Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Presentasi sanksi bidan

  • Login to see the comments

Presentasi sanksi bidan

  1. 1. Sanksi Bidan dalam Praktik KebidananKelompok 3
  2. 2. Sanksi merupakan imbalan negative yang berupapembebanan atau penderitaan yang ditentukan oleh hukum aturan yang berlaku.
  3. 3. Sanksi berlaku bagi bidan yang melanggar kode etik dan hak / kewajiban bidan yang telah diatur oleh organisasi profesi, karena kode etik bidan merupakannorma yang berlaku bagi anggota IBI dalam menjalankan praktek profesinya yang telah disepakati dalam Kongres Nasional IBI.
  4. 4. Sebagai seorang tenaga kesehatan yang langsungMemberikan pelayanan kesehatan kepadamasyarakat, seorang bidan harus melakukan tindakandalam praktek kebidanan secara etis, serta harusmemiliki etika kebidanan yang sesuai dengan nilai-nilaikeyakinan Filosofi profesi dan masyarakat. Selain itu, bidan juga berperan dalam memberikanpersalinan yang aman, memastikan bahwa semuapenolong persalinan mempunyaipengetahuan, ketrampilan dan alat untuk memberikanpertolongan yang aman dan bersih.
  5. 5. Dalam melakukan praktek kebidanan, seorang bidanberpedoman pada KEPMENKES Nomor 900/ MENKES/ S/ VII/2002 tentang Registrasi dan Praktek Bidan. Tugas danwewenang bidan terurai dalam Bab V Pasal 14 sampai denganPasal 20, yang garis besarnya adalah : bidan dalam menjalankanprakteknya berwenang untuk memberikan pelayanankesehatan yang meliputi pelayanan kebidanan, pelayanankeluarga berencana, dan pelayanan kesehatan masyarakat.
  6. 6. Dalam upaya mendorong profesi kebidanan agar dapat diterima dan dihargai oleh pasien, masyarakat atau profesi lain, maka mereka harus memanfaatkan nilai-nilai kebidanan dalammenerapkan etika dan moral disertai komitmen yang kuat dalam mengemban peran profesionalnya.
  7. 7. Dengan demikian bidan yang menerima tanggungjawab, dapat melaksanakan asuhan kebidanan secara etis profesional agar dapat memberi jaminan bagikeselamatan pasen, penghormatan terhadap hak-hak pasien, akan berdampak terhadap peningkatan kualitas asuhan keperawatan atau kebidanan.
  8. 8. Tanggung jawab dari segi hukum administratif, tenagakesehatan dapat dikenai sanksi berupa pencabutan suratizin praktik apabila melakukan tindakan medik tanpaadanya persetujuan dari pasien atau keluarganya.
  9. 9. Tindakan administratif juga dapat dikenakan apabila seorang tenaga kesehatan :1. melalaikan kewajiban2. melakukan sesuatu hal yang seharusnya tidak boleh diperbuat oleh seorang tenaga kesehatan, baik mengingat sumpah jabatannya maupun mengingat sumpah sebagai tenaga kesehatan3. mengabaikan sesuatu yang seharusnya dilakukan oleh tenaga kesehatan.4. melanggar suatu ketentuan menurut atau berdasarkan undang-undang.
  10. 10. ~ merencanakan dan melaksanakan kegiatan bidang sesuai dengan ketetapan pengurus pusat.~ melaporkan hasil kegiatan di bidang tugasnya secara berkala.~Memberikan saran dan pertimbangan yang perlu dalam rangka tugas pengurus pusat.~ membentuk tim teknis sesuai kebutuhan,tugas dan tanggung jawabnya ditentukan pengurus.
  11. 11.  Sanksi merupakan imbalan negative yang berupa pembebanan atau penderitaan yang ditentukan oleh hokum peraturan yang berlaku. Sanksi diberikan kepada bidan yang melanggar kode etik dan hak atau kewajiban bidan yang telah diatur oleh organisasi profesi.
  12. 12. Terima kasih 

×