Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Analisis iklan axe indonesia

1,240 views

Published on

Issues in Advertising Analisis : Axe Indonesia Example

Published in: Education
  • Be the first to comment

Analisis iklan axe indonesia

  1. 1. Issues in Advertising Axe Indonesia Oleh : Cut Ayu Rahimainita (1406556412)
  2. 2. Iklan Axe Indonesia : Axe Black, Axe Twist, dan The Axe Effect Axe Black Cut Ayu_1406556412_AxeBlack Axe Twist Cut Ayu_1406556412_AxeTwist The Axe Effect Cut Ayu_1406556412_AxeEffect
  3. 3. AXE BLACK Video : Cut Ayu_1406556412_AxeBlack
  4. 4. AXE BLACK Issues in Advertising Media Beriklan Tinjauan : Receiver Tinjauan : Pengiklan
  5. 5. Axe Black: Issues in Advertising Pada iklan Axe Black ini dipenghujung iklan dikatakan bahwa Axe Black diciptakan oleh ahli parfum terbaik dunia. Which means dimaksudkan agar para khalayak beranggapan bahwa body spray yang terbaik adalah body spray yang dihasilkan ahli parfum terbaik sehingga menciptakan aroma yang terbaik. Walaupun tanpa adanya fakta siapakan ahli parfum terbaik dunia tersebut. Pada iklan ini, terdapat jenis stereotype yang muncul ada beberapa yang pertama adalah Senior Citizens dimana pada iklan tersebut menunjukan pria-pria usia lanjut yang memilik dan menghamburkan uang banyak untuk wanita. Selain itu ada juga stereotype women in advertisement yang menunjukan bahwa wanita-wanita masa kini dengan pakaian terbuka warna merah (bermakna berani) bisa didapatkan dengan uang. Perbedaan ‘rasa’ yang dalam konteks iklan ini adalah ‘bau’ bagi setiap orang tentunya berbeda-beda. Bau yang dinilai ‘wangi’ oleh satu orang belum tentu dianggap ‘wangi’ bagi orang lain. Dalam iklan ini Axe berusaha menganggap bahwa Axe Black memiliki aroma yang mewah. Padahal, mewah adalah relative.
  6. 6. Axe Black: Media Beriklan Media Beriklan Televisi (Swasta) Waktu Tayang Tahun 2015
  7. 7. TINJAUAN AXE BLACK: MASYARAKAT UMUM Tanggapan Masyarakat Pada Umumnya Menurut saya secara umum baik pria maupun wanita akan menganggap bahwa iklan ini tidak memiliki efek yang begitu buruk atau menyalahi sebuah aturan yang penting. Selain itu laki-laki sebagai pemeran utam di iklan tersebut memiliki look yang cukup good. Kenapa Iklan Tersebut Kurang Diterima? Karena iklan tersebut terkesan dewasa selain itu terdapat perempuan yang berseliweran dengan pakaian minim dengan uang yang bertebaran. Pelanggaran kode etik, etika, atau adat Sebenarnya pelanggaran ketiga hal tersebut tidak terlalu nampak pada iklan ini.
  8. 8. TINJAUAN AXE BLACK: PENGIKLAN Kenapa iklan dengan eksekusi semacam itu dibuat? Karena dengan target audience laki-laki, uang dan wanita adalah daya Tarik yang besar selain itu axe berusaha menjadikan ‘cowok kalem’ sebagai a new hits thing. Apakah kekhawatiran masyarakat dipertimbangkan? Apabila kekhawatiran yang dimaksud adalah dampak yang ditimbulkan kepada anak-anak jawabannya adalah ya, yaitu dengan pemilihan waktu penayangan iklan tersebut yaitu di saat-saat dimana anak-anak bersekolah (siang hari weekdays) dan saat anak-anak umumnya sudah tidur (diatas pukul 21.00)
  9. 9. AXE TWIST Video : Cut Ayu_1406556412_AxeTwist
  10. 10. AXE TWIST Issues in Advertising Media Beriklan Tinjauan : Receiver Tinjauan : Pengiklan
  11. 11. AXE TWIST : ISSUES IN ADVERTISING Sex in Advertising Stereotype in Advertising Taste and Advertising Secara umum, seluruh iklan axe baik dalam maupun luar negeri menonjolkan isu yang satu ini dalam setiap iklannya. Pada iklan ini misalnya, dari awal iklan sampai akhir menunjukan proses dari pakaian yang pada awalnya agak tertutup makin ke akhir makin terbuka. Pada iklan ini, terdapat jenis stereotype yang paling sering digunakan yaitu Women in Advertisement. Iklan ini dan iklan- iklan Axe pada umumnya wanita terkesan ‘nakal’ dengan gesturnya yang sensual. Selain itu stereotype bahwa kaum hawa adalah tipe yang manja juga cukup terlihat. Selain itu dengan salah satu tagline ‘cewek gampang bosen’ itu menunjukan sebuah stereotype. Perbedaan ‘rasa’ yang dalam konteks iklan ini adalah ‘bau’ bagi setiap orang tentunya berbeda-beda. Bau yang dinilai ‘wangi’ oleh satu orang belum tentu dianggap ‘wangi’ bagi orang lain. Dalam iklan ini Axe berusaha menganggap bahwa aroma Axe akan selalu dinilai harum oleh para wanit dan membuat para wanita tergila-gila dan jadi ‘betah’.
  12. 12. AXE TWIST : MEDIA BERIKLAN Media Beriklan Televisi (Swasta) Waktu Tayang Sekitar Tahun 2010
  13. 13. TINJAUAN AXE TWIST : MASYARAKAT UMUM Tanggapan Masyarakat Pada Umumnya Secara umum respon positif masyarakat datang dari soundtrack yang dipilih dan ide kreatif dalam pembuatan iklan walaupun iklan ini merupakan sebuah iklan ‘franchise’ dari iklan axe global yang narasinya di alih bahasakan ke bahasa Indonesia. Kenapa Iklan Tersebut Kurang Diterima? Karena terdapat ketidak sesuaian dengan logika dimana wanita lebih akan ‘betah’ apabila wangi dari sang pria berubah- ubah selain itu perubahan tersebut divisualkan dengan penampilan fisik dari si pria itu sendiri. Pelanggaran kode etik, etika, atau adat Sebenarnya pelanggaran ketiga hal tersebut tidak terlalu nampak pada iklan ini namun terdapat ketidaksesuaian dengan budaya dimana iklan ini ditayangkan (Indonesia) dimana wanita disini biasanya lebih pemalu.
  14. 14. TINJAUAN AXE TWIST : PENGIKLAN Kenapa iklan dengan eksekusi semacam itu dibuat? Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini adegan yang berbau seksual dan sensual menjadi daya tarik yang cukup besar. Apalagi target pasar dari Axe ini sendiri ada para kaum adam yang dikenal sebagi penggemar seks dan penyuka lekuk-lekuk tubuh wanita. Oleh sebab itu pembuatan iklan dengan eksekusi semacam itu dibuat karena menyesuaikan dengan target market dan target audience sekaligus. Apakah kekhawatiran masyarakat dipertimbangkan? Apabila kekhawatiran yang dimaksud adalah dampak yang ditimbulkan kepada anak-anak jawabannya adalah ya, yaitu dengan pemilihan waktu penayangan iklan tersebut yaitu di saat-saat dimana anak-anak bersekolah (siang hari weekdays) dan saat anak-anak umumnya sudah tidur (diatas pukul 21.00)
  15. 15. THE AXE EFFECT Video : Cut Ayu_1406556412_AxeEffect
  16. 16. THE AXE EFFECT Issues in Advertising Media Beriklan Tinjauan : Receiver Tinjauan : Pengiklan
  17. 17. THE AXE EFFECT : ISSUES IN ADVERTISING Sex in Advertising Stereotype in Advertising Taste and Advertising Secara umum, seluruh iklan axe baik dalam maupun luar negeri menonjolkan isu yang satu ini dalam setiap iklannya. Pada iklan ini misalnya, gestur tubuh pada wanita yang melekuk-lekuk ditambah sorotan kamera yang beberapa kali mengarah kebagian dada wanita yang telah ‘didesign’ dengan pakaian terbuka berwarna merah yang mana identik dengan warna yang berani, menantang, dan seksi. Selain itu cara wanita pada iklan tersebut meniupkan nafasnya pada kaca mobil juga terkesan ‘menantang’. Pada iklan ini, terdapat jenis stereotype yang paling sering digunakan yaitu Women in Advertisement. Iklan ini dan iklan- iklan Axe pada umumnya wanita terkesan ‘nakal’ dengan gesturnya yang sensual. Selain itu stereotype bahwa kaum hawa adalah tipe yang manja juga cukup terlihat. Dengan memberikan nomer telepon pada orang yang tidak dikenal kasarnya, wanita adalah makhluk yang ‘gampang’. Perbedaan ‘rasa’ yang dalam konteks iklan ini adalah ‘bau’ bagi setiap orang tentunya berbeda-beda. Bau yang dinilai ‘wangi’ oleh satu orang belum tentu dianggap ‘wangi’ bagi orang lain. Dalam iklan ini Axe berusaha menganggap bahwa aroma Axe akan selalu dinilai harum oleh para wanit dan membuat para wanita tergila-gila.
  18. 18. THE AXE EFFECT : MEDIA BERIKLAN Media Beriklan Televisi (Swasta) Waktu Tayang Sekitar Tahun 2008
  19. 19. TINJAUAN THE AXE EFFECT : MASYARAKAT UMUM Tanggapan Masyarakat Pada Umumnya Masyarakat, terutama kaum pria umumnya menyukai iklan ini karena wanita yang menjadi model di iklan ini dinilai cantik dan sexy. Namun, banyak wanita yang risih dengan iklan ini, dan dinilai aneh karena menurut mereka wanita tidak akan semudah itu untuk memberikan nomer teleponnya kepada pria yang belum dikenal apalagi hanya karena pria tersebut smells good. Kenapa Iklan Tersebut Kurang Diterima? Selain karena menunjukan gerakan-gerakan yang tidak senonoh apalagi apabila iklan ini ditonton oleh anak kecil, iklan ini juga memfokuskan pada bagian-bagian tertentu pada tubuh wanita yang dinilai cukup ‘mengundang’. Pelanggaran kode etik, etika, atau adat Sebenarnya pelanggaran ketiga hal tersebut tidak terlalu nampak pada iklan ini namun terdapat ketidaksesuaian dengan budaya dimana iklan ini ditayangkan (Indonesia) dimana wanita disini biasanya lebih pemalu dan lebih tertutup pakaiannya.
  20. 20. TINJAUAN THE AXE EFFECT : PENGIKLAN Kenapa iklan dengan eksekusi semacam itu dibuat? Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini adegan yang berbau seksual dan sensual menjadi daya tarik yang cukup besar. Apalagi target pasar dari Axe ini sendiri ada para kaum adam yang dikenal sebagi penggemar seks dan penyuka lekuk-lekuk tubuh wanita. Oleh sebab itu pembuatan iklan dengan eksekusi semacam itu dibuat karena menyesuaikan dengan target market dan target audience sekaligus. Apakah kekhawatiran masyarakat dipertimbangkan? Apabila kekhawatiran yang dimaksud adalah dampak yang ditimbulkan kepada anak-anak jawabannya adalah ya, yaitu dengan pemilihan waktu penayangan iklan tersebut yaitu di saat-saat dimana anak-anak bersekolah (siang hari weekdays) dan saat anak-anak umumnya sudah tidur (diatas pukul 21.00)
  21. 21. REFERENSI http://eprints.uns.ac.id/2310/ diakses pada : Senin, 12 Oktober 2015 Pukul 19:10 WIB http://eprints.undip.ac.id/14065/ diakses pada : Senin, 12 Oktober 2015 Pukul 19:36 WIB

×