“ BERFIKIR POSITIF DAN BERFIKIR
POSITIF VS BERFIKIR NEGATIF”

Kelompok ;
Theofilus Anugraha 10101002
Anggi Purnama Putra 1...
Berpikir positif merupakan suatu kesatuan yang terdiri
dari tiga komponen, yaitu muatan pikiran,
penggunaan pikiran, dan p...
1. Muatan Pikiran
Berpikir positif merupakan usaha mengisi pikiran dengan
berbagai hal yang positif atau muatan yang posit...
3. Pengawasan Pikiran
Dimensi ke tiga dari berpikir positif adalah pengawasan
pikiran. Aktivitas ini mencakup usaha untuk ...
MANFAAT BERFIKIR POSITIF
1. Mengatasi stres
2. Menjadi lebih sehat
3. Percaya diri
4. Bisa mengambil keputusan yang benar
...
TIPS AGAR ANDA SELALU BERPIKIRAN POSITIF
1.

2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

Jadilah optimis dan mengharapkan hasil yang baik...
BERPIKIR NEGATIF VS BERPIKIR
POSITIF
“Manusia mungkin berbuat salah tetapi yang tidak
dibenarkan adalah mempertahankan ses...
CIRI – CIRI ORANG YANG BERKEPRIBADIAN
NEGATIF :
1.

2.

3.
4.
5.
6.
7.
8.

Keyakinan dan bayangan negatif ; kepribadin yan...
DAMPAK BERPIKIR NEGATIF
Stres
 Rasa kwatir yang berlebihan
 Mudah tersinggung
 Bingung
 Rasa cemas
 Pemarah
 Apatis
...
SIFAT KEPRIBADIAN POSITIF DIGUNAKAN
DALAM KEHIDUPAN SEHARI












– HARI.

Beribadah, beriman, dan percaya ...
TEHNIK MENGATASI PIKIRAN
NEGATIF
1.

2.

3.

4.

5.

Hidup di saat ini.
Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal ya...
6.

Hadapi rasa takutmu
Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut Anda
akan hidup, makin banyak pikiran negatif...
TERIMA KASIH
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Berfikir positif dan berfikir positif vs berfikir

3,985 views

Published on

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
3,985
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
127
Actions
Shares
0
Downloads
127
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Berfikir positif dan berfikir positif vs berfikir

  1. 1. “ BERFIKIR POSITIF DAN BERFIKIR POSITIF VS BERFIKIR NEGATIF” Kelompok ; Theofilus Anugraha 10101002 Anggi Purnama Putra 10101221 Agus Bahtiar 111011173 Khoirul retno Ambarwati 11101163 Misya’unnanjar 11101090 Puput Puspita 10101107 Dwi Ratna Amelia 10101064
  2. 2. Berpikir positif merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari tiga komponen, yaitu muatan pikiran, penggunaan pikiran, dan pengawasan pikiran (Ubaedy, 2007: 12-19).
  3. 3. 1. Muatan Pikiran Berpikir positif merupakan usaha mengisi pikiran dengan berbagai hal yang positif atau muatan yang positif. Adapun yang dimaksud dengan muatan positif untuk pikiran adalah berbagai bentuk pemikiran yang menurut Ubaedy (2007: 13), memiliki kriteria: a. benar (tak melanggar nilai-nilai kebenaran), b. baik ( bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan), dan c. bermanfaat (menghasilkan sesuatu yang berguna). 2. Penggunaan Pikiran Memasukkan muatan positif pada ruang pikiran merupakan tindakan positif namun tindakan tersebut berada pada tingkatan yang masih rendah jika muatan positif tersebut tidak diwujudkan dalam tindakan nyata. Oleh karena itu isi muatan yang positif tersebut perlu diaktualisasikan ke dalam tindakan agar ada dampak yang ditimbulkan.
  4. 4. 3. Pengawasan Pikiran Dimensi ke tiga dari berpikir positif adalah pengawasan pikiran. Aktivitas ini mencakup usaha untuk mengetahui muatan apa saja yang dimasukkan ke ruang pikiran dan bagaimana pikiran bekerja. Jika diketahui terdapat halhal yang negatif ikut masuk ke ruang pikiran maka perlu dilakukan tindakan berupa mengeluarkan hal-hal yang negatif tersebut dengan menggantinya dengan yang positif. Demikian pula jika ternyata teridentifikasi bahwa pikiran bekerja tidak semestinya maka dilakukan usaha untuk memperbaiki kelemahan atau kesalahan tersebut.
  5. 5. MANFAAT BERFIKIR POSITIF 1. Mengatasi stres 2. Menjadi lebih sehat 3. Percaya diri 4. Bisa mengambil keputusan yang benar 5. Meningkatkan fokus 6. Bisa mengatur waktu lebih baik 7. Lebih sukses dalam hidup 8. Memiliki banyak teman 9. Menjadi pemberani 10. Hidup lebih bahagia
  6. 6. TIPS AGAR ANDA SELALU BERPIKIRAN POSITIF 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Jadilah optimis dan mengharapkan hasil yang baik dalam segala situasi. Cari alasan untuk tersenyum lebih sering. Libatkan diri Anda dalam kegiatan rekreasi menyenangkan. Baca dan kutipan yang inspirasional. Ikuti gaya hidup sehat. Olahraga setidaknya tiga kali seminggu. Bergaulah dengan orang yang selau berpikir positif. Pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide. Singkirkan pikiran negatif seketika setelah pikiran itu terlintas di benak. Mensyukuri apa yang dimiliki. Tidak buat alasan, tapi langsung buat tindakan.
  7. 7. BERPIKIR NEGATIF VS BERPIKIR POSITIF “Manusia mungkin berbuat salah tetapi yang tidak dibenarkan adalah mempertahankan sesuatu yang negatif dan mengulanginya hingga menjadi kebiasaan” Waspadalah dengan pikiran negatif yang bila berkelanjutan akan menghasilkan perilaku negatif.
  8. 8. CIRI – CIRI ORANG YANG BERKEPRIBADIAN NEGATIF : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Keyakinan dan bayangan negatif ; kepribadin yang negatif lebih sering meyakini kegagalan daripada keberhasilan. Bayangan kegagalan selalu ada dalam pikirannya. Menolak perubahan ; karena keyakinan dan bayangan negatif, seseorang menolak perubahan apapun yang mengeluarkannya dari zona nyaman dan aman. Tidak berperan aktif menyelesaikan masalah. Selalu mengeluh, mencela, dan melihat sisi negatif dari segala sesuatu. Selalu merasa frustasi, sendiri dan gagal. Hasil kerja dan capaian individunya menjadi lemah. Senang menyendiri dan tidak mampu bersosialisasi hingga tidak punya sahabat. Sangat mungkin terserang penyakit jiwa.
  9. 9. DAMPAK BERPIKIR NEGATIF Stres  Rasa kwatir yang berlebihan  Mudah tersinggung  Bingung  Rasa cemas  Pemarah  Apatis  Tidak sabar  Sering merasa kesepian  Sering merasa sedih dan iri hati serta dengki 
  10. 10. SIFAT KEPRIBADIAN POSITIF DIGUNAKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI           – HARI. Beribadah, beriman, dan percaya pada Tuhan. Kepribadian yang sukses memiliki ciri jujur, bijaksana, menyukai kebaikan, murah hati, bergantung pada Tuhan. Memiliki cara pandang yang jelas. Pribadi positif tahu betul kekuatan hukum keyakinan dan proyeksi positif. Selalu mencari jalan keluar dari berbagai masalah. Belajar dari masalah dan kesulitan. Tidak membiarkan masalah dan kesulitan mempengaruhi kehidupannya. Percaya diri, menyukai perubahan, dan berani menghadapi tantangan. Hidup dengan cita – cita, perjuangan, dan kesabaran. Pandai bergaul dan suka membantu orang lain.
  11. 11. TEHNIK MENGATASI PIKIRAN NEGATIF 1. 2. 3. 4. 5. Hidup di saat ini. Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Katakan hal positif pada diri sendiri Katakan pada diri Anda bahwa Anda kuat, Anda mampu. Percaya pada kekuatan pikiran positif Jika Anda berpikir positif, hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Fokus pada hal-hal positif. Fokus pada kegiatan positif mampu mengubah pemikiran negatif Anda menjadi suatu pemikiran positif. Bergeraklah Berolahraga melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaaan Anda menjadi lebih baik.
  12. 12. 6. Hadapi rasa takutmu Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut Anda akan hidup, makin banyak pikiran negatif dalam diri Anda. Jika Anda takut akan sesuatu, lakukan sesuatu itu. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita. 7. Coba hal-hal baru Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengatakan ya pada kehidupan Anda membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. 8. Ubah cara pandang Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.
  13. 13. TERIMA KASIH

×