Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

TAHAPAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT

4,888 views

Published on

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS KOMUNITAS

Published in: Government & Nonprofit
  • Be the first to comment

TAHAPAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT

  1. 1. Tahapan Pengembangan Masyarakat Diskusi pada praktikum 1 di Lembaga Mizan Amanah
  2. 2. 1. Tahap Persiapan Persiapan Petugas: Menyamakan persepsi antar anggota tim sebagai pelaku perubahan (change agent) tentang konsep dan metode yang akan digunakan. Dilakukan pelatihan dan diskusi kelompok petugas Persiapan Lapangan: Menentukan lokasi/ komunitas sasaran. Memenuhi persyaratan formal seperti perizinan ke pimpinan formal/pemerintah. Pendekatan dengan tokoh-tokoh masyarakat (stake holders)
  3. 3. 2. Tahap Assessment Pengindetifikasian masalah (kebutuhan yang dirasakan) Masyarakat dan potensi/modal masyarakat. Serta melakukan penilaian dengan teknik SWOT atau metode assessment PRECEDE-PROCEED Cara yang dapat ditempuh: melakukan in-depth interview, wawancara individu, survey, Diskusi kelompok terarah (FGD)
  4. 4. 3. Tahap Perencanaan Alternatif Program Mendiskusikan dengan masyarakat tentang permasalah yang mereka hadapi dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Menstimulus peserta untuk mengusulkan berbagai alternatif cara yang mungkin bisa ditempuh untuk mengatasi masalah.
  5. 5. 4. Tahap Formulasi Rencana Aksi Menentukan program atau kegiatan yang dipilih/disepakati dari berbagai alternatif yang ada dengan pertimbangan prioritas. Pada tahap ini jika diperlukan membuat proposal maka pelaku perubahan dapat memfasilatasi dan membantu peserta dalam penyusunan dan pengajuan proposal. Pada tahap ini sebisa mungkin sudah dapat memberikan gagasan tentang tujuan jangka pendek yang akan dicapai.
  6. 6. 5. Tahap Pelaksanaan Program Melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana yang telah disusun pada formulasi rencana aksi. Jikan dalam proses pelaksanaan diperlukan suatu perubahan maka harus dengan kesadaran dan kesepakatan para peserta.
  7. 7. 6. Tahap Evaluasi Proses dan Hasil Perubahan Mengukur perkembangan dan menilai hasil yang diperoleh berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Hasil penilaian kemudian digunakan untuk memperbaiki program. Apakah peserta benar-benar melakukan tugasnya? Apakah kegiatan atau cara yang titempuh sesuai/relevan? Apakah program dapat dijangkau pihak-pihak yang membutuhkan? Apakah program yang dibuat benar-benar dimanfaatkan untuk kemajuan masyarakat? Apakah sudah sesuai dengan proporsi kebutuhan? Seberapa banyak upaya yang telah dilakukan untuk memaksimalkan hasil? Efisien atau tidak? dampaknya bagaimana?
  8. 8. 7. Tahap Terminasi Perpisahan secara formal dengan sasaran Ada dua alasannya: jika tujuan sudah tercapai atau jika masa program memang sudah berakhir. Hubungan secara informal biasanya tetap dilakukan
  9. 9. Model Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas Program dan Kegiatan Regulasi dan Kebijakan Alur Assessment kualitas hidup dan aset komunitas Faktor Manusia dan Sosial Faktor Predisposisi Kualitas Hidup Faktor Regulasi, Kebijakan dan Program Regulasi dan Kebijakan Perilaku dan Gaya Hidup Modal Sosial Faktor Penguat Modal Lingkungan Modal Fisik Modal Teknologi Modal Finansial Faktor Non Manusia Alur Perencanaan Program Aksi
  10. 10. Skema Kualitas Hidup dan Faktor Penyebab Masalah Lebih dari 50 % warga Rw 04 Kamal Muara tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya Human and Social Factors Behaviour and Life Style: - Warga memiliki perilaku boros/ konsumtif - Tidak memiliki kebiasaan menabung Social and Spiritual Factors: - pemahaman yang salah mengenai konsep agama bahwa rejeki sudah diatur oleh tuhan - Reinforcing factors: - tidak ada upaya penyuluh tentang manajemen keuangan keluarga oleh pemerintah setempat - adanya praktek ‘bank keliling’ Predisposing Factor: - Ada keyakinan masyarakat nelayan bahwa tidak sulit untuk mendapatkan uang. Mereka berfikir hari itu mereka melaut maka hari itu juga mereka mendapatkan uang (Instan) Environmental Factors: - Financial Factors: -Pendapatan sebagai nelayan rendah sehingga tidak dapat memenuhi biaya hidup cukup tinggi Technological Factors: - teknologi penangkapan ikan yang sederaha (perahu hanya 5 PK) sehingga tidak mendapatkan hasil yang memmadai Physical Factors: - Sebagian warga memiliki rumah semi permanen Policy and Regulation: Di pelelangan ikan di Kamal Muara tidak ada koperasi yang mengatur stabilitas harga ikan (sebagaimana di muara angke)
  11. 11. Alternatif cara mengidentifikasi kondisi masyarakat/komunitas
  12. 12. Simonev Soskem Porsi 40;60 Memaksimalkan Media Sosialisasi Kebutuhan steakholder Sistem Komunikasi Perbal Management Dokumentasi utk in ex Program Konsep bassed on custumer Time line ( Alur Proses Kegiatan) Analaisis Bisnis Peserta Keuangan Keuangan Sesuai pos Mitra Keadaan Keuangan

×