Tugas sig kelompok

668 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
668
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
53
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas sig kelompok

  1. 1. Pengambilan Data Angin Dari SatelitSatelit Landsat-8 telah berhasil diluncurkan NASA pada tanggal 11 Februari 2013lalu bertempat di Vandenberg Air Force Base, California. Periode checkout sekitar 100 harisetelah peluncuran memungkinkan pesawat ruang angkasa untuk melakukan manuver orbit,sistem inisialisasi dan kalibrasi kegiatan, dan pindah ke grid WRS-2, 438 mil di atas Bumi,ketika checkout selesai USGS mengambil kendali. Data Landsat-8 akan tersedia untuk di-download tanpa biaya dari Glovis, Earth Explorer atau Viewer Landsat Look.Satelit Landsat-8Landsat 8 akan mengorbit setiap 99 menit dan gambar seluruh bumi setiap 16 hari,mengumpulkan pada akuisisi jadwal yang sama Landsat 5 sebelumnya digunakan. Misi inidikenal sebagai Landsat Data Continuity Mission (LDCM). Misi ini akan dijalankan selamakurang lebih 40 tahun perekaman dengan menggunakan seri citra Landsat. Karakteristik daricitra Landsat 8 ini adala menggunakan sensor Operational Land Manager (OLI) denganselang band yang lebih pendek dan tambahan dua band tambahan (9 Band). Citra Landsat-8disinyalir memiliki akurasi geodetik dan geometrik yang lebih baik.Data yang dikumpulkan untuk Misi LDCM oleh instrumen Land Imager Operasionalakan memajukan kemampuan pengukuran di masa depan, dengan band "Ultra-Blue" (Band 1)yang akan digunakan untuk studi pesisir dan aerosol, serta Band 9 yang akan berguna untukmendeteksi awan cirrus serta dua band thermal memberikan suhu permukaan lebih akurat(TIRS 1 dan 2).Gambar di atas merupakan gampar pertama yang berhasil ditangkap Satelit Landsat-8.Gambar ini diolah dengan menggunakan pengaturan pra-peluncuran yang harus diperiksa dandisesuaikan. Saat ini LDCM berada di orbit untuk memastikan bahwa data akurat saatmengukur intensitas cahaya yang dipantulkan dan dipancarkan diterima oleh instrumen. Misioperasi ini juga perlu memastikan keakuratan setiap pixel rekaman permukaan bumi.Operasi LDCM ini dijadwalkan akan dimulai pada akhir Mei 2013 ketika instrumentelah dikalibrasi dan pesawat ruang angkasa telah sepenuhnya diperiksa. Pada saat itu, NASAakan menyerahkan kendali satelit ke USGS, yang akan mengoperasikan satelit sepanjanghidupnya. Satelit itu akan berganti nama menjadi Landsat 8, dan data dari OLI dan TIRSakan diproses dan ditambahkan ke Arsip data Landsat di Earth Resources Observation andScience Center di Dakota, di mana ia akan didistribusikan secara gratis melalui Internet.
  2. 2. Aplikasi Grads Dalam MeteorologiAnalisis pada suatu data mentah (pengamatan atau simulasi model) diproses kedaalambentuk tabel atau gambar. Untuk melakukan visualisasi dari hasil model kita harusmengetahui bentuk (format) data yang dihasilkan oleh model iklim dan perangkat lunak(software) yang digunakan dan bagaimana teknik menampilkannya.Format data pada komputer :teks (text) atau ASCII (dapat dibaca dan dimengerti langsung saat muncul di layar)biner (binary).( tidak dapat dibaca langsung)Data biner hanya bisa dimengerti apabila sudah diterjemahkan dengan suatu programatau software yang cocok, karena data biner sendiri ada bermacam-macam jenis. Data yangdihasilkan dari simulasi DARLAM termasuk dalam kategori data biner yang disebut dengannetCDF (network Common Data Format).NetCDF dirancang oleh Unidata Program Centre di Boulder, Amerika Serikat.NetCDF banyak dipakai untuk menyimpan data ilmiah khususnya data iklim, karena datadengan format ini tak tergantung pada jenis mesin komputer yang digunakan. Data denganformat netCDF dapat digunakan dalam berbagai macam sistem operasi seperti Windows danUnix, dan pada berbagai jenis mesin komputer seperti PC IBM atau DEC Alpha.Keuntungan menggunakan tipe data ini jelas tidak ada masalah dalam halkompatibilitas, sehingga kita dapat memindahkan datanya dari satu jenis komputer kekomputer lainnya. NetCDF dikenal sebagai self-defining data format ( informasi tambahantentang datanya) berupa data iklim, data hasil pengamatan/ hasil simulasi model, informasiletak geografis , informasi grid yang digunakan, periode pengamatan atau simulasi, dan diketinggian (level) berapa data pengamatan atau simulasi tersebut berlaku. Fungsi informasitambahan ini untuk mempermudahkan dalam membuat visualisasi dari data hasil pengamatanatau simulasi.The Grid Analysis and Display System (GrADS) merupakan software interaktif yangdigunakan untuk memanipulasi dan visualisasi data sains kebumian secara mudah. Gradsdapat diperoleh dari internet secara bebas di http://grads.iges.org/grads/downloads.html. Didalam situs internet tersebut dapat dipilih Grads versi Windows yang tak perlu menggunakanX server. Xserver adalah software yang dapat meng-emulasi-kan tampilan tampilan monitorberbasis grafis.Menggunakan Grads untuk Pertama KaliSebelum kita menggunakan Grads, sebaiknya kita tahu cara meng-install-nya. Setelahkita mendapatkan software grads dari internet, versi paling baru adalah grads-1.8sl11-win32e.exe untuk Windows XP (sedangkan versi vista bisa didownload dari sini:.http://www.lasg.ac.cn/xglm/2008/7/m0cetor4sh.htm). Kita jalankan saja file .exetersebut dari windows dan kita akan mendapatkan tampilan seperti berikut. Ikutiperintah yang diberikan, misalnya dalam tampilan di bawah ini kita klik install jikakita memang ingin meng-install-nya.Setelah proses install selesai, maka akan ditampilkan folder tempat GrADS beradadan seluruh isinya.
  3. 3. Selesai install, kita jalankan grads dengan mencari di menu windows dan kita pilihperintah GradsNC (seperti terlihat pada gambar di bawah ini), karena data yang akanditampilkan adalah data netCDF.Kalau kita menjalankan perintah GradsNC, kita bisa membuka file netCDF dan filebiner biasa. Sedangkan kalau kita jalankan perintah Grads atau GradsC, kita hanyabisa membuka file biner biasa dan tidak dapat membuka file netCDF. Kita akan diberipilihan mode landscape (mendatar) atau portrait (tegak). Langsung tekan enter jikaingin gambar mendatar, ketik no dan tekan enter kalau ongin mode tegak. Gambar dibawah adalah grads dalam mode mendatar.Tahap selanjutnyanya membuka file, melihat dimensi file dan melihat isi file.
  4. 4. Menggambar Hasil Pengolahan Data CitraPengolahan citra digital dimulai sekitar awal tahun 1920 an, dimana citra dikirim melaluikabel bawah laut dari London menuju ke New York. Dan tahun 1960 an pengolahan citra dengancomputer ( pengolahan citra digital ), dan tahun 1964 perbaikan kualitas citra.Pengolahan cira digital memiliki spectrum aplikasi yang sangat luas seperti dalam bdang-bidangberikut:1, Bidang Biomedis ( Biomedical )Dalam bidang kedokteran ketika ditemukannya tomografi terkomputerisasi pada tahun 1970an. Pengolahan citra digital dapat digunakan untuk deteksi tumor atau kanker rahim, identifikasipenyakit paru-paru, hati, tuang dan lain-lainnya. Pengolahan citra digital ini mampumenginterpretasikan sinar X ( x ray ). Contoh gambar hasil pengolahan citra digital dalam aplikasimedis.2. Bidang Penginderaan Jarak Jauh ( Remote Sensing )Informasi seperti pertanian, perairan, kelautan, mineral, hutan, dan geologi apat diperolehdengan melakukan analisis citra terhadap citra satelitnya. Pencemaran air laut , kerusakan wilayah, ,dan pencemaran atau polusi udara dapat dilakukan dengan menganalisis citra satelitnya. Aplikasi yanglain untuk mengetahui kapal laut yang melewati perbatasan wilayah laut suatu Negara. Contohgambar hasil citra satelit.3. Bidang BiometrikaTeknologi pengamanan suatu system menalami erkembagan pengolahan citra pada bidangbiometrika. Sebagai contoh pemanfaatan sidik jari, iris, wajah, dan lainnya untuk system identifikasiseseorang. Contoh gambar hasil pengolahan citra biometrika.4. Bidang FotografiTransformasi atau alih ragam citra dapat diartikan sebagai perubahan bentuk suatu citra.Perubahan bentuk tersebut dapat berupa perubahan geometri pixel seperti perputaran ( rotasi ),pergeseran ( transiasi ), penskalaan, dan lain sebagainya atau dapat juga berupa perubahan ruang (domain ) citra ke domain lainnya. Seperti transformasi Fourier yang mengubah suatu citra daridomain spasial menjadi domain frekuensi.Citra hasil proses transformasi dapat dianalisis kembali, diinterprestasikan, dan dijadikanacuan untuk melakukan pemrosesan selanjutnya. Tujuan diterapkannya transformasicitra adalah untukmemperoleh informasi ( feature extraction ) yang lbih jelas yang terkandung dalam suatu citra.Melalui proses transformasi suatu citra dapat dinyatakan sebagai kombinasi linier dari sinyal dasar (basic signals ) yang sering disebut fungsi basis ( basic function ). Suatu citra yang telah mengalamitransformasi dapat diperoleh kembali dengan menggunakan transformasi balik (inverstransformation).Perbaikan citra bertujuan meningkatkan kualitas tampilan citra untuk pandangan manusia atauuntuk mengkonvesi suatu citra agar memiliki format yang lebih baik sehingga citra tersebut menjadilebih mudah diolah dengan mesin ( computer ). Perbaikan suatu citra dapat dilakukan dengan operasititik ( point operation ), operasi spasial ( spatial operation ), operasi geometri ( geometric operation ),dan operasi aritmatik ( arithmetic operation )
  5. 5. Tugas Kelompok SIG and Remote SensingProses Pengolahan Data Angin (Data Klimatologi)Oleh:KELOMPOK IVNurul Muthiah (H12111252)Hardianti Hafid (H12111260)Nurlinda K. (H12111258)Ryndha D. Indrasari (H12110254)Dian Christien A. (H12110262)Rachmaniyah A. Waode (H12110286)Musafirah (H12110902)FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNUVERSITAS HASANUDDIN2013

×