Karya andi hatijah

468 views

Published on

Karya Ilmiah

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
468
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Karya andi hatijah

  1. 1. Pentingnya Penggunaan Media Bagi Pembelajaran Geografi Geografi adalah pelajaran yang mengungkap fakta-fakta, data serta informasi seputarruang yang menjadi tempat tinggal manusia. Cakupan materinya sangat luas mencakupinformasi aspek fisik muka bumi, informasi dan karakteristik budaya manusia dan hubungankeduanya. Menjadi guru geografi mestinya memiliki pengetahuan keruangan dan pemahamandisiplin ilmu pendukungnya seperti geologi, sosiologi, meteorologi, klimatologi, oceanografi,kartografi, ilmu tanah dan astronomi. Inilah yang menjadi masalah besar bagi pembelajarangeografi yang mengalami penurunan kualitas di berbagai negara termasuk Inggris dan AmerikaSerikat akhir-akhir ini. Masalah umum yang dijumpai guru-guru geografi di Indonesia mulai dari tingkat dasarsampai pendidikan menengah adalah kurang tersedianya media pembelajaran yang mendukungproses belajar siswa. Mempelajari ruang atau permukaan bumi seperti jalur pegunungan dunia,persebaran dan karakteristik samudera, taut, gurun, dan bentukan alam lainnya tentu sangatdangkal jika hanya bermodalkan buku, peta dan informasi melalui ceramah. Media yangbersifat nyata sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Namun menghadirkanalam dan berbagai bentukan aslinya di ruang kelas sangatlah sulit atau bahkan mustahil. Lalubagaimana solusinya? Sumargiani (2003:88) mengatakan bahwa dewasa ini, kebanyakan lembaga pendidikantelah memiliki media/alat peraga yang Iumayan memadai, akan tetapi jarang atau bahkansama sekali belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran. Setidaknya banyak para guru yang enggan menggunakan media pendidikan sebagai alat bantu dalam pembelajaran, karena merasa tidak mempunyai kemampuan atau keterampilan dalam mengendalikannya.
  2. 2. Bahkan ada guru yang berpendapat bahwa penggunaaan media/alat peraga dalampembelajaran akan menghambat pencapaian standar kompetensi atau kompetensi dasaryang telah ditetapkan. Guru menilai penggunaan media/alat peraga menguragi efektifitasdan pengelolaan alokasi waktu tidak maksimal. Salah satu cara menghadirkan bentukan alam nyata di dalam kelas adalah melaluipenggunaan multimedia yaitu dengan visual dan video. Kedua media ini masih memerlukanperangkat tambahan yaitu pengetahuan guru menggunakan alat (teknologi) untukmemvisualisasikan kedua media ini misalnya melalui program komputer dan ketersediaanmedia yang dibutuhkan. Ada 7 Iangkah mudah mengembangkan multimedia pembelajaran terutama geografiyaitu:1. TENTUKAN JENIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN Perhatikan dengan benar, yang akan kita buat itu apakah alat bantu kita untuk mengajar(presentasi) ke siswa atau kita arahkan untuk bisa dibawa pulang siswa alias untuk belajarmandiri di rumah atau sekolah. Jenis multimedia pembelajaran menurut kegunannya ada dua:Multimedia Presentasi Pembelajaran: Alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelasdan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Berupa pointer-pointer materi yangdisajikan (explicit knowledge) dan bisa raja ditambahi dengan multimedia linear berupa filmdan video untuk memperkuat pemahaman siswa. Dapat dikembangkan dengan softwarepresentasi seperti: OpenOffice Impress, Microsoft PowerPoint, dsb. MultimediaPembelajaran Mandiri:
  3. 3. Software pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri alias tanpa bantuanguru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge(pengetahuan tertulis yang ada di buku, artikel, dsb) dan tacit knowledge (know how, rule ofthumb, pengalaman guru). Tentu karena menggantikan guru, harus ada fitur assesment untuklatihan, ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalahnya. Untuk level yangkompleks dapat menggunakan software semacam Macromedia Authorware atau Adobe Flash. TEN TU K A N TEMA MA TERI A J A R Ambil tema bahan ajar yang menurut kita sangat membantu meningkatkan pemahaman kesiswa dan menarik bila kita gunakan multimedia. Inge bahwa tujuan utama kita membuatmultimedia pembelajaran adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jangan terjebak kememindahkan buku ke media digital, karena ini malah mempersulit siswa. SUSUN ALUR CERITA (STORYBOARD) Susun alur cerita atau storyboard yang memberi gambaran seperti apa materi ajar akandisampaikan. Jangan beranggapan bahwa storyboard itu hal yang susah, bahkan point-pointsaja asalkan bisa memberi desain besar bagaimana materi diajarkan sudah lebih dari cukup.Cara membuatnya juga cukup dengan software pengolah kata maupun spreadsheet yang kitakuasai, tidak perlu muluk-muluk menggunakan aplikasi pembuat storyboard professional. MU L A I BU A T S EK A RAN G J UG A ! Jangan menunda atau mengulur waktu lagi, buat sekarang juga! Siapkan OpenofficeImpress atau Microsoft PowerPoint anda. Mulai buat slide pertama, isikan bahan ajar yang inginanda multimedia-kan. Terus masukkan bahan ajar anda di slide slide berikutnya, mulai mainkanimage, link dengan gambar, suara dan video yang bisa kita peroleh dengan gampang di Internet.
  4. 4. Bisa juga memanfaatkan situs howstuffworks.com untuk mencari ide Jangan lupa juga bahwabanyak pemenang-pemenang lomba pengembangan multimedia pembelajaran yang hanyabermodal Openoffice Impress atau PowerPoint sudah cukup membuat karya yang berkualitastinggi. GUNAKAN TEKNIK ATM Terapkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Usahakan sering melihat contoh-contoh yang sudah ada untuk membangkitkan ide. Gunakan logo, icon dan image yang tersediasecara default. Apabila masih kurang puas: Cari dari berbagai sumber Buat sendiri apabilamampu. TETAPKAN TARGET Jaga keseriusan proses belajar dengan membuat target pribadi, misalnya untuk mengikutilomba, memenangkan award, menyiapkan produk untuk dijual, atau deadline jadwal mengajardi kelas. Target perlu supaya proses belajar membuat multimedia pembelajaran terjaga danbisa berjalan secara kontinyu alias tidak putus di tengah jalan. INGAT TERUS TIGA RESEP DARI SUCCESS STORY kesuksesan bapak ibu guru dalam mengembangkan multimedia pembelajaran bukandari kelengkapan infrastruktur atau berlimpahnya budget yang dimiliki, tapi justru dari ketigahal ini: Berani mencoba dan mencoba lagi belajar mandiri (otodidak) dari buku-buku yang ada(perlu investasi membeli buku), serta tekun dan tidak menyerah meskipun peralatan terbatas.
  5. 5. / Kenyataan ini merupakan tantangan bagi guru untuk memaksimalkan penggunaanmedia/alat peraga dalam pembelajaran geografi, karena sangat membantu guru dalammenyampaikan suatu pengetahuan atau konsep kepada siswa. Di samping itu, denganmenggunakan media/alat peraga juga dapat mempercepat proses pembelajaran. Sehingga hasilbelajar dapat tercapai dengan baik.

×