Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pp kurikulum

326 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pp kurikulum

  1. 1. KELOMPOK 6Assalamualaikum.. 1. Anton Subakti 2. Ashri Rianti Maulani 3. Dewi Sartika 4. Iif Nur Holipah
  2. 2. “Konsep Dasar Pembelajaran”
  3. 3. a. Hakikat Belajar b. Landasan Konsep Pembelajaran c. Proses Pembelajaran d. Perkembangan Konsep Dasar Pembelajaran e. Hasil Belajar dari Pembelajaran
  4. 4. Hakikat Belajar Apa sih hakikat belajar itu ?
  5. 5. Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada disekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman. Belajar juga merupakan proses melihat, mengamati dan memahami sesuatu (Sudjana,1989 :28).
  6. 6. Beberapa kutipan yang disimpulkan • Belajar merupakan suatu proses,yaitu kegiatan yang berkesinambungan yang dimulai sejak lahir danterus berlangsung seumur hidup • Dalam belajar terjadi adanya perubahan tingkah laku yang bersifatrelatif permanen. • Hasil belajar ditunjukan dengan aktifitas-aktifitas tingkah laku secara keseluruhan • Adanya peranan kepribadian dalam proses belajar antara lain,aspek motivasi, emosional,sikap dan sebagainya.
  7. 7. Gagne dan Brigs, (1988:105) menyatakan bahwa perbuatan hasil belajar menghasilkan perubahan dalam bentuk tingkah laku dan aspek : – kemampuan membedakan – konsep konkrit – konsep terdefinisi – nilai – aturan tingkat tinggi – strategi kognitif – informasi verbal – sikap – keterampilan motorik
  8. 8. Landasan Konsep Pembelajaran Apa saja sih yang menjadi landasan konsep pembelajaran ?
  9. 9. Landasan Filsafat Landasan Psikologis Landasan Sosiologis Landasan Komunikasi
  10. 10. Proses Pembelajaran Bagaimana sih proses pembelajaran yang baik ?
  11. 11. Bila semua masyarakat Perguruan Tinggi telah memahami dengan baik tentang proses pembelajaran mahasiswa aktif, learning how to learn maka proses pembelajaran akan berjalan dengan lebih mudah. Proses pembelajaran melalui internet juga mendorong mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran karena harus berkomunikasi secara maya dengan para dosen,dan mahasiswa lain disamping mengembara didalam dunia pengetahuan lainnya.
  12. 12. Perkembangan Konsep Dasar Pembelajaran Unsur apa saja sih yang ada dalam pembelajaran manusia ?
  13. 13. Meier (2002:103) mengemukakan bahwa semua pembelajaran manusia pada hakekatnya mempunyai empat unsur, yakni : persiapan penyampaian pelatihan penampilan hasil.
  14. 14. *Persiapan : Tahapan persiapan berkaitan dengan mempersiapkanpesertabelajar untukbelajar. *Penyampaian : Tahap penyampaiandalamsikluspembelajaran dimaksudkan untuk mempertemukandengan materibelajar yang mengawaliproses belajar secara positif dan menarik. *Pelatihan: Tujuan tahappelatihanadalahmembantupesertabelajar menyerappengetahuan dan keterampilanbarudenganberbagaicara. *Penampilan : Tujuan tahappenampilan hasilini adalahuntukmemastikan bahwapengajaran tetap melekat dan berhasilditerapkan.
  15. 15. Hasil Belajar dari Pembelajaran Faktor apa sajakah yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik ?
  16. 16. Bloom (1956) mengemukakan tiga ranah hasil belajar yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Untuk aspek kognitif, Bloom menyebutkan 7 tingkatan yaitu : 1. Pengetahuan 2. Pemahaman 3. Pengertian 4. Aplikasi 5. Analisa 6. Sintesa 7. Evaluasi
  17. 17. Secara umum hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal
  18. 18. *Internal -Faktor fisiologis atau jasmani individu baik bersifat bawaan maupun yang diperoleh deengan melihat, mendengar, struktur tubuh, cacat tubuh dan sebagainya. -Faktor psikologis baik bersifat bawaan maupun keturunan. -Faktor kematangan baik fisik maupun psikis *Eksternal -Faktor sosial, seperti lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan kelompok. -Faktor budaya, seperti adat istiadat, IPTEK dan kesenian. -Faktor lingkungan fisik, seperti fasilitas rumah, fasilitas belajar dan iklim. -Faktor spiritual atau lingkungan keagamaan.
  19. 19. Menurut Syamsudin (1990), motif ada 2 jenis : Motif primer (primary motive) atau motif dasar (basic motive) menunjukkan kepada motif yang tidak dipelajari (unlearned motive) yang sering juga digunakan istilah dorongan (drive). Motif sekunder (secondary motive) menunjukkan kepada motif yang berkembang dalam diri individu karena pengalaman, dan dipelajari (conditioning and reinforcement).

×