E business dan e-commerce

5,162 views

Published on

TUGAS

0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
5,162
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
314
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

E business dan e-commerce

  1. 1. E-BUSINESS DAN E-COMMERCE DEWI YUNINGSIH 01112018 AKUNTANSI A
  2. 2. PENGERTIAN E-BUSINESS Aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi, dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.
  3. 3. CONTOH E-BUSINESS Harian Kompas yang juga memiliki e-bisnis Kompas Online. Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam, dan lain - lain.
  4. 4. JENIS E-BUSINESS BERDASARKAN PELAKU DAN KATEGORI AKTIVITAS
  5. 5. MANFAAT E-BUSINESS • Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, • Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization/ produksi massal terhadap produk dan jasanya. • Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information). • Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa. • Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis. • Menekan biaya telekomunikasi.
  6. 6. MANFAAT E-BUSINESS - Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, biaya transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitas yang lebih tinggi. -Fenomena jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, - Pembeli atau customer dapat dengan mudah melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui internet
  7. 7. KELEMAHAN E-BUSINESS a. Tingkatan kriminal dalam networking yang sering terjadi menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan masyarakat dalam berbisnis di internet. b. Dalam hal networking suatu koneksi internet sangat dominan. Jika ada kesalahan atau masalah internet maka web itu tidak dapat diakses, dan tidak menutup kemungkinan data yang telah didapat, lenyap.
  8. 8. PENGERTIAN E-COMMERCE E-Commerce adalah kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e- pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
  9. 9. KLASIFIKASI E-COMMERCE Business to Consumer (B2C) Business to Consumer e-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut: A. Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum. B. Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. C. Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). D. Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server. Business to Business (B2B) Business to Business E-Commerce memiliki karakteristik: A. Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. B. Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang- ulang dan secara berkala, C. Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu partnernya. D. Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
  10. 10. MANFAAT E-COMMERCE Bagi Konsumen • Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat. Bagi Pengelola bisnis • Efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu. Bagi Manajemen • Peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
  11. 11. KERUGIAN E-COMMERCE a. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan b. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. c.Pencurian informasi rahasia yang berharga d.Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak e. Timbul Kekecewaan f. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
  12. 12. E-BUSINESS VS E-COMMERCE • Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan e- business adalah bahwa tujuan e-commerce memang benar- benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang), • E-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya. • E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.

×