Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Membangun Bangsa Melalui Pendidikan

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pembangunan merupakan proses yang berkesinambungan yang mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat. Termasuk aspek sosial, ekonomi, politik, dan kultural dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan seluruh warga bangsa Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka pemerintah menyadari betapa pentingnya membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Upaya ini dimanifestasikan melalui pendirian Intitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), meningkatkan kesejahteraan guru, dan mengirimkan mahasiswa belajar keluar negeri. Banyak negara tetangga mengirimkan mahasiswanya untuk belajar ke Indonesia seperti di UI, ITB, dan UGM.
Indonesia jauh tertinggal dari negara- negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Banyak perusahaan asing yang masuk Indonesia dan memanfaatkan kekayaan Indonesia dan Pendidikan dijadikan kepentingan politik bagi kaum elit.

Berkaitan dengan peranan pendidikan dalam pembangunan nasional muncul dua paradigma yang menjadi kiblat pengambil kebijakan dalam pengembangan kebijakan pendidikan. Yaitu :
Paradigma fungsional
Paradigma sosialisasi

  • Be the first to comment

Membangun Bangsa Melalui Pendidikan

  1. 1. KELOMPOK 9 : 1. DIANA ELLYZA EMA FITRI 2. MIFTA KHULJANNAH MAULIN 3. RAFIKA RIZKI 4. TIARA SEPTILIANI JUHAREZA
  2. 2. PENDIDIKAN Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. (UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1)
  3. 3. Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. (UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 2)
  4. 4. Sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. (UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 3)
  5. 5. Pendidikan dan pembangunan merupakan suatu proses yang saling mengisi. Proses pendidikan menempatkan manusia sebagai “starting point” , karena pendidikan mempunyai tugas untuk menghasilkan SDM yang berkualitas untuk pembangunan.
  6. 6. PEMBANGUNAN  Pembangunan merupakan proses yang berkesinambungan yang mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat. Termasuk aspek sosial, ekonomi, politik, dan kultural dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan seluruh warga bangsa Indonesia.
  7. 7. KONDISI PENDIDIKAN DI INDONESIA YANG DULU Setelah Indonesia merdeka pemerintah menyadari betapa pentingnya membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Upaya ini dimanifestasikan melalui pendirian Intitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), meningkatkan kesejahteraan guru, dan mengirimkan mahasiswa belajar keluar negeri. Banyak negara tetangga mengirimkan mahasiswanya untuk belajar ke Indonesia seperti di UI, ITB, dan UGM.
  8. 8. KONDISI PENDIDIKAN DI INDONESIA YANG SEKARANG Indonesia jauh tertinggal dari negara- negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Banyak perusahaan asing yang masuk Indonesia dan memanfaatkan kekayaan Indonesia dan Pendidikan dijadikan kepentingan politik bagi kaum elit.
  9. 9. PERAN PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN BANGSA  Menurut John C. Bock dalam Education and Development (1992) mengidendifikasi peran pendidikan sebagai : Mempersiapkan tenaga kerja untuk memerangi kemiskinan dan kebodohan. Pendorong perubahan sosial. Untuk meratakan kesepakatan dan pendapatan.
  10. 10.  Berkaitan dengan peranan pendidikan dalam pembangunan nasional muncul dua paradigma yang menjadi kiblat pengambil kebijakan dalam pengembangan kebijakan pendidikan. Yaitu :  Paradigma fungsional  Paradigma sosialisasi
  11. 11. PARADIGMA FUNGSIONAL Melihat bahwa Keterbelakangan dan kemiskinan dikarenakan negara memiliki penduduk yang pengetahuan minim, kemampuan, dan sikap modern. Sehingga pendidikan formal berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan, kemampuan dan keahlian, serta menanamkan sikap modern para individu yang diperlukan dalam proses pembangunan. Bukti-bukti tersebut menandakan adanya kaitan erat antara pendidikan formal seseorang dengan partisipasinya dalam pembangunan.
  12. 12. PARADIGMA SOSIALISASI Mengembangkan kompetensi individu. Kompetensi yang tinggi diperlukan untuk meningkatkan produktivitas. Meningkatkan kemampuan masyarakat dan semakin banyaknya masyarakat yang memiliki kemampuan akan meningkatkan kehidupan masyarakat secara keseluruhan.
  13. 13. TINDAKAN YANG DILAKUKAN UNTUK MEMBANGUN BANGSA MELALUI PENDIDIKAN KEDEPAN 1. ARAH DAN TUJUAN PENDIDIKAN YANG HARUS JELAS Meskipun tujuan pendidikan sudah dijelaskan dalam UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003. Pada praktiknya sangat jauh dengan tujuan tersebut. Peserta didik terlalu banyak dijejali jam belajar yang padat dan tugas yang banyak. Sedangkan kemampuan lainnya dikesampingkan seperti : daya kreasi, kecakapan dan kemandirian.
  14. 14. 2. PEMERATAAN PENDIDIKAN Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan terbagi atas beberapa pulau maka ketidakmerataan pendidikan sangatlah jelas. Dan sudah rahasia umum bila pendidikan berkualitas itu sebagian besar di Jawa. Sedangkan daerah lainnya yang terpencil jauh dari standar kualitas yang dibutuhkan baik dari sarana maupun prasarana.
  15. 15. 3. PENDIDIKAN UNTUK SEMUA Semua warga negara Indonesia berhak mengenyam pendidikan tanpa membeda-bedakan latar belakangnya.
  16. 16. 4. KESEJAHTERAAN TENAGA PENDIDIK Guru memiliki jasa yang sangat besar karena mereka telah melahirkan orang-orang besar maka sudah sepantasnya jika kesejahteraan guru di tingkatkan mulai dari jabatan, gaji, tunjangan, asuransi, dan lain-lain.
  17. 17. KESIMPULAN Pendidikan berperan sebagai poin awal untuk menghasilkan SDM yang berkualitas untuk pembangunan bangsa. Muncul paradigma fungsional dan paradigma sosialisasi sebagai kiblat dalam mengambil kebijakan pengembangan pendidikan. Perlunya dibangun kemandirian dari masyarakat agar bangsa lebih mandiri dan kompetensi bangsa menjadi lebih baik dari bangsa lainnya.
  18. 18. DAFTAR PUSTAKA  UU SISDIKNAS NO 20 TAHUN 2003  Megirahmman.blogspot.com/2012/12/memban gun-bangsa-melalui-pendidikan.html?m=1 Diakses pada Rabu, 27 Agustus 2014  Gmnifisipui.weebly.com/membangun-bangsa-melalui- pendidikan.html Diakses pada Rabu, 27 Agustus 2014

×