Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Mobil sahabat lingkungan

Mobil Sahabat Lingkungan

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Mobil sahabat lingkungan

  1. 1. Nama : Fajar Hidayat Nim : 41614010065 Jurusan: Teknik Industri MOBIL SAHABAT LINGKUNGAN Mungkin pada saat ini kalian bingung atau bertanya – Tanya apa itu mobil sahabat lingkungan. Mungkin di benak atau pikiran kalian Mobil Sahabat Lingkungan itu tidak menggunakan bahan bakar seperti Bensin. Jadi mobil tersebut aman bagi lingkungan dan tidak menghasilkan karbon monoksida, tapi apakah mungkin mobil tanpa adanya bahan bakar seperti bensin bias berjalan. 1. SEJARAH FUEL CELL Tentu kita masih ingat bagaimana evolusi energi listrik terjadi hingga seperti sekarang. Salah satu tahapnya adalah penggunaan accumulator atau yang biasa kita sebut sebagai accu atau aki. Alat penghasil listrik ini dulu sering kita jumpai sebagai penghidup televisi. Adalah seorang berkebangsaan Inggris yang bernama Sir William Robert Grove, manusia pertama pembuat alat sederhana yang belakangan disebut sebagai fuel cell. Seorang hakim pengadilan, penemu, dan ahli fisika lahir tanggal 11 juli 1811 di Swansea, South Wales dan meninggal di London pada tanggal 1 Agustus 1896. Fuel cell yang dibuatnya terdiri atas elektrolit asam, keping platina serta tabung gas oksigen dan hidrogen, dan menggunakan prinsip reaksi balik terbentuknya air, di mana hidrogen dan oksigen akan bereaksi dalam larutan asam dan menghasilkan air dan listrik dengan arus sebesar 12 ampere dan tegangan 1,8 volt. Sel ini kemudian disebut sebagai Grove`s Battery atau batere Grove atau sel Grove. Sejak saat itu sel groove banyak digunakan. Akan tetapi, karena listrik yang dihasilkan sedikit dan tidak mencukupi lagi untuk kebutuhan listrik yang semakin besar, lambat laun sel Grove mulai tergeser. Namun, sel Grove tetap menjadi dasar acuan pengembangan fuel cell.
  2. 2. Nah, pada jaman Era Globalisasi saat ini Banyak negara maju yang kini menggunakan sistem fuel-cell dan hybrid dalam penggunaan bahan bakar untuk setiap mobilnya yang mengacu pada bahan bakar beremisi rendah. Dalam beberapa waktu belakangan ini, tersirat kabar bahwa akan diluncurkannya mobil bebas polusi yang dapat segera direalisasikan. Menurut sumber yang saya dapat perusahaan mobil asal Jerman yaitu Mercedez Benz telah membuat mobil dengan tenaga listrik. 2. Prinsip Dasar Fuel Cell Fuel cell bekerja berdasar prinsip pembakaran listrik-kimiawi, cell ini akan memproduk-si energi listrik arus searah. Fuel cell ini terdiri dari elektrolit yang memisahkan katoda dari anoda, elektrolit hanya dapat menghantar ion saja, sedangkan elektron tidak dapat melewati elektrolit, jadi elektrolit ini bukan penghantar listrik dan juga menghindarkan terjadinya reaksi kimia. Pada anoda akan dialirkan secara berkesinambungan bahan bakar dan pada kattode dialirkan oksigen, pengaliran ini dilakukan secara terpisah. Karena pengaruh katalisator pada elektroda, maka molekul-molekul dari gas yang dialirkan akan berubah menjadi ion. Reaksi pada anoda menghasilkan elektron yang bebas, sedang pada katoda elektron yang bebas akan diikat.Elektron-elektron bebas yang terjadi harus dialirkan keluar melalui penghantar menuju ke anoda, agar proses listrik-kimiawi dapat berlangsung. Panas yang timbul dari hasil reaksi kimia harus terus menerus dibuang, agar energy listrik dapat terbentuk secara kontinyu. Keuntungan Fuel Cell • Mempunyai efisiensi thermis dan efisiensi listrik yang tinggi • Tidak berpengaruh terhadap efisiensi baik digunakan pada beban penuh atau setengah • Gas buang yang beracun hanya sedikit, bahkan dapat mencapai zero emission • Kemungkinan terjadinya gangguan kerusakan jarang dan jaraknya cukup lama • Karena tidak ada bagian yang berputar, maka perawatan lebih ringan • Tidak bising Kelemahan Fuel Cell  Biaya mahal.  Sensitif pada kontaminasi zat-asing. Jika bahan bakar lain selain hidrogen dimasukkan ke dalam fuel cell, performanya secara bertahap menurun.  Pembekuan.
  3. 3. Jika fuel cell digunakan di daerah di mana suhu turun ke titik beku, mungkin memiliki masalah dengan kendaraan fuel cell, karena kendaraan ini memiliki air yang berisiko bisa membeku.  Ketiadaan Infrastruktur stasiun pengisian bahan bakar dan pusat pembangkit hidrogen. DAFTAR PUSTAKA http://umeblogsite.blogspot.com/2012/03/sel-bahan-bakar-fuel-cell.html http://bagas-b038.blogspot.com/p/artikel-ilmiah-populer_6532.html http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/listrik-electro/1048-daryono

    Be the first to comment

    Login to see the comments

Mobil Sahabat Lingkungan

Views

Total views

359

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

27

Actions

Downloads

2

Shares

0

Comments

0

Likes

0

×