin pencari untuk menyaring situs matakuliah yang ingin ditampilkan pada halaman. Icon yang ditampilkan pada kolom ”Setting matakuliah” dapat merepresentasikan jenis-jenis status, akses, dan pendaftaran matakuliah. Secara fungsional, semua jenis kinerja database seperti menampilkan / query, pembuatan, penghapusan, dan pengubahan data dioptimalkan pada halaman daftar situs matakuliah. Yang perlu dievaluasi : Seharusnya fungsi berupa even untuk mengurutkan data berdasarkan kriteria tertentu diberi tanda / icon pada kolom tertentu untuk kemudahan user. Tidak adanya tool tip / kotak tip yang dapat ditampilkan untuk memberikan penjelasan mengenai even yang disorot (dengan mouse). Pada kolom kategori di dalam tabel daftar matakuliah seharusnya menampilkan nama kategori.
  14. 14. Evaluasi kasus testing 8 : situsutama matakuliah. Faktor positif : Desain user interface cukup mudah dimengerti. Yaitu panel modul-modul matkul di sebelah kiri dengan icon notifikasi / pemberitahuan di bawahnya. Panel modul juga terdapat pada combo box di pojok kanan atas. Modul bersifat dinamis, dapat diaktifkan dan dinon-aktifkan. Terlebih lagi terdapat modul yang disediakan di internet untuk diunduh kemudian diinstal ke platform. Terdapat 2 mode tampilan yang memungkinkan pembuat situs untuk dapat melakukan review ulang terhadap halaman utama situs matakuliah. Yang perlu dievaluasi : Link-link modul pada panel sebelah kiri tidak cukup usable, karena akses link pada panel tersebut tidak diijinkan (not allowed). Begitu juga link pada judul halaman dengan data nama situs dan kode matkul tidak digunakan.
  15. 15. Evaluasi kasus testing 9 : daftaranggota situs matakuliah. Faktor positif : Desain interface cukup mudah dan simpel. Icon-icon pada kolom tertentu membuat tabel daftar anggota dapat dikenali status tiap recordnya Yang perlu dievaluasi : Icon yang bersifat penjelasan tidak seharusnya diletakkan di atas tabel daftar yang notabene tabel tersebut harus memiliki judul.
  16. 16. Evaluasi kasus testing 3 : daftarkategori situs matakuliah. Faktor positif : Desain interface cukup mudah dan simpel. Dengan menggunakan icon pada kolom-kolom yang aktif bagi user seperti icon pensil pada kolom edit dan lain sebagainya, maka faktor usabilitas cukup tinggi. Yang perlu dievaluasi : Dibutuhkan 1 kolom baru yang dapat menampung penomoran record-record karena sangat memungkinkan jumlah kategori yang sangat banyak. Tidak adanya definisi atau deskripsi mengenai kategori.
  17. 17. Evaluasi kasus testing 12 : daftar situsmatakuliah pada kategori tertentu. Faktor positif : Desain interface dapat dimengerti karena panel- panelnya cukup sederhana. Penyaringan matakuliah berdasarkan kategori tertentu ditampilkan ke dalam daftar situs matakuliah dengan jenis tabel yang masih sama dengan halaman daftar matakuliah, sehingga memudahkan user dalam melakukan ubah atau hapus terhadap situs matakuliah. Yang perlu dievaluasi : Box informasi pada panel kategori induk seharusnya menampilkan nama kategori. Begitu juga pada tabel daftar matakuliah agar lebih dapat dipahami user.
  18. 18. Evaluasi kasus testing 7 : ubahsitus matakuliah. Faktor positif : Desain interface hampir sama dengan halaman pembuatan situs matakuliah, hanya yang membedakannya adalah form input berisi data situs matakuliah dari pengolahan server yang akan diubah. Yang perlu dievaluasi : Terdapat link-link yang tidak dapat digunakan (Interface misunderstanding) pada halaman ini yaitu link ”Edit daftar tool”, ”Setting utama group”, dll. Tidak adanya manual procedure untuk pengisian form ubah situs matakuliah secara lengkap.
  19. 19. Evaluasi kasus testing 11 : ubahkategori situs matakuliah. Faktor positif : Desain interface hampir sama dengan halaman pembuatan kategori situs matakuliah, sehingga tidak begitu menyulitkan user. Yang perlu dievaluasi : Tanda asterisks pada pilihan Radio button untuk panel “Dapat memiliki matakuliah” seharusnya tidak perlu. Karena input radio button secara otomatis memilih salah satu data. Panjang karakter untuk kode kategori seharusnya lebih kecil dari nama kategori demi kemudahan akses di masa mendatang.
  20. 20.  Sekian Terima Kasih Atas Perhatiannya…

×