Penelitian

399 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
399
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
8
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Penelitian

  1. 1. PENELITIAN PENYISIHAN WARNA PADA LIMBAH CAIR SASIRANGAN DENGAN ADSORPSI KARBON AKTIF DALAM FIXED-BED COLUMN
  2. 2. Kata Kunci • karbon aktif • fixed-bed Column • Sasirangan • warna. • Adsorpsi
  3. 3. Karbon Aktif • Karbon Aktif adalah senyawa karbon yang memiliki daya adsorbsi (daya serap) tinggi karena mengalami proses aktivasi kimia atau aktivasi uap di mana saat proses aktivasi tersebut gas hidrogen, gas-gas lain dan kandungan uap airnya terlepas dari permukaan material karbon aktif. Setelah hilang/lepasnya gas-gas dan uap air tersebut, karbon aktif memiliki daya adsorpsi(daya serap) super tinggi.
  4. 4. Fixed-Bed • Fixed Bed adalah reaktor dengan menggunakan katalis padat yang diam dan zat pereaksi berfase gas. Butiran- butiran katalisator yang biasa dipakai dala m reaktor fixed bedadalah katalisator yang berlubang di bagian tengah, karena luas permukaan persatuan beratlebih besar jika dibandingkan dengan butiran katalisator berbentuk silinder, dan aliran gaslebih lancar
  5. 5. Sasirangan • Sasirangan adalah kain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan, kain yang didapat dari proses pewarnaan rintang dengan menggunakan bahan perintang seperti tali, benang atau sejenisnya menurut corak-corak tertentu..
  6. 6. Warna • Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer.
  7. 7. Adsorpsi • Adsorpsi adalah salah satu dari sifat koloid yang merupakan proses penyerapan suatu partikel zat baik berupa ion, atom, atau molekul pada permukaan zat lain. Adsorpsi terjadi karena adanya gaya tarik yang tidak seimbang pada partikel zat yang berada pada permukaan absorben. Gambar ilustrasi proses terjadinya adsorpsi dengan menggunakan karbon aktif.
  8. 8. adsorpsi
  9. 9. • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dari pengaturan tebal kolom karbon aktif dan laju aliran limbah cair pada kondisi pH dan suhu konstan terhadap efektifitas penyisihan warna pada limbah cair sasirangan, serta mempelajari kinetika sistem adsorpsi yang terjadi pada proses tersebut. Pada penelitian ini, adsorpsi warna limbah cair sasirangan dianalisis dengan mengalirkan air limbah secara kontinu (laju aliran 20 ml/menit, 40 ml/menit, dan 80 ml/menit) ke dalam kolom adsorpsi berdiameter 2,5 inch dengan tinggi karbon aktif 10 cm, 30 cm, dan 60 cm. Pengambilan sampel air olahan dilakukan setiap 10 menit sampai dengan karbon aktif jenuh.
  10. 10. • Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja dari pengaturan laju aliran berbanding terbalik dengan efektifitas penyisihan warna, dan sebaliknya pengaturan tebal adsorben berbanding lurus dengan efektifitas penyisihan warna pada limbah cair sasirangan. Persentase penyisihan tertinggi yang diperoleh adalah sebesar 57,48% pada laju aliran 20 ml/menit dan tebal karbon aktif 30 cm, sedangkan persentase penyisihan terendah adalah sebesar 30% pada laju aliran 40 ml/menit dan tebal karbon aktif 10 cm
  11. 11. • Pola adsorpsi warna oleh karbon aktif pada penelitian ini mengikuti model Thomas dengan kapasitas adsorpsi maksimum sebesar 72,339 mg/g.

×