Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Data dan informasi power point

data dan informasi

  • Login to see the comments

Data dan informasi power point

  1. 1. Modul pembelajaran
  2. 2. PENGERTIAN DATA Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
  3. 3. PENGERTIAN INFORMASI Informasi adalah sejumlah data yang telah diolah melalui pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya dan ketercapaiannya sesuai kebutuhan. Sedangkan data merupakan bahan mentahnya.
  4. 4. Tiga hal penting yang harus diperhatikan dari informasi, yaitu : a. Informasi merupakan hasil pengolahan data b. Memberikan makna c. Bermanfaat
  5. 5. Ciri-ciri informasi yang berkualitas menurut Mc. Leod (1997) yaitu : a. Akurat, artinya informasi mencerminkan keadaan sebenarnya. b. Tepat waktu, artinya informasi harus ada saat diperlukan. c. Relevan, informasi yang diberikan harus sesuai yang dibutuhkan. d. Lengkap,artinya informasi harus utuh, tidak setengah-setengah
  6. 6. Berikut ini beberapa ciri informasi yang baik : a. Aktual, yaitu informasi terkini yang sedang hangat dibicarakan. b. Faktual, yaitu informasi yang didukung dengan fakta sehingga terjamin kebenarannya. c. Bahasa yang dipakai/digunakan singkat, padat dan jelas. d. Menarik, yaitu informasi yang memiliki daya tarik atau daya pikat.
  7. 7. Jenis-Jenis Informasi 1. Absolut Information, merupakan “pohonnya” informasi yaitu jenis informasi yang disajikan dengan suatu jaminan dan tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut. 2. Substitusional Information, jenis informasi yang merujuk pada kasus dimana konsep informasi digunakan untuk sejumlah informasi. Dalam pengertian ini informasi kadang kala diganti dengan istilah komunikasi.
  8. 8. 3. Philosophic information, jenis informasi yang berkaitan dengan konsep-konsep yang menghubungkan informasi pada pengetahuan dan kebijakan. 4. Subjective information, jenis informasi yang berkaitan dengan perasaan dan informasi manusia. Kehadiran informasi ini bergantung pada orang yang menyajikannya.
  9. 9. 5. Objective information, jenis informasi yang merujuk pada karakter logis informasi-informasi tertentu. 6. Cultural information, informasi yang memberikan tekanan pada dimensi cultural.
  10. 10. Komponen-Komponen Informasi 1. Root of Information, yaitu komponen inti dari informasi pada tahap keluaran pertama sebuah proses pengolahan data yang biasanya disampaikan oleh orang pertama. 2. Bar of Information, yaitu merupakan badan/batangnya dari informasi yang disajikan dan memerlukan informasi pendukung,agar informasi inti dapat diketahui secara utuh. Contoh : headline surat kabar agar pembaca jelas maka harus membaca informasi selanjutnya.
  11. 11. 3. Branch of information, yaitu informasi dapat dipahami apabila informasi sebelumnya telah dipahami. Misalnya, ketika kita membaca glosarium atau indeks ketika membaca sebuah buku. 4. Stick of Information, yaitu komponen informasi yang sederhana dari cabang informasi. Bentuk dari informasi ini biasanya berbentuk pengayaan pengetahuan, kedudukannya hanya sebagai pelengkap, terhadap informasi yang ada.
  12. 12. 5. Bud of Information, yaitu komponen informasi yang si fatnya semi mikro namun sangat dibutuhkan, sehingga diwaktu mendatang informasi ini akan berkembang dan dicari orang. Misalnya informasi tentang multiple intelligence,hypoteaching,kurikulum masa depan, dan lain-lain. 6. Leaf of Information, yaitu informasi pelindung untuk menjelaskan kondisi dan situasi ketika informasi itu muncul ke permukaan, seperti informasi tentang perkiraan cuaca, perkiraan kemarau panjang, perkiraan gempa atau gerhana matahari/bulan.

×