Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Apa Yang Akan Aku Sumbangkan Untuk Indonesia ?
Oleh: Esa Karimatuz Zahara
Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajib...
dengan baik. Presiden Indonesia perlu lebih meningkatkan usaha dalam mengenal
rakyatnya lagi, yaitu dengan meningkatkan us...
manusiawi, tidak sesuai dengan Pancasila. Tetapi hukuman seumur hidup di
tahanan menurut saya tidak cukup untuk menghukum ...
Dengan diberlakukan peraturan di atas, selain dapat mengurangi kemacetan di
Indonesia, juga dapat mengurangi polusi di Ind...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Esai - Apa yang Akan Aku Sumbangkan untuk Indonesia

1,064 views

Published on

Published in: News & Politics
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Esai - Apa yang Akan Aku Sumbangkan untuk Indonesia

  1. 1. Apa Yang Akan Aku Sumbangkan Untuk Indonesia ? Oleh: Esa Karimatuz Zahara Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang- Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa. (Sumpah Presiden) Kedua kutipan diatas cukup untuk kita berpegang kepada keduanya apabila kita menjadi seorang pemimpin. Tetapi apakah semudah itu ? Tidak. Seorang pemimpin harus memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalankan tugas. Tugasnya tidak hanya mengatur segala sesuatu berkaitan dengan instansi tertentu. Seorang pemimpin harus bisa membawa manusia menuju jalan Allah dengan ilmu yang mereka miliki. Pemimpin juga harus bisa memendam hasrat pribadi miliknya demi kemakmuran rakyatnya. Betapa sulitnya tugas seorang pemimpin itu, dalam hal ini adalah presiden. Apalagi jika ia adalah Presiden Republik Indonesia. Dengan berbagai permasalahan di Indonesia yang kompleks, seorang presiden harus tetap mengutamakan kepentingan rakyatnya. Namanya rakyat, pastilah meminta kebijakan-kebijakan pemimpin mereka itu sesuai dengan yang mereka inginkan. Dan pasti juga seorang presiden akan berusaha sedemikian rupa agar kebijakan yang dia keluarkan tidak menimbulkan permasalahan baru. Apabila diri saya menjadi presiden pun saya akan melakukan hal itu. Pembaca semua pasti tahu bagaimana kehidupan negara kita ini. Berbagai suku bercampur menjadi satu dengan adat budaya yang beragam pula. Seorang presiden RI harus bisa mengenal benar rakyatnya agar bisa menjadi pemimpin yang baik. Seperti pepatah mengatakan, “tak kenal maka tak sayang”. Dengan mengenal rakyat dan daerah pimpinannya, presiden akan lebih berhati-hati dalam membuat keputusan. Tetapi sayangnya Presiden RI belum bisa mengenalnya
  2. 2. dengan baik. Presiden Indonesia perlu lebih meningkatkan usaha dalam mengenal rakyatnya lagi, yaitu dengan meningkatkan usaha guna memakmurkan rakyatnya. Seperti apa ? Seperti meningkatkan kualitas SDM yang masih sangat kurang. ”Indonesia itu memiliki potensi untuk maju dengan jutaan SDMnya, apabila ditingkatkan kualitasnya.” Seperti itu ungkap guru Bahasa Indonesia saya dulu. Ya benar, dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang Indonesia miliki, pasti negara kita ini akan bisa bertanding dengan Jepang. Siapa yang tahu ? bagaimana cara kita meningkatkan kualitas SDM Indonesia ? Dengan menaikkan anggaran untuk masalah pendidikan. Dengan itu rakyat Indonesia tidak perlu berbicara tentang mahalnya pendidikan di Indonesia. Dan dengan adanya pelatihan jasa pendidik secara maksimal. Jika keduanya berjalan dengan baik, pasti Indonesia akan maju selangkah. Kemudian dalam dunia kerja, akan lebih baik jika gaji pekerja dinilai berdasarkan jam kerja orang itu. Jadi secara tidak langsung itu akan membangun semangat kerja dan tentu juga akan meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. Nah, bagaimana dengan pekerja yang sudah tidak dalam usia produktif lagi ? Baiknya mereka diberi beberapa tunjangan agar mereka tetap bisa menghidupi keluarganya. Permasalahan di Indonesia yang lain adalah korupsi. Mengapa bisa terjadi korupsi besar-besaran di Indonesia? “Di Indonesia itu kalau mau korupsi gampang, wong difasilitasi. Kalau di RRC, semua sarana prasarana negara dibuat biar rakyat RRC nggak bisa korupsi. Hukum yang mereka gunakan juga sangat tegas. Kalau tiket kereta tidak dimasukkan ke dalam mesin, nggak akan kamu bisa keluar kereta.” Begitu ungkap guru Bahasa Mandarin SMAku. Mau membela diri ? percuma, karena memang seperti itu adanya. Kecuali kalau ada perubahan hukum di Indonesia mengenai korupsi itu sendiri. Penegak hukum dan petinggi negara di Indonesianya saja sangat sanggup menerima suap bagaimana hukum bisa ditegakkan ? Di negara Arab tangan koruptor akan dipotong. Di Inggris, Malaysia, dan China koruptor akan di hukum mati. Bagaimana dengan negara Indonesia ? Miris sekali jika melihat para koruptor di Indonesia di bebaskan begitu saja, bahkan mereka masih bisa berlibur keliling dunia. Terlalu lemah memang hukum di Negeri kita ini. Jika kita meniru negara-negara di atas memang akan ada kemungkinan korupsi akan berkurang, tetapi itu sangat tidak
  3. 3. manusiawi, tidak sesuai dengan Pancasila. Tetapi hukuman seumur hidup di tahanan menurut saya tidak cukup untuk menghukum koruptor. Seharusnya seorang koruptor tidak hanya dikurung seumur hidup di tahanan, tetapi juga diwajibkan mengembalikan hasil korupsi sepenuhnya ke negara. Sehingga sebelum mereka melakukan korupsi mereka akan memikirkan nasib keluarga mereka. Masalah selanjutnya adalah polusi. Mulai dari rokok sampai kendaraan bermotor, Indonesia memiliki peminat yang tinggi dalam hal itu. Mari kita membahas rokok terlebih dahulu. Pembaca sekalian pernah melihat seorang balita merokok ? pasti pernah. Orang luar negeri pun pernah malihatnya. Dimana ? ya hanya di Indonesia, negeri kita ini. Saya pernah melihat video yang memaparkan tentang balita itu. Ketika ibunya ditanya sebab apa anaknya merokok, Ia menjawab, “mungkin karena saya ketika hamil juga merokok”. Merasa miris ? saya menjawab iya. Penelitian di berbagai negara sudah membuktikan bahwa rokok itu penyakit karena saking banyaknya zat yang tidak baik untuk tubuh kita. Tetapi apa tanggapan rakyat Indonesia ? Banyak dari mereka menutupi kebenaran yang ada. Mereka mengetahui bahwa rokok hanya akan membunuh mereka dan merugikan orang lain juga, tetapi karena suatu kesenangan tertentu mereka mencari alasan lain agar mereka tetap bisa merokok. Harusnya rokok di Indonesia benar-benar ditentang. Tidak hanya disediakan smoking area saja. Jika undang- undang tentang rokok dikeluarkan maka Indonesia masalah polusi di Indonesia akan sedikit berkurang. Kemudian masalah kendaraan bermotor. Pembaca sekalian pasti sudah melihat berapa banyak sepeda motor di negara kita ini kan ? Dalam satu keluarga bisa saja tiap orangnya memegang satu motor. Kalau saya menjadi pemilik pabrik motor pastilah saya sangat senang dengan tingkah rakyat Indonesia. Suka ganti motor tiap tahun. Tidak peduli betapa sesak dan panasnya Indonesia. Harusnya Presiden Indonesia memberlakukan aturan satu keluarga maksimal dua kendaraan guna mengurangi jumlah motor jutaan di Indonesia. Kemudian karena angkutan pribadi berkurang, Indonesia harus memaksimalkan penggunaan angkutan umum. Sebelum itu Indonesia juga harus meningkatkan kualitas dan kuantitas angkutan umum dan jalan raya. Ketika mengganti aturan A menggunakan peraturan B, peraturan B harus lebih membangun Indonesia.
  4. 4. Dengan diberlakukan peraturan di atas, selain dapat mengurangi kemacetan di Indonesia, juga dapat mengurangi polusi di Indonesia. Jika peraturan itu benar- benar diberlakukan, mau tidak mau rakyat Indonesia harus memakai sepeda. Jadi sesuai dengan “sekali mendayung dua pulau terlewati” kan ? “Nanti pada masa mendatang Indonesia akan menjadi salah satu negara penguasa dunia, bersebelahan dengan Cina, India, Korea dan Rusia.” Begitu ungkap pembicara dalam acara Create Your Own Future yang SMA saya adakan tiap tahunnya. Membuat Indonesia menjadi penguasa dunia memang tidak semudah membalik telapak tangan. Tetapi harusnya dengan berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar yang Indonesia miliki ditambah sumber daya di dalamnya, Indonesia bisa mencapai itu semua. Tetapi banyak masayarakat Indonesia sendiri yang meragukan. Sebab apa ? sebab manusianya yang belum dapat menegakkan keadilan sebaik-baiknya. Kuncinya itu adil. Dari adil kita akan menjadi jujur. Dan dari jujur itu kita akan menciptakan Indonesia yang bersih dari korupsi, Indonesia yang rakyatnya yang merdeka, damai, dan sejahtera seperti yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia.

×