Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
GROUP TWO 
XII TKJ 1 
Thanks for 
Mr.Tri Goesema Putra S.pd
1) Dhede Rabbani Syah 
2) Irwan Rinaldy 
3) Bunga Melaty 
4) Yeyen Hanalisa 
5) Andri P 
6) Nelis Meidah
1) Hidrokarbon 
Hidrokarbon adalah sebuah senyawa yang terdiri 
dari unsur karbon (C) dan hidrogen (H). Seluruh 
hidrokarb...
>> Hidrokarbon aromatik, mempunyai setidaknya satu 
cincin aromatik 
>> Hidrokarbon jenuh, juga disebut alkana, yang tidak...
Senyawa-senyawa hidrokarbon yang rantai karbonnya 
melingkar (berbentuk cincin) dan lingkarannya itu 
mungkin juga bercaba...
>> Senyawa aromatik 
Senyawa karbosiklik yang rantai lingkarannya hanya terdiri 
dari enam atom C dan tiga ikatannya berup...
Minyak Bumi adalah senyawa hidrokarbon yang 
bermanfaat bagi manusia,minyak bumi merupakan 
sumber energi utama. Minyak bu...
1) ada “bebatuan asal” (source rock) yang secara geologis 
kemungkinkan terjadinya pembentukan minyak dan 
gas bumi. 
2) a...
3) adanya jebakan (entrapment) geologis. Struktur 
geologis kulit bumi yang tidak teratur bentuknya, 
akibat pergerakan da...
Temperatur bawah tanah, yang semakin dalam semakin tinggi, 
merupakan faktor penting lainnya dalam pembentukan hidrokarbon...
b) Gambar komponen-komponen pembentuk minyak 
bumi
c) komponen-komponen pembentuk minyak bumi 
Minyak bumi merupakan campuran rumit dari 
ratusan rantai hidrokarbon, yang um...
Old-deep membutuhkan waktu yang paling 
lama untuk pemrosesan, titik didihnya paling 
rendah dan juga viskositasnya paling...
d) Gambar Rig laut minyak bumi
e) Fungsi minyak bumi 
1) Sebagai bahan bakar LPG 
2) Bahan bakar kendaraan bermotor 
3) Sintesis senyawa organik 
4) Baha...
Thanks for waching  
May be useful 
And 
See you 
Hidrokarbon dan minyak bumi
Hidrokarbon dan minyak bumi
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Hidrokarbon dan minyak bumi

14,638 views

Published on

Tugas Presentasi Kimia

  • Be the first to comment

Hidrokarbon dan minyak bumi

  1. 1. GROUP TWO XII TKJ 1 Thanks for Mr.Tri Goesema Putra S.pd
  2. 2. 1) Dhede Rabbani Syah 2) Irwan Rinaldy 3) Bunga Melaty 4) Yeyen Hanalisa 5) Andri P 6) Nelis Meidah
  3. 3. 1) Hidrokarbon Hidrokarbon adalah sebuah senyawa yang terdiri dari unsur karbon (C) dan hidrogen (H). Seluruh hidrokarbon memiliki rantai karbon dan atom-atom hidrogen yang berikatan dengan rantai tersebut. Istilah tersebut digunakan juga sebagai pengertian dari hidrokarbon halifatik. Sebagai contoh, metana (gas rawa) adalah hidrokarbon dengan satu atom karbon dan empat atom hidrogen: CH4 . Etana adalah hidrokarbon yang terdiri dari dua atom karbon bersatu dengan sebuah ikatan tunggal, masing-masing mengikat tiga atom karbon: C2H6. propana memiliki tiga atom C (C3H8) dan seterusnya (CnH2·n+2)
  4. 4. >> Hidrokarbon aromatik, mempunyai setidaknya satu cincin aromatik >> Hidrokarbon jenuh, juga disebut alkana, yang tidak memiliki ikatan rangkap atau aromatik. >> Hidrokarbon tak jenuh, yang memiliki satu atau lebih ikatan rangkap antara atom-atom karbon.
  5. 5. Senyawa-senyawa hidrokarbon yang rantai karbonnya melingkar (berbentuk cincin) dan lingkarannya itu mungkin juga bercabang desebut sebagai senyawa siklik. Senyawa siklik masih dapat dikelompokkan seperti berikut: 1. Senyawa karbosiklik Senyawa siklik yang rantai lingkarannya hanya terdiri dari hidrokarbon saja disebut sebagai senyawa karbosiklik. Senyawa karbosiklik masih terbagi menjadi dua, yaitu: >> Senyawa alisiklik Senyawa karbosiklik yang dapat dianggap sebagai senyawa alifatik dengan rantai C yang melingkar dan ikatan-ikatannya tunggal disebut sebagai senyawa alisiklik.
  6. 6. >> Senyawa aromatik Senyawa karbosiklik yang rantai lingkarannya hanya terdiri dari enam atom C dan tiga ikatannya berupa ikatan rangkap dua disebut sebagai senyawa aromatik. 2. Senyawa heterosiklik Senyawa-senyawa siklik yang lingkarannya berisi juga atom-atom non-karbon (misalnya N, S atau O)
  7. 7. Minyak Bumi adalah senyawa hidrokarbon yang bermanfaat bagi manusia,minyak bumi merupakan sumber energi utama. Minyak bumi bagi negara merupakan sumber devisa negara,termasuk indonesia. Indonesia salah satu negara penghasil minyak bumi dengan produksi rata-rata 540 juta barel. minyak bumi dijuluki juga sebagai emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya.
  8. 8. 1) ada “bebatuan asal” (source rock) yang secara geologis kemungkinkan terjadinya pembentukan minyak dan gas bumi. 2) adanya perpindahan (migrasi) hidrokarbon dari bebatuan asal menuju ke “bebatuan reservoir” (reservoir rock), umum nya sandstone ataulimestone yang berpori-pori (porous) dan ukurannya cukup untuk menampung hidrokarbon tersebut
  9. 9. 3) adanya jebakan (entrapment) geologis. Struktur geologis kulit bumi yang tidak teratur bentuknya, akibat pergerakan dari bumi sendiri (misalnya gempa bumi dan erupsi gunung api) dan erosi oleh air dan angin secara terus menerus, dapat menciptakan suatu “ruangan” bawah tanah yang menjadi jebakan hidrokarbon. Kalau jebakan ini dilingkupi oleh lapisan yang impermeable, maka hidrokarbon tadi akan diam di tempat dan tidak bisa bergerak kemana-mana lagi
  10. 10. Temperatur bawah tanah, yang semakin dalam semakin tinggi, merupakan faktor penting lainnya dalam pembentukan hidrokarbon. Hidrokarbon jarang terbentuk pada temperatur kurang dari 65oC dan umumnya terurai pada suhu di atas 260oC. Hidrokarbon kebanyakan ditemukan pada suhu moderat, dari 107 ke 177oC.
  11. 11. b) Gambar komponen-komponen pembentuk minyak bumi
  12. 12. c) komponen-komponen pembentuk minyak bumi Minyak bumi merupakan campuran rumit dari ratusan rantai hidrokarbon, yang umumnya tersusun atas 85% karbon (C) dan 15% hidrogen (H). Selain itu, juga terdapat bahan organik dalam jumlah kecil dan mengandung oksigen (O), sulfur (S) atau nitrogen (N). Ada 4 macam perbedaan dari jenis-jenis yang digolongkan menurut umur dan letak kedalamannya, yaitu: young-shallow,old-shallo young-deep danold-deep. Minyak bumiyoung-shallow biasanya bersifat masam (sour), mengandung banyak bahan aromatik, sangat kental dan kandungan sulfurnya tinggi. Minyakold-shallow biasanya kurang kental, titik didih yang lebih rendah, dan rantai paraffin yang lebih pendek.
  13. 13. Old-deep membutuhkan waktu yang paling lama untuk pemrosesan, titik didihnya paling rendah dan juga viskositasnya paling encer. Sulfur yang terkandung dapat teruraikan menjadi H2S yang dapat lepas, sehinggaold-deep adalah minyak mentah yang dikatakan paling “sweet”. Minyak semacam inilah yang paling diinginkan karena dapat menghasilkan bensin (gasoline) yang paling banyak.
  14. 14. d) Gambar Rig laut minyak bumi
  15. 15. e) Fungsi minyak bumi 1) Sebagai bahan bakar LPG 2) Bahan bakar kendaraan bermotor 3) Sintesis senyawa organik 4) Bahan bakar pesawat udara 5) Bahan bakar mesin disel 6) Minyak pelumas 7) Farapin untuk membuat lilin 8) Bahan bakar kapal 9) Bahan bakar industri 10)Pembuatan aspal
  16. 16. Thanks for waching  May be useful And See you 

×