Tugas resum

311 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
311
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
3
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas resum

  1. 1. TUGAS RESUM APLIKASI INTERNET Nama Kelompok : Elvriska Ayu Widiyanti (1200631031) Lintang Novitasari (1200631017) Awalia Wahyu Juwita (1200631030) PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
  2. 2. 1. OOP dengan PHP  Konsep penting pada suatu OOP yaitu,  Class  Object  Constructor dan destructor  Visibilitas member(member visibility)  Pewarisan  Kelas / Class Class disusun berdasarkan karakteristik sebuah object benda. Class adalah penampung sekumpulan elemen data (variable) dan kode progam (function). Setiap pedefinisian / deklarasi sebuah kelas pada PHP menggunakan class yang yang diikuti nama kelas, kemudian diikuti tanda ‘{‘ dan diakhiri tanda ‘}’. Bisa memberikan sembarang nama sebuah kelas, selama tidak memiliki fungsi yang sama yang dimiliki oleh PHP. Kita bisa mendefinisikan properti kelas dan method kelas. Variabel $this adalah variabel samaran yangdigunakan untuk memanggil sebuah propertis atau method sebuah kelas.  Properti Kelas Merupakan sebuah identitas / karakter khusus sebuah kelas. Untuk memberikan nilai dari properti sebuah kelas kita tidak bisa menggunakan cara langsung, seperti memberikan nilai pada sebuah variable. Untuk mengakses / mengambil value properti sebuah kelas juga menggunakan variable $this.  Method / Behavior Kelas Adalah fungsi – fungsi apa yang bisa dilakukan oleh object. Misalkan pada kelas orang bisa melakukan makan, tidur, berjalan.  Aturan Pembuatan Kelas a. Definisi suatu class dimulai dengan keyword Class, diikuti dengan nama classnya. b. Isi suatu class diapit dengan kurung kurawal ({}) c. Umumnya isi class diawali dengan menuliskan properti - propertinya dan diikuti dengan method-methodnya.  Object Merupakan instansiasi dari suatu class. Sebuah class tidak dapat digunakan tanpa diinstansiasikan dulu (kecuali untuk static Class).  Instansiasi Class Instansiasi object bisa dilakukan dengan perintah new. Ketika suatu instansiasi class 9pembuatan ocject) dilakkan, maka secara otomatis akan memanggil function Constructor milik class tersebut.  Constructor dan Destructor  Constructor adalah suatu function khusus yang akan dieksekusi ketika suatu object dibuat. Umumnya constructor dibuat untuk memberikan suatu operasi awal yang harus dilakukan ketika sebuah object dilahirkan.
  3. 3.  Destructor adalah function khusu yang dilakukan ketika suatu object akan dihapus. Umumnya destructor dibuat untuk mengembalikan kembali sumber daya komputer.  Visibility Member Visibilitas dari properti atau method dapat dilakukan dengan mengawali pendefinisian dengan keyword : public, private, protected  Pewarisan (inheritance) Merupakan fitur OOP yang sangat berguna. Dengan pewarisan, sebuah class dapat diturunkan menjadi class baru yang mempunyai sebagian atau seluruh karakteristik dari class parentnya. Pewarisan dilakukan dengan keyword “extends”. Dalam suatu pewarisan dikenal istilah Override yaitu mendefinisikan ulang suatu function yang telah tersedia di class anak, dan mempunyai sifat yang berbeda dari class parent. 2. Konsep MVC dengan PHP Pengertian MVC adalah arsitektur aplikasi yang memisahkan kode-kode aplikasi dalam tiga lapisan, Model, View, dan Control. MVC ini termasuk dalam arsitektural design pattern yang menghendaki organisasi kode yang terstruktur dan tidak bercampur aduk. - Konsep MVC. Secara sederhana konsep MVC terdiri dari tiga bagian yaitu bagian model, bagian view, dan bagian control. 1. Model Mempresantiskan struktur data dari website yang bisa berupa basis data maupun data lain, misalnya dalam bentuk file teks atau file xml. Website biasanya menggunakan basis data dalam penyimpanan data maka bagian model biasanya akan berhubungan dengan perintah- perintah query SQL. Model ini juga digunakan untuk melakukan coneksi ke basis data oleh karena itu logika-log pemrograman dalam model harus berhubungan dengan basis data. 2. View Merupakan informasi yang ditampilkan kepada pengunjung website. View adalah halaman website yang dibuat menggunakan HTML dengan bantuan CSS atau JavaScript. Dalam view jangan ada kode untuk melakukan koneksi ke basis data, karena view hanya dikususkan untuk menampilkan data-data hasil dari model dan controller. 3. Controller Merupakan penghubung antara model dan view. Didalam controller inilah terdapat class dan fungsi-fungsi yang memproses permintaan dari view kedalam struktur data didalam model. Tugas dari controller adalah menyediakan berbagai variabel yang akan ditampilkan di view, memanggil model untuk melakukan akses ke basis data, menyediakan penanganan error, mengerjakan proses logika dari aplikasi serta melakukan validasi atau cek terhadap input. 3. Beberapa konsep penggunaan MVC yang terdapat pada PHP Frameworks.
  4. 4. Ada beberapa konsep pada MVC yaitu :  Cofigs digunakan untuk konfigurasi database.  Database yang telah dibuat tambahkan kolom url dan deskripsi pada tabel.  Helper kelas ini adalah kelas direktori untuk kelas bantuan, diantara kelas Database Object dan kelas Breadcrumbs.  Breadcrumbs gunanya untuk membuat site navigation dan title, nilai title ini berasal dari pendefinisian setiap aksi controller menggunakan method add.  Function untuk membuat navigasi.  Reguest untuk menggambil reguest yang dikirimkan oleh url.  Index ambil konfigurasi confiq dengan fungsi parse_confiq_ini fungsinya untuk membuat Myaql_Adapter dengan configurasi database tersebut.  Model kelas ini adalah kelas turunan dari kelas DatabaseObject.  Product untuk mengambil semua data ditabel product pada method GetProducts.  Router diperlukan atribut tambahan url guna mengirimkan nilai untuk tambahan.  Controller setiap instansi kelas model tambahan database pada parameternya.

×