Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Sinopsis

107 views

Published on

ddos

Published in: Internet
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Sinopsis

  1. 1. SINOPSIS DETEKSI, PROTEKSI, DAN ANALISA FORENSIKA DIGITAL PADA SERVER UNTUK MENDUKUNG PENANGANAN KASUS CYBERCRIME DISTRIBUTED DENIAL OF SERVICE (DDOS) Fathirma’ruf (13917213) fathir.ntb@gmail.com Pemanfaatan komputer dan internet di dunia sudah berkembang dengan pesat, baik oleh individu perorangan maupun oleh sebuah institusi, keberadaan komputer dan layanan internet sudah menjadi kebutuhan dalam mendukung kehidupan sehari-hari, baik untuk mencari informasi terkait kebutuhan pekerajaan oleh para individu, maupun untuk menyimpan, mengolah dan memanajemen sebuah system dari sebuah institusi. Peran computer dan internet dirasakan sangat positif dalam membantu berbagai aktifitas penggunanya, tapi tentu perkembangan yang terjadi pada dunia cyber tersebut tidak selamanya dapat memberikan manfaat dan bantuan yang positif. Salah satu hal negatif yang merupakan efek samping dari penyalahgunaan internet antara lain yaitu kejahatan di dunia cyber terkait dengan serangan Distributed denial of service (DDOS) yang dapat merugikan korban dari sisi finansial karena aktivitas dari system yang terganggu. Distributed denial of service (DDOS) adalah bentuk serangan untuk melumpuhkan jaringan atau komputer dengan mengirimkan paket-paket data yang sangat besar dari sekian banyak mesin atau komputer lainnya, sebagai efeknya jaringan atau komputer tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik karena resource yang ada akan dihabiskan oleh paket-paket data DDOS tersebut dengan begitu jaringan atau komputer yang di serang akan lumpuh dan ber-efek ke tidak dapat beroperasinya suatu jaringan atau komputer tersebut (Pribadi, 2008). Beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya terkait dengan serangan DDOS berfokus pada bagaimana melakukan deteksi dan pencegahan pada korban, atau dengan kata lain penelitian sebelumnya menggunakan kajian bagaimana membangun sebuah jaringan computer yang dapat menanggulangi serangan DDOS, sedangkan dalam penelitian ini akan membahas bagaimana melakukan deteksi, dan pencegahan dengan menggunakan metode dan tool yang berbeda dengan penelitian sebelumnya, memanfaatkan tool opensource yang banyak tersedia, serta melakukan analisa data secara forensika digital terkait dengan kejahatan
  2. 2. cyber yang dilakukan oleh pelaku. Analisa data yang dimaksud yaitu dengan mencatat alamat IP dari beberapa pelaku untuk ditetapkan siapa, dan dari mana mereka melakukan, dan apakah terdapat motif lain atas tindakan mereka, atau dengan kata lain penelitian ini akan melakukan kajian berdasarkan bidang forensika digital yang melibatkan aturan dan ketentuan hukum dalam pemecahan kasus untuk kebutuhan investigasi terhadap jenis kejahatan cyber seperti ini. Jika tidak terdapat motif lain dibalik serangan ini biasanya pelaku tidak melakukan pencurian, penyadapan, ataupun pemalsuan data tetapi hanya akan menghabiskan recource, dan resource yang dihabiskan oleh aktifitas serangan ini yaitu swap space, bandwidth, kernel tables, ram, serta disk, DDOS merupakan jenis serangan yang bertujuan untuk melumpuhkan target sehingga menjadi (hang, crash) dengan harapan tidak dapat lagi mengolah dan memberikan layanan. Menurut beberapa artikel cybercrime, banyak hal yang melatarbelakangi kejahatan di dunia cyber terjadi diantaranya yaitu persaingan bisnis dan kecemburuan social antar individu atau kelompok, dalam penelitian ini akan membahas bagaimana melakukan deteksi, proteksi dan analisa secara forensika digital pada sebuah server untuk mendukung penanganan kasus kejahatan computer yang dalam hal ini adalah serangan DDOS yang di scenariokan serangan tersebut terjadi pada sebuah server yang memiliki system layanan untuk menyediakan dan mengelola data keuangan dari para nasabahnya dan kejadian tersebut terjadi beberapa kali, sehingga kepentingandalam pelayanan terhadap nasabah terganggu. Penelitian ini adalah upaya sederhana untuk melakukan deteksi, proteksi dan analisa secara forensika digital terkait dengan serangan DDOS yang terjadi pada sebuah server, adapun deteksi yang dilakukan yaitu dengan melakukan klasifikasi terhadap bentuk permintaan yang diterima oleh server, proteksi dilakukan dengan memanfaatkan beberapa tool firewall opensource yang dikombinasikan dengan tool lain, serta melakukan analisa terhadap tujuan dan motif serta kelemahan system dengan memanfaatkan event log dari system operasi, firewall, dan tool pemantau aktifitas lalulintas jaringan wireshark. Teknik implementasi penelitian yaitu dengan melakukan analisa log server, log firewall, lalulintas data dengan wireshark, waktu request dan respon server atas halaman web, perbandingan statistik penggunaan memory, CPU, Bandwidth, dengan dua kondisi yaitu : 1. Sebelum serangan terjadi. 2. Setelah serangan terjadi.
  3. 3. Adapun yang diharapkan dari penelitian ini diantaranya yaitu, dapat dijadikan acuan terkait bagaiamana membangun system keamanan untuk beberapa pihak, baik pihak yang merasa harus mewaspadai serangan ini terjadi pada mereka, memberikan kontribusi kepada ilmu pengetahuan, maupun dapat dijadikan sebagai referensi bagi pihak yang berwajib dalam pengungkapan dan penangan kasus kejahatan cyber seperti ini, serta diharapkan bagi para pelaku kejahatan cyber untuk menyadari bahwa tindakan mereka adalah tindakan yang dianggap sebagai tindakan yang melanggar ketentuan hukum, sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan transaksi elektronik.

×