Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Masalah persampahan

1,037 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

Masalah persampahan

  1. 1. Masalah PersampahanMahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia Makassar 2011
  2. 2. SAMPAHDi dunia ini semua orang pasti kenal dengannamanya sampah. Sampah dapat membawadampak yang buruk pada kondisi kesehatanmanusia. Bila sampah dibuang secarasembarangan atau ditumpuk tanpa adapengelolaan yang baik, maka akanmenimbulkan berbagai dampak kesehatanyang serius.
  3. 3. DAMPAK SAMPAH BAGI KESEHATAN• Tumpukan sampah rumah tangga yang dibiarkan begitu saja akan mendatangkan tikus got dan serangga (lalat, kecoa, lipas,kutu, dan lain-lain) yang membawa kuman penyakit.• Lalat hidup dari sisa makanan dan berkembang biak ditempat sampah. Lalat dapat menjadi pembawa utama dari kuman bakteri yang menyebabkan diare karena mudah hinggap di makanan atau peralatan makan.
  4. 4. LANJUTAN…• Tikus diketahui dapat membawa penyakit seperti tipus, leptosprirosis, salmonellosis, pesdan lain-lain.• Sedangkan serangga (lalat, kecoa, lipas, kutu, dan lain-lain)dapat membawa berbagai bakteri yang menyebabkan penyakit disentri dan diare.• Nyamuk akan beranak-pinak di air yang tidak bergerak di sekitar sampah yang tercecer dan dapat menyebabkan malaria bahkan demam berdarah ataupun penyakit lain seperti kaki gajah.
  5. 5. AKIBAT LAIN DARI SAMPAH• Sampah yang dibuang di jalan dapat menghambat saluran air yang akhirnya membuat air terkurung dan tidak bergerak, menjadi tempat berkubang bagi nyamuk penyebab malaria. Sampah yang menyumbat saluran air atau got dapat menyebabkan banjir. Ketika banjir, air dalam got yang tadinya dibuang keluar oleh setiap rumah akan kembali masuk ke dalam rumah sehingga semua kuman, kotoran dan bibit penyakit masuk lagi ke dalam rumah.
  6. 6. LANJUTAN…• Adanya angin berbau sampah busuk yang kita hirup yang dapat mnyebabkan kita sesak napas.• Menarik berkumpulnya Hama , dan adanya genangan air sampah.• Longsor tumpukan sampah• Pencemaran lingkungan
  7. 7. DAMPAK PEMBAKARAN SAMPAH• Orang Indonesia sangat hobby membakar sampah di halaman belakang. Padahal, menurut penelitian, bahan kimia yang dihasilkan dari plastik yang dibakar inilah penyebab banyaknya orang yang kena kanker paru-paru belakangan ini, meskipun orang tsb bukan perokok dan bukan pula orang yang sering terpapar asap rokok.
  8. 8. LANJUTAN…• Efek lain yang terjadi akibat paparan asap pembakaran sampah ini, adalah terjadinya penyakit kulit yang parah seperti jerawat yang terjadi terutama pada wajah dan tubuh bagian atas, serta bagian kulit lainnya, terjadi perubahan warna kulit, rambut tubuh yang berlebihan, dan kerusakan pada organ-organ tubuh lainnya, seperti hati, ginjal dan saluran pencernaan. Masalah kesehatan terbesar adalah bahwa asap ari pembakaran tersebut dapat menyebabkan kanker pada orang dewasa.
  9. 9. PENGELOLAAN SAMPAH• Tujuan 1. mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis 2. mengolah sampah agar menjadi material yang tidak membahayakan bagi lingkungan hidup.
  10. 10. HASIL PENGOLAHAN SAMPAH
  11. 11. HASIL PENGOLAHAN SAMPAH
  12. 12. MARI MULAI DARI DIRI SENDIRI
  13. 13. Sehingga terciptalah lingkungan yang bersih, indah dan nyaman. Karena, Kebersihan adalah sebagian dari Iman. Oleh karena itu, Cintailah kebersihan, karena Allah itu indah dan mencintai yang indah-indah.

×