Perekonomian indonesia

1,373 views

Published on

Pelajaran Sejarah

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,373
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
47
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perekonomian indonesia

  1. 1. Perekonomian Indonesia Pada Masa Orde Baru Kelompok : Nadya Savila Fantasia Imanda Ahmad Dita Fajar Nur
  2. 2. Bagaimana Kehidupan Ekonomi Pada Masa Orde Baru?Pada masa demokrasi terpimpin, negara bersama aparat ekonominyamendominasi seluruh kegiatan ekonomi sehingga mematikan potensi dankreasi unit-unit ekonomi swasta.Program pemerintah berorientasi pada “Usaha penyelamatan ekonominasional terutama untuk mengendalikan inflasi, penyelamatan uangnegara, dan pengamanan kebutuhan pokok rakyat”.Adanya kenaikan harga awal tahun 1966 dan tingkat inflasi kurang lebih650 % setahun. Pernyataan tersebut mengakibatkan kurang lancarnyapembangunan yang telah direncanakan pemerintah.
  3. 3. Oleh karena keadaan ekonomi yang kacau pada Demokrasi Terpimpin, pemerintah menempuh cara :Mengeluarkan ketetapan MPRS No. XXIII/MPRS/1966 tentangpembaruan kebijakan ekonomi, keuangan & pembangunan. MPRSmengeluarkan program pembangunan (stabilitas & rehabilitasi, upayapenyelamatan ekonomi).Program tersebut diarahkan untuk menyelamatkan ekonomi nasionalterutama stabilisasi.Apa maksud stabilisasi dan rehabilitasi yang direncanakan oleh MPRS?Stabilisasi berarti mengendalikan inflasi agar barang-barang kebutuhanpokok tidak terus melonjak, sedangkan rehabilitasi upaya perbaikansecara fisik sarana dan prasarana ekonomi.Hakikatnya, kebijakan ini berlaku pada sistem ekonomi berencana agarberlangsungnya demokrasi ekonomi ke arah masyarakat yang adil danmakmur berdasarkan pancasila.
  4. 4. Program stabilisasi yang dilakukan dengan dua cara :1. Membendung laju inflasi pada program stabilisasi Hasilnya bertolak belakang dengan perbaikan inflasi,sebab harga bahan kebutuhan pokok melonjak namuninflasi berhasil dibendung (pada tahun akhir 1967- awal1968)2. Program Rehabilitasi dilakukan dengan berusahamemulihkan kemampuan berproduksi. Selama 10 tahun mengalami kelumpuhan dan kerusakanpada prasarana ekonomi dan sosial. Lembaga perkreditandesa, gerakan koperasi, perbankan disalahgunakan dandijadikan alat kekuasaan oleh golongan dankepentingan tertentu. Dampaknya lembaga tidak dapat melaksanakan fungsinya sebagai penyusun dan
  5. 5. Kerjasama Luar Negeri Keadaan ekonomi Indonesia pasca Orde Lama sangat parah, hutangnya mencapai 2,3-2,7 miliar sehingga pemerintah Indonesia meminta negara-negara kreditor untuk dapat menunda pembayaran kembali utang Indonesia. Perundingan di Amsterdam, Belanda pada tanggal 23-24 Februari 1967. Perundingan itu bertujuan membicarakan kebutuhan Indonesia akan bantuan luar negeri serta kemungkinan pemberian bantuan dengan syarat lunak yang selanjutnya dikenal dengan IGGI (Inter Governmental Group for Indonesia). Melalui pertemuan itu pemerintah Indonesia berhasil mengusahakan bantuan luar negeri. Indonesia mendapatkan penangguhan dan keringanan syarat-syarat pembayaran utangnya.
  6. 6. Pembangunan NasionalPembangunan nasional dilakukan pada masa orde baru yangbertujuan untuk terciptanya masyarakat adil dan makmurberdasarkan pancasila & UUD „45. Pedomanpembangunannya adalah TRILOGI PEMBANGUNAN. Isitrilogi pembangunan sebagai berikut. 1. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menujukepada terciptanya keadilan sosial bagi seluruhrakyat Indonesia. 2. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. 3. Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.
  7. 7. Dampak negatif dari kebijakan politik pemerintah Orba: 1. Terbentuk pemerintahan orde baru yang bersifat otoriter,dominatif, dan sentralistis. 2. Otoritarianisme merambah segenap aspek kehidupanbermasyarakat, berbangsa dan bernegara termasukkehidupan politik yang sangat merugikan rakyat. 3. Kebijakan politik teramat birokratis, tidak demokratis,dan cenderung KKN. 4. Pemerintah Orde Baru gagal memberikan pelajaranberdemokrasi yang baik dan benar kepada rakyatIndonesia.
  8. 8. Dampak Positif Kebijakan ekonomi Orde Baru :1. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi karena setiapprogram pembangunan pemerintah terencana denganbaik dan hasilnyapun dapat terlihat secara konkrit.2. Penurunan angka kematian bayi dan angka partisipasipendidikan dasar yang semakin meningkat.3. Indonesia mengubah status dari negara pengimporberas terbesar menjadi bangsa yang memenuhikebutuhan beras sendiri (swasembada beras).
  9. 9. Dampak Negatif Kebijakan ekonomi OrdeBaru : Kerusakan serta pencemaran lingkungan hidup dan sumber daya alam Perbedaan ekonomi antardaerah, antargolongan pekerjaan, antarkelompok dalam masyarakat terasa semakin tajam. Terciptalah kelompok yang terpinggirkan (Marginalisasi sosial) Menimbulkan konglomerasi dan bisnis yang erat dengan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) Pembagunan yang dilakukan hasilnya hanya dapat dinikmati oleh sebagian kecil kalangan masyarakat, pembangunan cenderung terpusat
  10. 10. Sekian & Terima Kasih 

×