Presentation1

5,882 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
5,882
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
229
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presentation1

  1. 1. TUGAS SEJARAHERIYANTI OKTAVIA SILABAN XI-CI
  2. 2. Munculnya Agama Hindu-Budha di IndonesiaPerkembangan agama Hindu-Budha tidak dapat lepas dari peradabanlembah Sungai Indus, di India. Agama Hindu tumbuh bersamaan dengankedatangan bangsa Aria pada 2000-1500 SM dan mendesak bangsa Dravidadan bangsa Munda sebagai suku bangsa asli yang telah mendiami daerahtersebut. Orang Aria mempunyai kepercayaan untuk memuja banyak Dewa(Polytheisme), dan kepercayaan bangsa Aria tersebut berbaur dengankepercayaan asli bangsa Dravida yang masih memuja roh nenek moyang.Berkembanglah Agama Hindu yang merupakan sinkretisme (percampuran)antara kebudayaan dan kepercayaan bangsa Aria dan bangsa Dravida.Agama Budha muncul sebagai reaksi terhadap domonisi golonganBrahmana atas ajaran dan ritual keagamaan dalam masyarakat India. Selainitu adanya larangan bagi orang awam untuk mempelajari kitab suci. Bahkansebelumnya kaum ksatria dan raja harus tunduk kepada Brahmana. Sidhartamemandang bahwa sistem kasta dapat memecah belah masyarakat bahkansistem kasta dianggap membedakan derajat dan martabat manusiaberdasarkan kelahiran.
  3. 3. Dalam ajaran agama Hindu dikenal 3 dewa utama, yaitu:Brahma sebagai dewa pencipta segala sesuatu.Wisnu sebagai dewa pemelihara alam.Siwa sebagai dewa perusak. Hindu mengenal pembagian masyarakat atas kasta-kasta tertentu, yaitu: •Brahmana bertugas mengurus soal kehidupan keagamaan, terdiri dari para pendeta. • Ksatria berkewajiban menjalankan pemerintahan termasuk pertahanan Negara, terdiri dari raja dan keluarganya, para bangsawan, dan prajurit. • Waisya bertugas berdagang, bertani, dan berternak, terdiri dari para pedagang. • Sudra bertugas sebagai petani/ peternak, para pekerja/ buruh/budak, merupakan para pekerja kasar. •Paria terdiri dari pengemis dan gelandangan.
  4. 4. KEMUNDURAN AGAMA HINDUPada abad ke 6 SM agama Hindu mengalami kemundurandisebabkan oleh faktor-faktor, yaitu:1. Kaum Brahmana yang memonopoli upacara keagamaanmembuat sebagai dari mereka bertindak sewenang-wenang.Contoh: rakyat dibebankan untuk memberikan korban yangtelah ditetapkan.2. Sistem kasta membedakan derajat dan martabat manusiaberdasarkan kelahirannya. Golongan Brahmana merasaberada pada kasta tertinggi dan paling berkuasa terutamauntuk mempelajari kitab-kitab suci agama Hindu lainnya.Sehingga hal ini menimbulkan rasa anti agama.3. Timbul golongan yang berusaha mencari jalan sendiriuntuk mencapai hidup abadi yang sejati. Golongan tersebutdisebut golongan Buddha yang dihimpun oleh Sidharta.
  5. 5. Kerajaan Hindu-Budha di IndonesiaKerajaan KutaiKerajaan tertua bercorak Hindu di Indonesia adalah kerajaan Kutai.Tujuh buah yupa merupakan sumber utama bagi para ahli untukmenginterpretasikan sejarah Kerajaan Kutai. Dari salah satu yupatersebut, diketahui bahwa raja yang memerintah Kerajaan Kutai saat itu adalahMulawarman.Dari yupa, diketahui bahwa pada masa pemerintahanMulawarman, Kerajaan Kutai mengalami masa keemasan. Wilayah kekuasaannyameliputi hamper seluruh wilayah Kalimantan Timur. Rakyat Kutai hidup sejahteradan makmur.Kerajaan TarumanegaraSumber sejarah Kerajaan Tarumanegara diperoleh dari prasasti-prasasti yangberhasil ditemukan.Tujuh prasasti dari kerajaan Tarumanegara adalah: Prasasti Ciaruteun, PrasastiKebon Kopi, Prasasti Jambu, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Tugu, Prasasti PasirAwi, dan Prasasti Munjul. Sumber sejarah penting lain yang dapat menjadi buktikeberadaan kerajaan Tarumanegara adalah catatan sejarah pengelanaCina.Dari prasati tersebut, dapat disimpulkan bahwa Purnawarmanmemerintah dalam waktu yang cukup lama.
  6. 6. Kerajaan MelayuSejarah mencatat ada dua kerajaan bercorak Buddha di Sumatra, yaitu KerajaanMelayu dan Kerajaan Sriwijaya.Kerajaan Melayu merupakan salah satu kerajaantertua di Indonesia. Sumber sejarah lain yang dapat dipergunakan sebagaipetunjuk keberadaan Kerajaan Melayu adalah catatan dari seorang pengelanadari Cina yang bernama I-Tsing (671-695).Setelah cukup lama di bawahkekuasaan Sriwijaya, Kerajaan Melayu muncul kembali sebagai pusat kekuasaandi Sumatra. Pada abad 17, adityawarman, putra Adwayawarman memerintahKerajaan Melayu. Adityawarman memerintah hingga tahun 1375.Kemudian, digantikan oleh anaknya Anangwarman.Kerajaan Mataram KunoDi wilayah Jawa Tenggah, pada sekitar abad ke-8, perkembangan sebuahKerajaan Mataram Kuno.Pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno jugasempat berpindah ke Jawa Timur. Perpindahan Kerajaan Mataram Kuno dariJawa Tenggah ke Jawa Timur disebabkan oleh dua hal.1. Selama abad ke-7sampai ke-9, terjadi serangan-serangan dari Sriwijawa ke Kerajaan MataramKuno. Besarnya pengaruh Kerajaan Sriwijaya itu menyebabkan KerajaanMataram Kuno semakin terdesak ke wilayah timur.2. Terjadinya Letusan Gunung Merapi yang dianggap sebagai tanda pralayaatau kehancuran dunia. Kemudian, letak kerajaan di Jawa Tenggah dianggaptidak layak lagi untuk ditempati.
  7. 7. Kerajaan SriwijayaKerajaan Sriwijaya yang muncul pada abad ke-6, pada mulanya berpusat disekitar Sungai Batanghari, pantai timur Sumatra.Dari Prasasti Kedukan Bukit (683), dapat diketahui bahwa Raja Dapunta Hyangberhasil memperluas wilayah kekuasaannya dengan menaklukan daerahMinangatamwan, Jambi.Kerajaan Sriwijaya mengalami kejayaan pada masapemerintahan Raja Balaputradewa.Sepanjang abad ke-8, wilayah KerajaanSriwijaya meluas kea rah utara dengan menguasai Semenanjung Malaya dandaerah perdagangan di Selat Malaka dan Laut Cina Selatan. Sejarah tentangRaja Balaputradewa dimuat dalam dua prasasti, yaitu Prasasti Nalanda danPrasasti Ligor. Raja kerajaan Sriwijaya yang terakhir adalah Sri SanggramaWijayatunggawarman. Pada masa pemerintahan Sri SanggramaWijayatunggawarman, hubungan Kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Chola dariIndia yang semula sangat erat mulai renggang. Hal itu disebabkan olehseranggan yang dilancarkan Kerajaan Chola di bawah pimpinanRajendracoladewa atas wilayah Sriwijaya di semenanjung Malaya. Serangan-serangan tersebut menyebabkan kemunduran kerajaan Sriwijaya.
  8. 8. Persamaan Hindu dan Budha :•Sama-sama tumbuh dan berkembang di India•Selalu berusaha untuk meletakkan dasar-dasar ajaran kebenaran dalam kehidupan manusia di dunia ini. Diarahkan pada tindakan tindakan yang dibenarkan oleh agama.•Tujuan untuk menyelamatkan umat manusia dari rasa kegelapan/ mengantarkan umat manusia untuk dapat mencapai tujuan hidupnya. Perbedaan Hindu dan Budha: •Agama Hindu hanya dapat dipelajari oleh kaum pendeta/Brahmana Agama Budha dapat dipelajari dan diterima oleh semua orang tanpa memandang kasta •Adanya pembedaan harkat dan martabat/hak dan kewajiban seseorang Tidak mengenal pembagian hak antara pria dan wanita •Agama Hindu hanya bisa dipelajari dengan menggunakan bahasa Sansekerta Agama Budha disebarkan pada rakyat dengan menggunakan bahasa Prakrit
  9. 9. Awal Masuknya Islam di IndonesiaKetika Islam datang di Indonesia, berbagai agama dankepercayaan seperti animisme, dinamisme, Hindu danBudha, sudah banyak dianut oleh bangsa Indonesia bahkandibeberapa wilayah kepulauan Indonesia telah berdirikerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha. NamunIslam datang ke wilayah-wilayah tersebut dapat diterimadengan baik, karena Islam datang dengan membawaprinsip-prinsip perdamaian, persamaan antara manusia(tidak ada kasta), menghilangkan perbudakan dan yangpaling penting juga adalah masuk kedalam Islam sangatmudah hanya dengan membaca dua kalimah syahadat dantidak ada paksaan.
  10. 10. Adapun cara masuknya Islam di Indonesia melalui beberapa cara antara lain:•Perdagangan•Kultural•Pendidikan•Kekuasaan politik Proses Awal Penyebaran Islam di Indonesia1. Perdagangan dan Perkawinan Dengan menunggu angina muson (6 bulan), pedagang mengadakan perkawinan dengan penduduk asli. Dari perkawinan itulah terjadi interaksi social yang menghantarkan Islam berkembang (masyarakat Islam).2. Pembentukan masyarakat Islam dari tingkat ‘bawah’ dari rakyat lapisan bawah, kemudian berpengaruh ke kaum birokrat (J.C. Van Leur).3. Gerakan Dakwah, melalui dua jalur yaitau: a. Ulama keliling menyebarkan agama Islam (dengan pendekatan Akulturasi dan Sinkretisasi/lambing-lambang budaya). b. Pendidikan pesantren (ngasu ilmu/perigi/sumur), melalui lembaga/sisitem pendidikan Pondok Pesantren, Kyai sebagai pemimpin, dan santri sebagai murid.
  11. 11. Pembawa Islam ke IndonesiaSebelum pengaruh islam masuk ke Indonesia, di kawasan ini sudah terdapatkontak-kontak dagang, baik dari Arab, Persia, India dan China. Melaluiperdagangan itulah Islam masuk ke kawasan Indonesia. Dengan demikianbangsa Arab, Persia, India dan china punya nadil melancarkan perkembanganislam di kawasan IndonesiaGujarat (India)Pedagang islam dari Gujarat, menyebarkan Islam dengan bukti-bukti antar lain:ukiran batu nisan gaya Gujarat.Adat istiadat dan budaya India islam.PersiaPara pedagang Persia menyebarkan Islam dengan beberapa bukti antar lain:Gelar “Syah” bagi raja-raja di Indonesia.Pengaruh aliran “Wihdatul Wujud” (Syeh Siti Jenar).Pengaruh madzab Syi’ah (Tabut Hasan dan Husen).
  12. 12. ArabPara pedagang Arab banyak menetap di pantai-pantai kepulauanIndonesia, dengan bukti antara lain:Menurut al Mas’udi pada tahun 916 telah berjumpa Komunitas Arab dariOman, Hidramaut, Basrah, dan Bahrein untuk menyebarkan islam dilingkungannya, sekitar Sumatra, Jawa, dan Malaka.munculnya nama “kampong Arab” dan tradisi Arab di lingkungan masyarakat, yangbanyak mengenalkan islam.ChinaPara pedagang dan angkatan laut China (Ma Huan, Laksamana Cheng Ho/Dampoawan ?), mengenalkan islam di pantai dan pedalaman Jawa dan sumatera, denganbukti antar lain :Gedung Batu di semarang (masjid gaya China).Beberapa makam China muslim.Beberapa wali yang dimungkinkan keturunan China.
  13. 13. Kerajaan-kaerajaan Islam di IndonesiaKerajaan PerlakPerlak adalah kerajaan Islam tertua di Indonesia.Kerajaan yang berdiri pada tahun 840 ini berakhir pada tahun 1292 karena bergabungdengan Kerajaan Samudra Pasai. Raja yang pertama ialah Sultan Alaidin Saiyid MaulanaAbdul Aziz Syah (225 – 249 H / 840 – 964 M).Kerajaan ini mengalami masa jaya pada masapemerintahan Sultan Makhdum Alaidin Malik Muhammad Amin Syah II Johan Berdaulat(622-662 H/1225-1263 M).Pada masa pemerintahannya, Kerajaan Perlak mengalamikemajuan pesat terutama dalam bidang pendidikan Islam dan perluasan dakwahIslamiah.Perlak merupakan kerajaan yang sudah maju. Hal ini terlihat dari adanya matauang sendiri. Mata uang Perlak yang ditemukan terbuat dari emas (dirham), dari perak(kupang), dan dari tembaga atau kuningan.Kerajaan Samudera PasaiKerajaan ini didirikan oleh Sultan Malik Al-saleh dan sekaligus sebagai raja pertama padaabad ke-13.Raja-raja yang pernah memerintah Samudra Pasai adalah seperti berikut.(1) Sultan Malik Al-saleh(2) Sultan Muhammad (Sultan Malik al Tahir I) yang memerintah sejak 1297-1326.(3)Sultan Malik al Tahir II (1326 – 1348 M)Di bidang agama, Samudera Pasai menjadi pusatstudi Islam. Kerajaan ini menyiarkan Islam sampai keMinangkabau, Jambi, Malaka, Jawa, bahkan ke Thailand. Dari Kerajaan Samudra Pasai inilahkader-kader Islam dipersiapkan untuk mengembangkan Islam ke berbagai daerah. Salahsatunya ialah Fatahillah. Ia adalah putra Pasai yang kemudian menjadi panglima di Demakkemudian menjadi penguasa di Banten.
  14. 14. Kerajaan DemakDemak adalah kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Kerajaan yangdidirikan oleh Raden Patah ini pada awalnya adalah sebuah wilayahdengan nama Glagah atau Bintoro yang berada di bawah kekuasaanMajapahit.Dengan bantuan para ulama Walisongo, Demak berkembangmenjadi pusat penyebaran agama Islam di Jawa dan wilayah timurNusantara.Demak didirikan oleh Raden Patah (1500-1518) yang bergelarSultan Alam Akhbar al Fatah.Raden Patah kemudian digantikan olehAdipati Unus (1518-1521). Karena mati muda, Adipati Unus kemudiandigantikan oleh adiknya, Sultan Trenggono (1521-1546).Pada tahun1522, pasukan Demak di bawah pimpinan Fatahillah menyerangBanten, Sunda Kelapa, dan Cirebon. Baru pada tahun 1527, SundaKelapa berhasil direbut. Dalam penyerangan ke Pasuruan pada tahun1546, Sultan Trenggono gugur.Joko Tingkir (1549-1587) yang kemudianbergelar Sultan Hadiwijaya memindahkan pusat Kerajaan Demak kePajang.Kerajaannya kemudian dikenal dengan nama Kerajaan Pajang.Di bidang keagamaan, Raden Patah dan dibantu para wali, Demak tampilsebagai pusat penyebaranIslam.
  15. 15. Kerajaan CirebonKerajaan yang terletak di perbatasan antara Jawa Barat dan JawaTengah didirikan oleh salah seorang anggota Walisongo, SunanGunung Jati dengan gelar Syarif Hidayatullah.Syarif Hidayatullah kemudian digantikan oleh putranya yangbernama Pangeran Pasarean. Inilah raja yang menurunkan raja-raja Cirebon selanjutnya.Pada tahun 1679, Cirebon terpaksa dibagi dua, yaitu Kasepuhandan Kanoman.Dengan politik de vide at impera yang dilancarkan Belanda yangpada saat itu sudah berpengaruh di Cirebon, kasultanan Kanomandibagi dua menjadi Kasultanan Kanoman dan Kacirebonan. Dengandemikian, kekuasaan Cirebon terbagi menjadi 3, yakni Kasepuhan,Kanoman, dan Kacirebonan. Cirebon berhasil dikuasai VOC padaakhir abad ke-17.
  16. 16. Hikmah Sejarah Perkembangan Islam di IndonesiaSetelah memahami bahwa perkembangan Islam di Indonesia memiliki warna atau ciriyang khas dan memiliki karakter tersendiri dalam penyebarannya, kita dapatmengambil hikmah, diantaranya sebagai berikut :•Islam membawa ajaran yang berisi kedamaian.•Penyebar ajaran Islam di Indonesia adalah pribadi yang memiliki ketangguhan dan pekerja keras.•Terjadi akulturasi budaya antara Islam dan kebudayaan lokal meskipun Islam tetap memiliki batasan dan secara tegas tidak boleh bertentangan dengan ajaran dasar dalam Islam.Manfaat dari Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia•Kehadiran para pedagang Islam yang telah berdakwah dan memberikan pengajaran Islam di bumi Nusantara•Mampu memanfaatkan peninggalan sejarah•Hasil karaya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan.•Kita dapat meneladani Wali Sanga•Menjadikan masyarakat gemar membaca dan mempelajari Al-Qur’an.•Mampu membangaun masjid sebagai tempat ibadah
  17. 17. Masuknya kekuatan-kekuatan asing di Indonesia Beberapa faktor pendorong penjelajahan Bangsa Eropa adalah:•Kisah perjalanan Marcopolo (1254-1324) seorang pedagang dari Venesia, Italia ke Cina yang dituangkan dalam buku “Book of Various Experiences” mengisahkan tentang keajaiban dunia atau Imago mundi.•Jatuhnya Konstantinopel, Ibukota Romawi Timur ke tangan kesultanan Turki tahun 1453 menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia Timur. Bangsa Barat berusaha mencari jalan sendiri ke pusat rempah-rempah di Asia.
  18. 18. Penjelajahan Bangsa Portugis Pelopor penjelajahan Portugis adalah Pangeran Henry “Pelaut” (1394-1460) yang sampai di pantai Barat Afrika dan mereka menemukan emas di Afrika.Penjelajahan Bangsa Spanyol Dasar penjelajahan kedua bangsa tersebut adalah kesepakatan/Perjanjian Thordesillas tahun 1492 setelah Spanyol dan Portugis sepakat meminta restu Paus untuk menyebarkan ajaran agama Katolik ke seluruh dunia. Pelayaran dilanjutkan oleh Sebastian del Cano yang tiba di Maluku (Tidore) pada tahun 1522. Pelayaran Magelhaens berpengaruh bagi dunia ilmu pengetahuan, yaitu: 1. bukti bahwa bumi bulat 2. Samodra Pasifik demikian luas 3. bumi ini lebih besar dibandingkan dengan yang selama ini dipercaya orang.Penjelajahan Bangsa Inggris Bangsa Inggris mendirikan perusahaan dagang bernama EIC ( East India Company) pada tahun 1600 yang bermarkas di Calanta India. Pengaruh Inggris di Indonesia berupa pemerintahan Raffles pada tahun 1811-1816.
  19. 19. Penjelajahan Bangsa Belanda Pada tahun 1580 Portugis diduduki oleh Spanyol, sementara itu Belanda terlibat perang kemerdekaan melawan Spanyol tahun 1568-1648 maka oleh Spanyol para pedagang Belanda tidak diizinkan membeli rempah-rempah yang berpusat di Lisabon. Para pedagang Belanda kemudian berusaha mencarikan sendiri pusat rempah-rempah di dunia Timur. Para petualang Belanda beruntung karena mereka memperoleh informasi perjalanan bangsa Portugis ke Asia dan Indonesia dari Jan Huygen Van Linschoten, seorang penjelajah Belanda yang ikut pelayaran Portugis sampai di Indonesia. Ia menulis buku yang berjudul “Itinerario, Voyage Ofte Schipvert naer Oost ofte Portugaels Indiens”. Pada tahun 1596, Cornelis de Houtman dengan empat buah kapal berawak kapal 249 orang mendarat di Banten. Kehadiran Belanda di Nusantara mengawali penjajahan di Indonesia ditandai dengan terbentuknya VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie) tahun 1602.
  20. 20. VOC (Verangde Oost Indische Compagnie)Setelah Cornellis de Houtman sampai di Banten tahun 1596 maka pada tahun 1598Compagnie Van Verre di Belanda memberangkatkan 8 kapal di bawah pimpinan Van Nockdan Warwijk. Tujuan pembentukan VOC tidak lain adalah menghindarkan persainganantar pengusaha Belanda (intern) serta mampu menghadapi persaingan dengan bangsalain terutama Spanyol dan Portugis sebagai musuhnya (ekstern). Untuk melaksanakankekuasaannya di Indonesia diangkatlan jabatan Gubernur Jenderal VOC antara lain:1. Pieter Both, merupakan Gubernur Jenderal VOC pertama yang memerintah tahun 1610-1619 di Ambon.2. 2. Jan Pieterzoon Coen, merupakan Gubernur Jenderal kedua yang memindahkan pusat VOC dari Ambon ke Jayakarta (Batavia). Akibat hak monopoli yang dimilikinya. VOC memaksakan kehendaknya sehingga menimbulkan permusuhan dengan kerajaan-kerajaan di Nusantara.
  21. 21. Cara Belanda Memperoleh Monopoli Perdagangan di Indonesia•Melakukan pelayaran hongi untuk memberantas penyelundupan.•Melakukan Ekstirpasi yaitu penebangan tanaman, milik rakyat.•Perjanjian dengan raja-raja setempat terutama yang kalah perang wajib menyerahkan hasil bumi yang dibutuhkan VOC dengan harga yang ditetapkan VOC. Penyerahan wajib disebut Verplichte Leverantien•Rakyat wajib menyerahkan hasil bumi sebagai pajak, yang disebut dengan istilah ContingentenDalam melaksanakan pemerintahan VOC banyakmempergunakan tenaga Bupati. Sedangkan bangsa Cinadipercaya untuk pemungutan pajak dengan cara menyewakandesa untuk beberapa tahun lamanya.
  22. 22. Pada pertengahan abad ke 18 VOC mengalamii kemunduran karena beberapasebab sehingga dibubarkan:•Banyak pegawai VOC yang curang dan korupsi•Banyak pengeluaran untuk biaya peperangan contoh perang melawan Hasanuddin dari Gowa.•Banyaknya gaji yang harus dibayar karena kekuasaan yang luas membutuhkan pegawai yang banyak•Pembayaran Devident (keuntungan) bagi pemegang saham turut memberatkan setelah pemasukan VOC kekurangan•Bertambahnya saingan dagang di Asia terutama Inggris dan Perancis.•Perubahan politik di Belanda dengan berdirinya Republik Bataaf 1795 yang demokratis dan liberal menganjurkan perdagangan bebas.Berdasarkan alasan di atas VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799dengan hutang 136,7 juta gulden dan kekayaan yang ditinggalkan berupakantor dagang, gudang, benteng, kapal serta daerah kekuasaan di Indonesia.
  23. 23. LAHIRNYA NASIONALISME DI INDONESIAFAKTOR PENDORONG LAHIRNYA NASIONALISME INDONESIAKata nasionalisme berasal dari kata Nation yang berati bangsa. Dalam bahasa Latin kataNation berati kelahiran kembali, suku kemudian bangsa.Bangkitnya nasionalismeIndoonesia didorong oleh faktor intern dan ekstern.Faktor InternFaktor-faktor intern yang menyebabkan lahir dan berkembangnya nasionalismeIndonesia adalah sebagai berikut:•Kejayaan Bangsa Indonesia sebelum Kedatangan Bangsa Barat•Penderitaan Rakyat akibat Politik Drainage(Pengerukan Kekayaan)•Adanya Diskriminasi RasialMunculnya Golongan TerpelajarFaktor Ekstern•Kemenangan Jepang terhadap Rusia (1904-1905)•Kebangkitan Nasionalisme Negara-Negara Asia-Afrika•Masuknya Paham-Paham Baru
  24. 24. ORGANISASI-ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA:•Boedi Oetomo•Sarekat Islam•Indische Partij•Perhimpunan Indonesia•Partai Komunis Indonesia•Partai Nasional IndonesiaBerkembangnya taktik moderat dan kooperatif dalam pergerakan nasionalIndonesia disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:1. Krisis ekonomi (malaise) yang terjadi sejak tahun 1921 dan berulang pada akhir tahun 19292.2. Kebijakan keras pemerintahan Gubernur Jenderal de Jonge menyebabkan kaum pergerakan, terutama golongan nonkooperatif, sangat menderita.3. Pada tahun 1930-an, kaum pergerakan nasional terutama yang berada di Eropa menyaksikan bahwa perkembangan paham fasisme dan Naziisme mengancam kedudukan negara-negara demokrasi.
  25. 25. Upaya-Upaya Menggalang PersatuanPembentukan Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) Di kalangan pemimpin pergerakan nasional muncul gagasan untuk membentuk gabungan (fusi) dari partai-partai politik yang ada. Tujuannya untuk memperkuat dan mempersatukan tindakan-tindakan dalam menghadapi pemerintah kolonial.Pada tanggal 17-18 Desember 1927 diadakan sidang di Bandung yang dihadiri oleh wakil-wakil dari PNI, Algemeene Studieclub, PSI (Partai sarekat Islam), Boedi Oetomo, Pasundan, Sarekat Sumatra, Kaum Betawi, dan Indinesische studieclib. Sidang tersebut memutuskan untuk membentuk (PPPKI)
  26. 26. Gerakan Pemuda• Gerakan Pemuda Kedaerahan Trikoro Dharmo merupakan organisasi pemuda kedaerahaan pertama di Indonesia. Trikoro Dharmo didirikan di Gedung Stovia pada tanggal 7 Maret 1915 oleh pemuda-pemuda Jawa, seperti Satiman, Kadarman, Sumardi, Jaksodipuro (Wongsonegoro), Sarwono, dan Mawardi. Trikoro Dharmo berarti tiga tujuan mulia, yaitu Sakti, Budi dan Bhakti.• Kongres Pemuda IndonesiaKongres Pemuda IKeinginan untuk bersatu seperti yang didengung-dengungkan oleh Perhimpunan Indonesia (PI) dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) telah tertanam dalam sanubari pemuda-pemuda Indonesia. Untuk itu, pada tanggal 30 April-2 Mei 1926 di Jakarta diadakan kongres pemuda Indonesia yang pertama.Kongres Pemuda II Kongres Pemuda II diadakan dua tahun setelah Kongres Pemuda Indonesia pertama, tepatnya pada tanggal 27-28 Oktober 1928
  27. 27. Proses Terbentuknya Negara IndonesiaPada tanggal 18 Agustus 1945 Panitia Persiapan KemerdekaanIndonesia (PPKI) menyelenggarakan siding untuk pertama kali yangdipimpin oleh Ir. Soekarno. Dalam sidang PPKI itu dibahas berbagaipersoalan untuk melengkapi keberadaan negara Republik Indonesiayang baru diproklamasikan. Bahkan materi yang dibahas dalam sidangPPKI itu merupakan kelanjutan dari sidang BPUPKI tanggal 10 – 16 Juli1945. Dalam sidang PPKI itu berhasil diambil suatu keputusan yangsangat penting bagi pemerintahan negara Republik Indonesia yang baruberdiri.
  28. 28. Keputusan yang berhasil dicapai dalam sidang PPKI adalah sebagaiberikut:•Mengesahkan rancangan undang-undang dasar negara yang dibahas dalam sidang BPUPKI menjadi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Selanjutnya Undang-Undang Dasar itu lebih dikenal dengan istilah Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945).•Memilih dan mengangkat Presiden dan Wakil Presiden sebagaipelaksana pemerintahan yang sah dari Negara Republik Indonesia yang baru berdiri. Selanjutnya PPKI memilih dan mengangkat Ir. Soekarno sebagai Presiden serta Drs. Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden.•Membentuk Komite Nasional Indonesia sebagai lembaga yang membantu Presiden dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebelum terbentuknya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui pemilihan umum (pemilu).
  29. 29. Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 berjalan dengan lancar dan berhasilmembentuk serta mengesahkan UUD 1945, memilih dan mengangkat Presidendan Wakil Presiden serta membentuk Komite Nasional Indonesia (KNI). Dengandemikian, sejak tanggal 18 Agustus 1945, yaitu sehari setelah Indonesiamerdeka, negara Republik Indonesia telah memiliki system pemerintahan yangsah dan diakui oleh seluruh rakyat Indonesia.

×