21. rika wulandari (06111404021)

501 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
501
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
23
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

21. rika wulandari (06111404021)

  1. 1. IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KEMANDIRIAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH NAMA : Rika Wulandari Nim : (06111404021) Profesi Kependidikan Fkip Sejarah
  2. 2. BAB 7 PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  Yang harus dilakukan oleh Guru adalah: Menjabarkannya kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Yang merupakan pedoman guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran dan pembentukan Kompetensi Peserta didik. Pentingnya RPP Perencanaan merupakan: bagian penting dalam Implementasi KTSP, yang akan menentukan kualitas pendidikan serta kualitas SDM, baik dimasa sekarang maupun dimasa depan
  3. 3. RPP merupakan: Suatu Perkiraan atau proyeksi Guru mengenai seluruh kegiatan yang akan dilakukan baik oleh guru maupun peserta didik, terutama dalam pembentukan kompetensi & pencapaian tujuan pembelajaran .
  4. 4.  2 fungsi RPP dalam Implementasi KTSP,yaitu :  A) RPP hendaknya dapat mendorong guru lebih siap melakukan kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang matang. Dosa hukumnya bagi guru yang mengajar tanpa persiapan, & hal tertentu hanya akan merusak mental dan moral peserta didik. A. Fungsi Perencanaan B. Fungsi Pelaksanaan
  5. 5. Kompenen-kompenen RPP yang harus dipahami guru dalam menyukseskan Implementasi KTSP, antara lain : Kompetensi Dasar, Materi Standar, Prosedur pembelajaran, hasil belajar, Indikator hasil belajar, Evaluasi Berbasis Kelas, & Ujian basis sekolah
  6. 6.  B.) Fungsi Pelaksanaan Dengan hal ini RPP berfungsi Untuk mengefektifkan Proses Pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan. Dalam hal ini Materi Standar yang dikembangkan & dijadikan Bahan Kajian oleh Peserta didik harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya, mengandung nilai fungsional, praktif, serta disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan, sekolah, dan daerah. Oleh,karena itu kegiatan pembelajaran harus terorganisasi melalui serangkaian kegiatan tertentu dengan strategi yang tepat .
  7. 7.  Kompetensi yang dirumuskan dalam RPP harus jelas: makin konkret, mudah diamati dan makin tepat kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk membentuk kompetensi tersebut.  Rencana Pembelajaran harus sederhana dan Fleksibel, serta dapat dilakukan dalam kegiatan Pembelajaran & Pembentukan Kompetensi Peserta Didik.  Kegiatan-kegiatan yang disusun & dikembangkan dalam RPP harus menunjang & sesuai dengan Kompetensi dasar yang telah ditetapkan.  RPP yang dikembangkan harus utuh & menyeluruh, serta jelas pencapaianya.  harus ada koordinasi antar kompenen pelaksana Program di sekolah. Prinsip Pengembangan RPP
  8. 8. Pembagian Tugas Guru & Jadwal Pembelajaran : Penetapan Penilaian, Penetapan Norma Kenaikan Kelas, & Kelulusan, pencatatan kemajuan belajar peserta didik, pembelajaran remedial, program pengayaan, program percepatan (akselerasi), peningkatan kualitas pembelajaran, dan pengisian waktu jam kosong .
  9. 9.  Guru Profesional harus mampu mengembangkan Rencana Pembelajaran yang baik, Logis & Sistematis. Karna disamping itu untuk melaksanakan pembelajaran, pelajaran, persiapan tersebut mengemban Profesional accountability sehingga guru dapat mempertanggung jawabkan apa yang dilakukannya. Anderson (1989:47) membedakan Perencanaan menjadi 2 :  Perencanaan jangka Panjang (Unit Plans)  Perencanaan Jangka Pendek Mengidentifikasi Kompetensi: Langka Pertma dalam rencana Pembelajaran,disamping itu perlu ditetapkan pula fokus kompetensi dari peserta didik sebagai hasil akhir Pembelajaran.
  10. 10. Menurut Gagne & Briggs 4 asumsi mengembangkan Rencana Pembelajaran  Rencanaan Pembelajaran harus dikembangkan dengan menggunakan Pendekatan Sistem  Rencana Pembelajaran dikembangkan berdasarkan pengetahuan Peserta Didik.  Dikembangkan Untuk memudahkan Pesrta didik Belajar & membentuk Kompetensi Dirinya  Rencana Pembelajaran hendaknya tidak dibuat asal- asalan apalagi untuk memenuhi sarat administrasi.
  11. 11. PENGEMBANGAN RPP DALAM MENYUKSESKAN IMPLEMENTASI KTSP DAPAT DILAKUKAN MELALUI 2 CARA :  Menambah Kolom Silabus yang lebih Rinci  Membuat Format Terpisah Dalam Bentuk Suatu Pelajaran (Satpel)
  12. 12. EFEKTIVITAS RPP  Dalam kamus Bahasa Indonesia (1990:219) Efektif berarti ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya), manjur atau mujarab dapat membawa hasil. Jadi, efektifitas adalah adanya kesesuaian antara orang yang melaksanakan tugas dengan sasaran yang di tuju. Efektivitas Rencana Pembelajaran dapat di lihat berdasarkan teori sistem sehingga kriteria efektifitas harus mencerminkan keseluruan Siklus input-proses-output, tidak hanya output atau hasil, tetapi juga mencerminkan hubungan timbal balik antara Rencana Pembelajaran & Lingkungan sekitarnya.
  13. 13.  Kajian Terhadap efektivitas Pendidikan yang memiliki tahapan & waktu panjang, menimbulkan berbagai pertanyaan tentang Indiator setiap tahapannya. Indikator tersebut adalah sebagai Berikut :  Indikator Input meliputi : karakteristik guru, fasilitas, perlengkapan, dan materi pendidikan serta kapasitas manajemen.  Indikator Process meliputi: administratif, alokasi waktu guru, & alokasi waktu peserta didik  Indikator output berupa hasil dalam bentuk perolehan peserta didik & dinamika sistem sekolah, hasil yang berhubungan dengan pretasi belajar , perubahan sikap, keadilan dan kesamaan.  Indikator Outcome : Jumlah lulusan ketingkat pendidikan berikutnya, prestasi belajar disekolah, pekerjaan & pendapatan.
  14. 14. Efektifitas rpp dilihat dari efektivitas guru dalam melaksanakan tugasnya Menurut Sergiovani (1997) di Identivikasikan sebagai berikut:  Produktifitas  Efesiensi  Kualitas  Pertumbuhan  Ketidak hadiran  Perpindahan  Kepuasan Kerja Guru  Kepuasan Peserta Didik  Motivasi  Semangat  Kepaduan  Kuluwesan & Adaptasi  Perencanaan & Perumusan Tujuan  Konsensus Tujuan  Internalisasi tujuan organisai  Keahlian manajemen & kepemimpinan  Manajemen & informasi komunikasi  Kesiagaan  Pendayagunaan lingkungan  Penilaian oleh pihak luar  Stabilitas  Penyebaran pengaruh  Latihan & Pengembangan
  15. 15. Jika di hubungkan dengan efektivitas RPP dalam meningkatkan kualitas pembelajaran maka barometer efektivitas dapat dilihat dari kualitas program, ketepatan penyusunan, kepuasan, keluwesan & adaptasi, semangat kerja, motivasi, ketercapaian tujuan, ketepatan waktu, serta ketepatan penyalagunaan sarana, prasarana & sumber belajar dalam menyukseskan Implementasi KTSP .
  16. 16. Sumber: Prof. Dr. H.E.Mulyasa,M.Pd. 2009.Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
  17. 17. Thank You Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

×