Successfully reported this slideshow.

KEORGANISASIAN

2,373 views

Published on

  • Be the first to comment

KEORGANISASIAN

  1. 1. KEORGANISASIANRemaja Mushalla Darul Ilmi SMAN 1 Jonggat Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Ahad, 2 September 2012
  2. 2. Arti Organisasi#Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yangmemiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diridengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuanya.Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masayarakat dapatmeraih hasil yang sebelumnya belum dapat dicapai oleh individusecara sendiri-sendiri. (James L. Gibson, 1986)
  3. 3. #Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atauwadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secararasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpindan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang,material, mesin, metode, lingkungan) , sarana-parasarana,data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien danefektif untuk mencapai tujuan organisasi
  4. 4. Dari beberapa pengertian organisasi di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu1. Orang-orang (sekumpulan orang),2. Kerjasama,3. Tujuan yang ingin dicapai,
  5. 5. Secara garis besar tersusun atas: pelaku Proses dan ORGANISASIKesamaan tujuan interaksiTugas dan wewenang
  6. 6. Prinsip-prinsip atau dasar-dasar organisasi• Prinsip bahwa Organisasi Harus Mempunyai Tujuan yang Jelas,• 2)      Prinsip Skala Hirarkhi,• 3)      Prinsip Kesatuan Perintah,• 4)      Prinsip Pendelegasian W ewenang,• 5)      Prinsip Pertanggungjawaban,• 6)      Prinsip Pembagian Pekerjaan,• 7)      Prinsip Rentang Pengendalian,• 8)      Prinsip Fungsional,• 9)      Prinsip Pemisahan,• 10)  Prinsip Keseimbangan,• 11)  Prinsip Fleksibilitas,• 12)  Prinsip Kepemimpinan.
  7. 7. Yang dibutuhkan dalam berorganisasi1. Saling percaya2. Saling menjaga komitmen dengan tujuan yang hendak diraih3. Saling menjaga komunikasi4. Saling bersilahturahmi5. Jangan saling berburuk sangka6. Saling membantu walau bukan tugas pokoknya7. Jika ada masalah didiskusikan terlebih dahulu8. Jangan langsung menyimpulkan sesuatu dengan ceroboh dan tergesa-gesa
  8. 8. Apa pentingnya organisasi..?#Mengapa harus jadi aktivis organisasi dikala kita sedangsekolah..?#Apa manfaat yang akan kita peroleh..?
  9. 9. @ dengan berorganisasi dapat memanfaatkan waktu yang sia-sia @ berorganisasi dapat memperbanyak dan memperluas jaringan, pertemanan/persahabatan. @ Dengan aktif di organisasi sembari sekolah, akan ada garansi kesuksesan disana. Ibarat sistem pertanaman tumpang sari.@ organisasi juga bisa dijadikan sebagai sarana penunjangpencapaian cita-cita. Rocco Carzo Jr. mengatakan “…Orang2berperan serta dalam organisasi untuk memenuhi beberapatujuan pribadinya”. Disamping melaksanakan kewajibannya diorganisasi.
  10. 10. @ dengan berorganisasi kalian akan punya kekuatan, mental yang mapan, kepercayaan diri yang mumpuni dan wawasan yang luas.@ dengan berorganisasi kalian akan selangkah lebih majudibandingkan lainya. Tidak perlu lagi beradaptasi disaat terjunkemasyarakat, karena sudah terbiasa di organisasi.
  11. 11. Bagaimana dengan kegiatan Akademik…?Hal yang perlu dilakukan adalah menyeimbangkankeduanya antara Akademik dan Organisasi..!
  12. 12. Bagaimana menyeimbangkannya..? @ Luruskan Niat, baik niat untuk sekolah maupun berorganisasi @ Tentukan tujuan dan Arah hidup kalian baik selama di sekolah maupun setelah lulus. Buatlah rancangan hidup.@ buatlah skala prioritas terhadap agenda-agenda yang akandilaksanakan. Prioritas didasarkan pada kondisi yang sedangterjadi misalkan berdasarkan resiko, prioritas berdasarkan waktu,maupun prioritas berdasarkan biaya dsb.
  13. 13. @ manfaatakan waktu sekolah secara efektif. Berkonsentrasilah saat sekolah. Sehingga tidak perlu kerja keras saat menjelang ujian. “Aktivis tangguh adalah ia yang masih tetap survive dengan segalapermasalahan yang menghadang serta mampu menghadapi aturan main yang ada”
  14. 14. Rise up your SPIRIT..!!!! Belajarlah dari orang-orang yang sukses. Karenasesungguhnya kesuksesan mereka sejatinya terlahir dari pengalamannya merasakan asam-garam berorganisasi..
  15. 15. MOVE ON............“Jangan Anggap kalau kalian lemah, karenasesungguhnya kalian semua itu penting danRUUAAAR BIAASAAAAA !!!!!”
  16. 16. “lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara”(Ali Imran (3): 103)
  17. 17. BY : MOHAMAD FADLI

×