Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
AJI & JURNALISME WARGA 
Dipresentasikan pada Kongres IX AJI di Bukittinggi, 
(29 November 2014) untuk membuka peluang jurn...
PENGGUNA INTERNET INDONESIA
AKUN BLOG
KASUS TERJERAT UU ITE
BELAJAR DARI KESALAHAN 
• Jurnalis dan bukan jurnalis dibedakan dari karya dan 
disiplinnya menegakkan kode etik dan mener...
Contoh 
infotainment 
yang baik 
(pilihan berita 
berbasis 
urusan 
publik)
Contoh berita yang 
masuk ke urusan pribadi 
(pernikahan menteri 
dengan penyanyi 
keroncong)
Contoh berita hiburan 
(infotainment) yang tidak 
ada kaitannya dengan 
kepentingan publik.
Contoh berita 
hiburan 
(infotainment) 
yang tidak ada 
kaitannya dengan 
kepentingan 
publik. Invasi pada 
kehidupan prib...
PARADOKS 
• Di sisi lain, ada media dan jurnalis yang sungguh-sungguh 
menjalankan agenda-agenda jurnalisme meski 
bukan b...
JURNALISME 
isi 
KKEEPPEENNTTIINNGGAANN PPUUBBLLIIKK 
cara mencari 
KKOODDEE EETTIIKK JJUURRNNAALLIISSTTIIKK 
penyampaian ...
• Lembaga sosial 
• Wartawan = teratur melakukan kegiatan jurnalistik (bukan selalu bekerja di 
perusahaan pers)
FILOSOFI 
KONSTITUSI & HAK ASASI 
Kebebasan Informasi 
Pers & Jurnalistik (UU Pers) 
NEGARA 
PUNYA MODAL 
WARGA 
NEGARA 
T...
AJI dan Jurnalis Warga
AJI dan Jurnalis Warga
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×
Upcoming SlideShare
GUÍA S.O.S. BEBÉ
Next
Download to read offline and view in fullscreen.

0

Share

AJI dan Jurnalis Warga

Download to read offline

Tahun 2014, untuk pertama kalinya dalam sejarah sejak berdiri 20 tahun lalu, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menetapkan Musuh Kebebasan Pers dari kalangan media sendiri, yakni para penanggung jawab stasiun televisi yang telah menyalahgunakan frekuensi selama Pemilu 2014.

Ini adalah kulminasi bahwa media dan jurnalisme yang selama ini ikut dibela AJI, telah berkhianat pada masyarakat sipil.

Di sisi lain, dengan teknologi informasi yang semakin murah dan meluas, warga juga memproduksi informasinya sendiri dengan kualitas dan intensitas yang tak kalah dengan media industri.

Dengan pemicu ini, Kongres AJI memutuskan untuk menerima keanggotaan dari kalangan jurnalis warga. Sebagian argumen yang dibangun di tengah-tengah kongres, dapat disimak dalam presentasi berikut ini.

  • Be the first to like this

AJI dan Jurnalis Warga

  1. 1. AJI & JURNALISME WARGA Dipresentasikan pada Kongres IX AJI di Bukittinggi, (29 November 2014) untuk membuka peluang jurnalis warga menjadi anggota AJI dan menguatkan demokratisasi informasi.
  2. 2. PENGGUNA INTERNET INDONESIA
  3. 3. AKUN BLOG
  4. 4. KASUS TERJERAT UU ITE
  5. 5. BELAJAR DARI KESALAHAN • Jurnalis dan bukan jurnalis dibedakan dari karya dan disiplinnya menegakkan kode etik dan menerapkan prinsip-prinsip jurnalistik. Bukan dari status badan hukum medianya. • Dalam hal infotainment, AJI masih gagap membedakan antara merk dagang media tertentu, dan substansi ‘jurnalisme gosip’ yang notabene juga bisa diproduksi oleh ‘media terhormat’. Seperti contoh berikut ini:
  6. 6. Contoh infotainment yang baik (pilihan berita berbasis urusan publik)
  7. 7. Contoh berita yang masuk ke urusan pribadi (pernikahan menteri dengan penyanyi keroncong)
  8. 8. Contoh berita hiburan (infotainment) yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan publik.
  9. 9. Contoh berita hiburan (infotainment) yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan publik. Invasi pada kehidupan pribadi dan tidak relevan untuk khalayak.
  10. 10. PARADOKS • Di sisi lain, ada media dan jurnalis yang sungguh-sungguh menjalankan agenda-agenda jurnalisme meski bukan bekerja untuk media-media berbadan hukum. Seperti syarat legal-formal ala UU Pers atau Dewan Pers. • Padahal AJI dan semangat Deklarasi Sirnagalih, tak pernah memasukkan kalkulasi legalitas sebuah merk dagang dalam hal jurnalisme, kebebasan informasi, dan hak-hak sipil (lihat slide terakhir).
  11. 11. JURNALISME isi KKEEPPEENNTTIINNGGAANN PPUUBBLLIIKK cara mencari KKOODDEE EETTIIKK JJUURRNNAALLIISSTTIIKK penyampaian PPRRIINNSSIIPP JJUURRNNAALLIISSTTIIKK
  12. 12. • Lembaga sosial • Wartawan = teratur melakukan kegiatan jurnalistik (bukan selalu bekerja di perusahaan pers)
  13. 13. FILOSOFI KONSTITUSI & HAK ASASI Kebebasan Informasi Pers & Jurnalistik (UU Pers) NEGARA PUNYA MODAL WARGA NEGARA TAK PUNYA MODAL INDUSTRI BURUH/JURNA LIS MEDIA WARGA PERSMA dewan pers Sirnagalih - AJI Suara Independen ?

Tahun 2014, untuk pertama kalinya dalam sejarah sejak berdiri 20 tahun lalu, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menetapkan Musuh Kebebasan Pers dari kalangan media sendiri, yakni para penanggung jawab stasiun televisi yang telah menyalahgunakan frekuensi selama Pemilu 2014. Ini adalah kulminasi bahwa media dan jurnalisme yang selama ini ikut dibela AJI, telah berkhianat pada masyarakat sipil. Di sisi lain, dengan teknologi informasi yang semakin murah dan meluas, warga juga memproduksi informasinya sendiri dengan kualitas dan intensitas yang tak kalah dengan media industri. Dengan pemicu ini, Kongres AJI memutuskan untuk menerima keanggotaan dari kalangan jurnalis warga. Sebagian argumen yang dibangun di tengah-tengah kongres, dapat disimak dalam presentasi berikut ini.

Views

Total views

1,786

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

27

Actions

Downloads

50

Shares

0

Comments

0

Likes

0

×