Rencana pelaksanaan pembelajaran

684 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
684
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
17
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Rencana pelaksanaan pembelajaran

  1. 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMA Mata pelajaran : Fisika Kelas/ Semester : X/ I Pokok bahasan : Gerak Sub pokok bahasan : Gerak Lurus Alokasi waktu : 2 x 45 menitI. STANDAR KOMPETENSI 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titikII. KOMPETENSI DASAR 2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstanIII. INDIKATOR A. Kognitif a. Produk Menjelaskan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB), gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dan gerak jatuh bebas (GJB) Membuat grafik hubungan panjang lintasan (s) dan waktu tempuh (t) pada gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) melalui percobaan. Menerapkan besaran-besaran fisika dalam GLB dan GLBB dalam bentuk persamaan dan menggunakan dalam pemecahan masalah b. Proses Melakukan percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait dengan gerak lurus beraturan (GLB). Melakukan percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Melakukan percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait dengan gerak jatuh bebas (GJB).
  2. 2. B. Afektif a. Karakter Melatihkan rasa ingin tahu dalam melakukan percobaan Melatihkan kejujuran dalam melakukan percobaan Melatihkan sikap cermat dalam melakukan percobaan b. Ketrampilan Sosial Menghargai kontribusi kelompok Melatihkan bertanya Melatihkan bekerja sama dalam memecahkan masalah secara berkelompok C. Psikomotor Melatihkan keterampilan dalam melakukan percobaan gerak lurus beraturan (GLB), gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dan gerak jatuh bebas. Melatihkan keterampilan dalam membuat grafik hubungan panjang lintasan (s) dan waktu tempuh (t) melalui percobaan.IV. TUJUAN PEMBELAJARAN A. Kognitif a. Produk Secara mandiri, siswa dapat menjelaskan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB), gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dan gerak jatuh bebas (GJB) Secara mandiri, siswa dapat membuat grafik hubungan panjang lintasan (s) dan waktu tempuh (t) pada gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) melalui percobaan. Secara menerapkan besaran-besaran fisika dalam GLB dan GLBB dalam bentuk persamaan dan menggunakan dalam pemecahan masalah b. Proses Diberikan alat dan bahan dari LKS, siswa dapat melakukan percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait dengan gerak lurus beraturan (GLB). Diberikan alat dan bahan dari LKS, siswa dapat melakukan percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).
  3. 3. Diberikan alat dan bahan dari LKS, siswa dapat melakukan percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait dengan gerak jatuh bebas (GJB). B. Afektif a. Karakter Siswa mempunyai rasa ingin tahu dalam melakukan percobaan Siswa dapat bersikap jujur dalam melakukan percobaan Siswa dapat bersikap cermat dalam melakukan percobaan b. Keterampilan Sosial Siswa dapat menghargai kontribusi dalam kelompok Siswa dapat bertanya selama proses pembelajaran Siswa dapat bekerja sama dalam memecahkan masalah secara berkelompok C. Psikomotor Siswa dapat meningkatkan keterampilan dalam melakukan percobaan gerak lurus beraturan (GLB), gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dan gerak jatuh bebas. Siswa dapat meningkatkan keterampilan dalam membuat grafik hubungan panjang lintasan (s) dan waktu tempuh (t) melalui percobaan.V. MATERI PEMBELAJARANVI. MODEL PEMBELAJARAN Model : Diskusi Metode : Diskusi, eksperimenVII. KEGIATAN PEMBELAJARAN A. Pendahuluan (15 menit)Kegiatan Fase Kegiatan guru Terlaksana(waktu) Ya TidakAwal Fase I (Motivasi) Guru memotivasi siswa dengan meminta dua orang siswa untuk maju ke depan
  4. 4. kelas.Guru menjelaskan aturan permainan kepada siswa yang maju ke depan kelas untuk mengambil sebuah benda yang diletakkan jauh dari arah mereka yaitu dengan menggunakan mata dadu dan siswa berjalan sesuai angka pada mata dadu yang dilempar tersebut. Guru bertanya kepada siswa “ Apa yang sedang dilakukan kedua siswa tersebut?”Inti Tahap I - Guru menyampaikan tujuan diskusi (Menyampaikan yang akan dilakukan yaitu “siswa aktif Tujuan Diskusi bertanya dalam diskusi sehingga dan Mengatur melatihkan keterampilan berkomunikasi Setting ) siswa”. - Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. - Guru meminta siswa untuk duduk membentuk huruf U. - Guru membagikan hand out kepada siswa. Tahap II Guru menjelaskan fokus diskusi sebagai (Mengarahkan tujuan diskusi Diskusi ) Guru menjelaskan peraturan dan setting diskusi yang akan digunakan, antara lain :
  5. 5. a) Masing-masing kelompok menguasai seseorang anggotanya untuk mendaftar ide-ide yang muncul dalam kelompok. b) Guru menanyakan hasil catatan ide-ide atau pendapat yang muncul dalam kelompok dan menyampaikan dalm diskusi kelas. c) Memberikan lebih banyak kesempatan pada siswa untuk berpartisipasi siswa dalam pembelajaran dan mengurangi adanya dominasi partisipasi oleh satu orang atau beberapa orang saja dalam diskusi.Tahap III ( - Guru memberikan pertanyaan yangMenyelenggarakan akan didiskusikan yang mengacu padaDiskusi ) materi Gerak lurus. - Guru sebagai “Leader” diskusi yang mempunyai tugas sebagai berikut : a. Guru memonitor antar aksi siswa dalam menyampaikan pendapat pada waktu diskusi baik diskusi secara kelompok kecil walaupun diskusi dalam kelompok besar. b. Guru meminta siswa untuk saling mengemukakan pendapatnya. c. Guru menyimak pendapat- pendapat siswa. d. Guru membuat catatan diskusi.
  6. 6. Tahap IV ( Guru mengakhiri diskusi dengan Mengakhiri memberikan ikhtisar kepada siswa Diskusi ) untuk meriview hasil diskusi. Tahap V Guru memberikan kesempatan (Menanyakan kepada siswa untuk bertanya tentang kepada siswa bahasan yang telah didiskusikan tentang proses apabila masih ada yang belum yang diskusi) belum dimengertiPenutup Guru memberikan evaluasi penampilan siswa dalam menampilkan hasil diskusinya. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas. Guru membagi lembar evaluasi siswa sebagai pemantapan pengetahuan siswa. Guru membimbing siswa mengaitkan motivasi yang telah disampaikan dengan materi yang telah dipelajari.

×