Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Algoritma di media sosial (2018)

2,558 views

Published on

Mengenal algoritma di media sosial, termasuk Facebook, Twitter dan Instagram untuk mengoptimalkan engagement. Kenali kanalmu sebelum membuat konten.

Published in: Social Media
  • Login to see the comments

Algoritma di media sosial (2018)

  1. 1. ALGO di Media Sosial RITMA
  2. 2. intro duction
  3. 3. dandycahyo.com ALGOritmaKita banyak berbicara tentang algoritma di media sosial. Namun apakah kita sungguh paham tentang algoritma ini? Media sosial telah memberi pengaruh pada kita mengenai bagaimana kita mengakses informasi dan juga berkomunikasi tentang orang lain. Tak cuma digunakan personal, media sosial juga kemudian dimanfaatkan oleh komunitas, brand maupun pemerintahan untuk menjangkau audiensnya.
  4. 4. dandycahyo.com ALGOritmaAlgoritma ini sendiri sederhananya adalah sebuah rumusan, kalkulasi matematika. Media sosial sendiri juga memiliki algoritma, yang menentukan arus informasi dan amplifikasi dari konten yang diproduksi.
  5. 5. dandycahyo.com ALGOritmaRumusan agar kita mengerti bagaimana kita mampu memaksimalkan usaha kita membuat konten dan dampak (dalam hal ini adalah return of investment) dari konten tersebut.
  6. 6. dandycahyo.com ALGOritmaAlgoritma Media Sosial saat ini, pada dasarnya berpijak pada percakapan dan interaksi. Media sosial yang tujuan awalnya adalah menghubungkan orang, akhirnya kembali pada tujuannya. Siapa saja yang sering mereka like, konten seperti apa yang mereka cari, kembali dihadirkan dengan frekuensi lebih sering di newsfeed.
  7. 7. face book
  8. 8. dandycahyo.com Meaningful interactions will be prioritized. Source: Facebook. Via: Matt Navarra
  9. 9. dandycahyo.com discussionFacebook percaya bahwa Discussion adalah percakapan yang berkualitas. Untuk itu konten-konten yang akan diprioritaskan adalah diskusi di antara keluarga dan teman dekat, sehingga relevansi akan tetap terjaga.
  10. 10. dandycahyo.com A Photo BasedKini foto tanpa teks (atau minim teks) lebih diprioritaskan untuk tampil daripada visual dengan banyak desain dan teks di dalamnya, begitu pun tentang video.
  11. 11. dandycahyo.com Live VideoLive Video dianggap lebih banyak mengajak orang berinteraksi, oleh karena itu Facebook Live akan lebih diprioritaskan daripada hanya sekedar posting video biasa.
  12. 12. dandycahyo.com External LinkAlangkah lebih baik jika ada post yang tidak diberi link khusus, karena post ini akan lebih diprioritaskan.
  13. 13. dandycahyo.com No click baitAlgoritma Facebook yang baru ini tercipta karena Facebook ingin memerangi click-bait content. Untuk itu susunlah caption dengan apa adanya, namun dikemas menarik.
  14. 14. dandycahyo.com Ask for share or commentBiarkan audiens memahami benar-benar kontenmu, dan ketika kontenmu bagus dengan sendirinya akan dibagikan oleh banyak orang. Facebook mementingkan konten yang berkualitas.
  15. 15. dandycahyo.com PromotionAlgoritma di Facebook berusaha menghindari kata-kata “free”, “gratis”, “promotion”, “discount”, “sale”, dan sebagainya. Lebih baik untuk menjelaskan produk secara lebih relevan ke audiens.
  16. 16. dandycahyo.com commentPostingan yang diberi komen panjang, pastinya akan diprioritaskan untuk tampil. Konten akan semakin engage jika banyak orang berdiskusi tentang konten tersebut.
  17. 17. dandycahyo.com LinkKonten dengan link, sebaiknya dibagikan melalui Facebook Messenger agar tercipta interaksi di dalamnya. Hal ini memang lebih personal, namun akan dinilai lebih efektif.
  18. 18. dandycahyo.com Brand postBagaimana brand bisa tampil efektif di Facebook? Sebuah konten brand yang di-engage oleh inner circlemu (keluarga atau teman yang sering berinteraksi) akan lebih diprioritaskan untuk tampil di newsfeed karena dianggap lebih relevan.
  19. 19. twi tter
  20. 20. dandycahyo.com In case you missed itSering melihat kata-kata ini di Twitter? Twitter akan berusaha menunjukkan padamu tentang konten-konten yang (mungkin) relevan untuk dibaca, beserta profil yang juga relevan.
  21. 21. dandycahyo.com relevancyTwitter mementingkan relevansi, di mana audiens bisa melihat tweet yang dari orang yang sering berinteraksi dengan kita, tapi tidak dalam waktu yang cukup lama.
  22. 22. dandycahyo.com timingTiming adalah salah satu unsur penting dalam Twitter, di mana urutan konten dan kemungkinan konten lama yang engage dengan kita, adalah dua prioritas konten.
  23. 23. dandycahyo.com profileSemakin sebuah akun kredibel, maka kontennya akan lebih diprioritaskan untuk tampil sebagai konten “in case you missed it”. Pastikan kamu juga telah mengisi nama, biodata, lokasi, link, foto dan lain-lain)
  24. 24. dandycahyo.com 280Twitter telah mengubah batas karakternya dari 140 ke 280 characters. Semakin kita memaksimalkan konten di batas maksimal Twitter, maka engagement rate akan lebih tinggi.
  25. 25. dandycahyo.com Like, reply and retweetInteraksi berupa reply, retweet dan like puna skor tersendiri di twitter. Maka maksimalkanlah akun twitter dengan pola ini.
  26. 26. dandycahyo.com Time spentWaktu yang dihabiskan untuk membaca sebuah tweet atau mengunjungi akun akan berimbas pada konten yang sedang/akan kamu lihat, meskipun kita tidak melakukan tindakan apa-apa (hanya membaca)
  27. 27. dandycahyo.com everydayPosting tweet setiap hari dan memberikan konten untuk mereka pertanda yang baik untuk algoritma di twitter. Misalnya, jika engagement tweetmu bagus di beberapa hari yang lalu, algoritma twitter akan menampilkan tweet tersebut bagi mereka yang belum melihat.
  28. 28. insta gram
  29. 29. dandycahyo.com Regularly activeInstagram mengajakmu untuk menjadi content creator, untuk selalu aktif di Instagram, baik itu untuk mem-posting konten, maupun berinteraksi dengan followingmu.
  30. 30. dandycahyo.com FeaturePosting dalam waktu yang teratur, atau setidaknya setiap hari, akan memudahkanmu untuk tampil lebih sering di timeline followersmu.
  31. 31. dandycahyo.com GenreJika kamu sering berinteraksi dengan genre konten tertentu, maka genre inilah yang lebih sering ditampilkan.
  32. 32. dandycahyo.com HashtagsBagaimana penggunaan hashtag yang baik? Tidak perlu banyak-banyak menggunakan Hashtag, cukup pilih yang penting saja. Hashtag juga akan lebih banyak membantu kontenmu untuk masuk ke bagian explore.
  33. 33. dandycahyo.com communityKarena tujuan awal dari instagram adalah menciptakan sebuah ruang bagi komunitas, maka konten- konten yang terbangun dalam komunitas yang baik akan meningkatkan nilai sebuah konten.
  34. 34. dandycahyo.com engageRelevansi juga menjadi kunci di Instagram. Seringlah berinteraksi dengan tipe konten yang serupa dengan konten yang biasanya dipost di instagrammu. Jangan khawatir dengan waktu, karena Instagram berbeda dengan Twitter.
  35. 35. dandycahyo.com relationshipsInstagram juga melihat dengan siapa kamu sering berinteraksi, sehingga feed juga akan disesuaikan dengan circle terdekatmu dahulu.
  36. 36. dandycahyo.com Direct shareTak hanya yang ada di feed, Instagram juga mencatat konten-konten atau akun yang sering dibagikan melalui direct message. Dari sini akan terlihat bahwa minat seseorang ada di mana.
  37. 37. dandycahyo.com searchAkun-akun atau hashtag yang sering dicari, biasanya akan lebih mudah muncul di tab explore. Misalnya kamu sering mencari akun X padahal tidak mengikutinya, maka kemungkinan postingan akun X tampil di tab exploremu ke depannya lebih besar.
  38. 38. Sumber: https://www.stedavies.com/social-media-algorithms-guide/ https://blog.bufferapp.com/instagram-algorithm https://blog.bufferapp.com/facebook-algorithm social media audit by mrene.co
  39. 39. thank You! Dandy Cahyo | dandy@cahyo.in Digital Communication Specialist https://www.linkedin.com/in/dandycahyo/ www.dandycahyo.com

×