Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Science (IPA) Grade 7 Organisasi Kehidupan

6,117 views

Published on

Science (IPA) Grade 7 Organisasi Kehidupan

  1. 1. TUGAS IPA1. Cynthia Eka Wahyuni2. Litani Ascentia3. Rahmah Khairunnisa4. Rosida Dwi Hastuti
  2. 2. Sel Jaringan Organ TubuhSistem Organ tubuhTubuh Organisme
  3. 3.  Organisme yang terdiri dari satu sel disebut uniseluler Contoh nya seperti : Bakteria, Amoeba, Pramecium, dan Euglene
  4. 4.  Organisme yang terdiri dari banyak sel disebut multiseluler Contohnya seperti : manusia
  5. 5. A. SEL Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup Sel pertama kali ditemukan oleh Robert Hooke seorang ahli fisika dan matematika dari Inggris pada tahun 1665. Robert Hooke mengamati irisan gabus penutup botol dengan miksroskop dan menemukan rongga-rongga kecil seperti sarang lebah dan menyebutkan sel itu seperti kotak sarang lebah atau sel penjara.
  6. 6.  Di dalam sel terdapat 3 bagian utama,yaitu : Membran Sel (Selaput Sel), Inti Sel (Nukleus), dan Sitoplasma. Membran Sel (Selaput Sel) Inti Sel (Nukleus) Sitoplasma
  7. 7. 1. MEMBRAN SEL (SELAPUT SEL) Membran Sel atau Selaput sel merupakan batas antara bagian luar dan dalam sel, berfungsi sebagai pengatur keluar masuknya zat dan pelindung sitoplasma. Melalui membran sel ini berbagai zat seperti oksigen dan zat makanan masuk ke dalam sel, sedangkan zat sisa keluar dari dalam sel.
  8. 8. 2. INTI SEL (NUKLEUS) Inti sel merupakan bagian terpenting yang mengatur seluruh kegiatan sel. Fungsinya sebagai pengatur seluruh kegiatan sel. Di dalam inti sel terdapat kromosom yang berperan dalam menentukan sifat keturunan (heredias).
  9. 9. 3. SITOPLASMA Sitoplasma merupakan cairan yang mengisi seluruh bagian sel. Sitoplasma berada di antara membran sel dan membran inti. Komponen sitoplasma terbesar adalah air (± 80% – 90%) dan bahan-bahan terlarut seperti karbohidrat, protein, lemak, dan garam-garam mineral. Selain itu terdapat benda-benda khusus yang disebut dengan organel sel dan rongga sel (vakuola)
  10. 10.  Di dalam organel sel tersebut terdapat, antara lain : • Ribosom : Sebagai tempat pembentukan protein • Badan Golgi : Sebagai alat pengeluaran • Kloroplas : Zat warna hijau daun • Dsb. • Ribosom Kloroplas Badan Golgi
  11. 11. B. JARINGAN Jaringan adalah kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Macam-macam jaringan,yaitu :  Jaringan pada tumbuhan,dan  Jaringan pada hewan dan manusia
  12. 12. 1. JARINGAN PADA TUMBUHANa) Jaringan Epidermis,yaitu jaringan yang melapisi permukaan tubuh tumbuhan jaringan ini tersusun rapat berfungsi untuk sebagai jaringan pelindung.b) Jaringan Meristem, yaitu tersusun atas sel-sel yang selalu membelah.c) Jaringan Pengangkutan,yaitu jaringan sebagai pembuluh yang mengangkut air dan zat-zat makanan. Ada 2 macam jaringan pengankutan,yaitu : Jaringan Floem dan Xilem.d) Jaringan Penyokong,yaitu sel-sel dinding yang mengalami penebalan.e) Jaringan Parenkim,yaitu jaringan dasar yang terdapat di antara jaringan-jaringan lainnya.
  13. 13. 2. JARINGAN PADA HEWAN DAN MANUSIA Jaringan Epitel, merupakan jaringan yang melapisi permukaan tubuh. Jaringan Otot, merupakan jaringan yang tersusun atas sel-sel otot dan bersifat lentur. Terdapat 3 macam jaringan otot,yaitu : Otot Polos, Otot Lurik, Otot Jantung Jaringan Syaraf, merupakan jaringan yang tersusun atas sel-sel syaraf. Jaringan Ikat, merupakan jaringan yang menghubungkan bagian tubuh dengan bagian tubuh yang lain. Jaringan Penyokong, merupaka jaringan yang terdiri dari jaringan tulang rawan, dan jaringan tulang.
  14. 14. GAMBAR-GAMBAR JARINGAN Meristem Epidermis Sklerenkim ParenkimJaringan Jaringan pengikat Otot polos Otot jantung Otottulang serat pada ligamen rangka/lurik
  15. 15. C. ORGAN Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melaksanakan fungsi tertentu. Organ pada makhluk hidup beragam kelengkapannya, semakin tinggi tingkatan suatu makhluk maka organ-organnya semakin lengkap. Misalnya antara ikan dengan sapi, tentunya organ pada sapi lebih banyak dan kompleks dibandingkan organ pada ikan. Organ pada manusia lebih lengkap dibandingkan hewan dan tumbuhan Setiap organ memiliki fungsi khusus, misalnya mata untuk melihat, lambung untuk mencerna makanan, dan hidung untuk mencium bau.
  16. 16. D. SISTEM ORGAN Sistem Organ adalah kumpulan organ-organ dengan sistem tertentu. Contoh sistem organ pada manusia adalah sistem pernapasan yang tersusun dari organ hidung, tenggorokan, bronkus, bronkiolus, d an paru-paru.

×