Kelompok 11
Anastasia Dita
Iftakhul Farikhah
Nadia Raisani
Samuel Setiado
Siti Khoiriyah Uswah
DVD adalah sejenis cakram optik yang
dapat
digunakan
untuk
menyimpan data, termasuk film dengan
kualitas video dan audio y...
Sejarah perkembangan DVD
Pada awal tahun 1990-an, perusahaanperusahaan maju yang ikut serta dalam
pengembangan
teknologi
o...
Sejarah perkembangan
DVD
 Teknologi

DVD
pertama
kali
diperkenalkan oleh negara Jepang
pada tahun 1996. Tidak lama
kemudi...
Format DVD


Format Perekaman
 Ada 2 macam format rekaman yang
terdapat dalam alat perekam ini yaitu:
mode VR dan mode V...
Mode VR (Video
Recording)







Mode VR adalah format dasar rekaman dari
DVD-RW, dan memudahkan anda dalam
menikmati ...
Mode Video
Format perekaman ini cocok dengan DVD
player atau DVD-ROM drive yang biasa
dijual di pasaran.
 Disc yang terek...
Disc yang terekam dalam mode video dapat
diputar pada pemutar DVD lainnya dengan
memfinalisasikan setelah proses perekaman...
Jenis-jenis DVD


DVD-R
Format yang paling banyak digunakan dibanding yang
lain. Dapat dimainkan atau diputar di kebanyak...
Jenis-jenis DVD


DVD+RW
(DVD-Rerecordable)
Format ini sama dengan
formaDVD-R,
perbedaan
DVD-RW
dapat
ditulis
berulang hi...
Jenis-jenis DVD


DVD±R
Bukan merupakan salah satu jenis format
DVD, melainkan drive yang dapat memainkan
standar DVD-R/W...
Jenis-Jenis DVD


DVD-Video
Format ini dipakai pada video dengan musik, kualitas pada
video yang ditawarkan baik itu vide...
Kapasitas DVD
Sekeping
DVD
yang
mengunakan
teknologi single layer pada umumnya
dapat menampung data sebesar 4,7 GB.
 Teta...
Kecepatan Putar DVD
Angka dasar untuk mengetahui tingkat
kecepatan DVD adalah 1.358 KB per
detik. Drive yang beredar di pa...
Alat Putar DVD
DVD player adalah
sebuah alat canggih
yang berfungsi sebagai
sarana hiburan dan
belajar
di
rumah.
Berbagai ...
Keunggulan Teknologi
DVD










Kapasitas yang jauh lebih besar
Dukungan terhadap Wide-Screen
Materi yang terst...
Kekurangan DVD


Sistem Region Code (SRC) yang membatasi
peredaran keping DVD dan DVD player untuk
beberapa negara atau s...
Penempatan dan Perawatan
DVD
 Membeli CD dan DVD yang Berkualitas

Tinggi
 Menaruh CD dan DVD di Dalam Wadah.
 Menyimpa...
TERIMA KASIH
Kelompok 11 dvd (digital versatile disc) ppt
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Kelompok 11 dvd (digital versatile disc) ppt

629 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
629
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
25
Actions
Shares
0
Downloads
26
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kelompok 11 dvd (digital versatile disc) ppt

  1. 1. Kelompok 11 Anastasia Dita Iftakhul Farikhah Nadia Raisani Samuel Setiado Siti Khoiriyah Uswah
  2. 2. DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD.
  3. 3. Sejarah perkembangan DVD Pada awal tahun 1990-an, perusahaanperusahaan maju yang ikut serta dalam pengembangan teknologi optik (CD) mengusulkan pengunaan media baru yang memberikan jaminan akan daya tampung yang lebih besar. Usulan dari perusahaan-perusahaan akan media baru inilah yang kita kenal dengan nama DVD sekarang ini. Perusahaanperusahaan tersebut terdiri atas: JVc, Hitachi, Matsushita, Mitsubishi, Philips, Pioneer, Sony, Thompson, Time-Warner, dan Toshiba.
  4. 4. Sejarah perkembangan DVD  Teknologi DVD pertama kali diperkenalkan oleh negara Jepang pada tahun 1996. Tidak lama kemudian, format ini mulai masuk ke pasar Amerika dan sekarang telah banyak digunakan di berbagai belahan dunia.
  5. 5. Format DVD  Format Perekaman  Ada 2 macam format rekaman yang terdapat dalam alat perekam ini yaitu: mode VR dan mode Video.  Format rekaman yang dapat dipilih mungkin berbeda tergantung pada jenis discnya.
  6. 6. Mode VR (Video Recording)     Mode VR adalah format dasar rekaman dari DVD-RW, dan memudahkan anda dalam menikmati berbagai macam fungsi editing yang terdapat dalam disc tersebut. Disaat disc telah terekam dalam mode VR, disc tersebut masih dapat dihapus atau untuk merekam kembali Disc-disc yang telah terekam hanya dapat digunakan pada DVD player yang sesuai. DVD-RW yang cocok dengan DVD player ini memiliki indicator seperti ini.
  7. 7. Mode Video Format perekaman ini cocok dengan DVD player atau DVD-ROM drive yang biasa dijual di pasaran.  Disc yang terekam dalam mode video tidak dapat direkam kembali atau diulang perekamannya.  Disaat perekaman dalam mode video, discdisc dapat diputar ulang, rekaman tambahan dan pengeditan hanya dapat dilakukan sebelum disc difinalisasi. 
  8. 8. Disc yang terekam dalam mode video dapat diputar pada pemutar DVD lainnya dengan memfinalisasikan setelah proses perekaman.  Perekaman ke dalam DVD-RW dalam mode video memakai standar baru yang telah disetujui dalam Forum DVD tahun 2000, dan kecocokan dengan standar baru tersebut tergantung penuh pada kebijaksanaan dari si pembuat DVD. 
  9. 9. Jenis-jenis DVD  DVD-R Format yang paling banyak digunakan dibanding yang lain. Dapat dimainkan atau diputar di kebanyakan DVD Player dan DVD-ROM komputer.  DVD+R Format ini mempunyai keunggulan dalam hal kecepatan. Meski format DVD+R lebih cepat dibanding DVD-R, format ini belum tentu didukung oleh drive dengan format DVD-R
  10. 10. Jenis-jenis DVD  DVD+RW (DVD-Rerecordable) Format ini sama dengan formaDVD-R, perbedaan DVD-RW dapat ditulis berulang hingga 1000 kali.  DVD+RW (DVD+Rewritable) Format ini lebih diarahkan digunakan untuk kebutuhan seperti real time video recording. Format ini dapat ditulis hingga 1000 kali.
  11. 11. Jenis-jenis DVD  DVD±R Bukan merupakan salah satu jenis format DVD, melainkan drive yang dapat memainkan standar DVD-R/W dan DVD+R/W.  DVD-RAM (DVD-Random Access Memory) Format yang bekerja layaknya flash disk atau disket. Kekurangan dari format ini adalah DVD-RAM hanya bisa diakses oleh drive DVD-RAM.
  12. 12. Jenis-Jenis DVD  DVD-Video Format ini dipakai pada video dengan musik, kualitas pada video yang ditawarkan baik itu video maupun audio, tajam, dan jernih. Namun, DVD-Video tidak memberikan kualitas audio sebagus format DVD-Audio atau SCAD.  DVD-Audio Ditujukan untuk data audio dengan kualitas tinggi dengan dukungan suara surround. Format ini mampu menampung file musik kualitas tinggi selama 74 menit.  SACD (Super Audio CD) Format ini memberikan kualitas audio yang tinggi. Untuk itu, DVD yang mengunakan format SACD tidak bisa dimainkan di player dengan format DVD Video.
  13. 13. Kapasitas DVD Sekeping DVD yang mengunakan teknologi single layer pada umumnya dapat menampung data sebesar 4,7 GB.  Tetapi dengan perkembangan teknologi yang lebih hebat. Sekeping DVD dapat menampung data hingga 17 GB. DVD jenis ini mengunakan teknologi doublesided dan double layered. Sekeping DVD degan teknolgi single-sided double-layered dapat menampung data hingga 8,5 GB. 
  14. 14. Kecepatan Putar DVD Angka dasar untuk mengetahui tingkat kecepatan DVD adalah 1.358 KB per detik. Drive yang beredar di pasaran kebanyakan berkecepatan 16x. Artinya, berkecepatan sekitar 22.160 KB per detik.
  15. 15. Alat Putar DVD DVD player adalah sebuah alat canggih yang berfungsi sebagai sarana hiburan dan belajar di rumah. Berbagai indikator alat ini jauh lebih canggih daripada video playing lainnya. Alat ini menghasilkan gambar yang tajam dan jelas.
  16. 16. Keunggulan Teknologi DVD         Kapasitas yang jauh lebih besar Dukungan terhadap Wide-Screen Materi yang terstruktur Video terlihat lebih menarik Lebih tahan lama Fasilitas tambahan (menu) yang lengkap, seperti subtitle/multilingual, multiangle Kemampuan Rewind dan Foward yang lebih instant. Atau bahkan memilih lewat chapter dan waktu (time code). Terdapat copy protection
  17. 17. Kekurangan DVD  Sistem Region Code (SRC) yang membatasi peredaran keping DVD dan DVD player untuk beberapa negara atau suatu kawasan tertentu di dunia ini. Konsorsium membagi dunia menjadi 5 region  Eropa Barat, Jepang dan Afrika Selatan  Asia Tenggara  Australia dan Amerika Selatan  Asia, Eropa Timur dan Afrika  RRC
  18. 18. Penempatan dan Perawatan DVD  Membeli CD dan DVD yang Berkualitas Tinggi  Menaruh CD dan DVD di Dalam Wadah.  Menyimpan CD dan DVD di Tempat yang Aman  Jangan Menulis di atas CD dan DVD  Membersihkan CD dan DVD  Bersihkan Pemutar CD dan DVD (Disk Writer)
  19. 19. TERIMA KASIH

×