Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Advertising Analysis NIKE Risk Everything 2014

446 views

Published on

Analisis iklan NIKE Risk Everything untuk Mata Kuliah Pengantar Periklanan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia 2014

Published in: Education
  • Be the first to comment

Advertising Analysis NIKE Risk Everything 2014

  1. 1. TUGAS 2 By : CutAyu Rahimainita(1406556412)
  2. 2. IKLAN NIKE Sebelum dan sesudah pelaksaan Piala Dunia 2014 apparel olahraga, NIKE, meluncurkan beberapa iklan yang sebenarnya berdurasi cukup panjang. Oleh sebab itu pada beberapa media durasi dari iklan-iklan tersebut dipersingkat atau hanya ditampilkan teasernya, dan di media atau kesempatan lainnya iklan tersebut ditampilkan secara utuh namun dibuat skip-able. Pada tahun 2014 secara keseluruhan NIKE menggunakan slogan ‘Risk Everything’ dan dijadikan sebagai slogan utama yang melekat pada setiap media promosi bahkan menjadi hashtag yang cukup tenar di sosial media pada kala itu, #RISKEVERYTHING.
  3. 3. IKLAN NIKE PRA PIALA DUNIA : The Last Game’ Dengan latar belakang kota Rio de Janiero sebagai salah satu icon Negara Brazil yang merupakan tuan rumah Piala Dunia 2014, iklan animasi dengan durasi 05:27 menit (Video A) ini jelas terlalu panjang untuk ditayangkan di TV Komersial. Oleh sebab itu diberikan beberapa teaser yang tayang pada media televisi. Beberapa iklan tersebut menayangkan cuplikan dari ‘The Last Game’ tanpa memperkenalkan secara langsung produk NIKE yang diusung (Video B), namun sebagian lainnya tidak menayangkan cuplikan ‘The Last Game’ namun dengan konsep yang sama, memperkenalkan produk NIKE yang diusung, secara langsung (Video C).
  4. 4. IKLAN ‘The Last Game’ Full Version (Video A) TARGET AUDIENCE Target Audience sekaligus target market dari iklan ini sama, yaitu penikmat olahraga sepakbola. BIG THEME NIKE ingin menunjukan kepada target audiencenya bahwa NIKE, seperti para pecinta sepak bola yang lain, percaya bahwa pertandingan sepak bola yang sesungguhnya adalah pertandingan yang cerdas, menantang, dan gagah. Selain itu juga menunjukan kebernian dalam mengambil resiko adalah hal yang penting dalam sepak bola seperti yang ditunjukan oleh Cristiano, Zlatan, Neymar, Rooney, Iniesta, Ribery, David Luiz dan Tim Howard dalam iklan tersebut. MEDIA Khusus iklan ini mengingat durasinya yang cukup lama, hanya muncul di media berbasis internet seperti YouTube yang skip-able, selain itu juga muncul sebagai pop-up ad yang pernah saya temukan pada situs penyedia berita olahraga seperti Goal.com dan Bola.net hal tersebut menyesuaikan dengan target audience yang merupakan pecinta olahraga sepakbola. TAGLINE Secara seragam, materi promosi NIKE di tahun 2014 menggunakan tagline Risk Everything yang mereka gunakan di semua materi promosi hingga puncaknya menjadi trending topic dunia dengan #RISKEVERYTHING di media sosial twitter.
  5. 5. Lanjutan.. EKSEKUSI IKLAN – Emosional Dengan dibuatnya iklan ini dalam bentuk animasi sudah jelas bahwa eksekusi iklan ini tidak rasional. Dengan tujuan untuk menyentuh semangat sepakbola para pecintanya iklan ini berusaha untuk membangkitkan imajinasi target audiencenya dengan membawa olahraga sepakbola to the next level. USP Unique Selling Point dari NIKE selalu produk olahraga yang berkualitas tinggi dan digunakan mega bintang. Namun, pada iklan ini berfokus pada bidang olahraga sepakbola. AD APPEALS  Humor Appeals Humor merupakan salah satu daya tarik utama dalam iklan ini seperti yang ditampilkan ketika Zlatan berusaha menjual buku tentangnya, Cristiano Ronaldo menjadi manekin pakaian renang, Neymar dan David Luis menjadi penata rambut, Neymar selfie, dan Ketika Ronaldo menunjuk semua orang tapi mereka kira hanya Tim Howard yang tunjuk.  Spokeperson / Endorser Dengan begitu banyak bintang lapangan hijau kelas wahid di iklan ini dengan jelas menjadi daya tarik utama bagi target audience untuk menyaksikan iklan ini dan bahkan membeli produknya
  6. 6. MEDIA PROMOSI LAINNYA Selain ditayangkan di stasiun TV dan situs streaming online seperti YouTube untuk mengumumkan kepada publik tentang iklan ini ditampilkan juga sebuah poster yang bertujuan untuk ‘mengiklankan iklan’ poster ini dimuat di media cetak terutama tabloid olahraga seperti BOLA dan majalah olahraga yang berfokus pada sepak bola seperti FourFourTwo dan World Soccer edisi Indonesia.
  7. 7. IKLAN ‘The Last Game’ with teaser (Video B) TARGET AUDIENCE Target Audience sekaligus target market dari iklan ini sama, yaitu penikmat olahraga sepakbola. BIG THEME Sebagai penyokong iklan berdurasi panjang, ‘The Last Game’ dengan background pertandingan antara ‘The Originals’ melawan ’The Clones’ iklan ini menunjukan Cristiano Ronaldo yang berani mengambil resiko untuk mengambil tendangan bebas dari luar stadion. Namun hebatnya, dengan NIKE, walaupun dengan mata tertutup dan jarak yang jauh tendangan bebas Ronaldo berhasil mengoyak jala gawang lawan. MEDIA Iklan ini ditayangkan pada televisi komersial pada momen Piala Dunia 2014 hal tersebut menyesuaikan dengan target audience yang merupakan pecinta olahraga sepakbola. TAGLINE Secara seragam, materi promosi NIKE di tahun 2014 menggunakan tagline Risk Everything yang mereka gunakan di semua materi promosi hingga puncaknya menjadi trending topic dunia dengan #RISKEVERYTHING di media sosial twitter.
  8. 8. Lanjutan.. EKSEKUSI IKLAN – Emosional Dengan dibuatnya iklan ini dalam bentuk animasi sudah jelas bahwa eksekusi iklan ini tidak rasional. Dengan tujuan untuk menyentuh semangat sepakbola para pecintanya iklan ini berusaha untuk membangkitkan imajinasi target audiencenya dengan membawa olahraga sepakbola to the next level. USP Unique Selling Point dari NIKE selalu produk olahraga yang berkualitas tinggi dan digunakan mega bintang. Namun, pada iklan ini berfokus pada bidang olahraga sepakbola. AD APPEALS  Spokeperson / Endorser Dengan Christiano Ronaldo yang merupakan mega bintang lapangan hijau di iklan ini dengan jelas menjadi daya tarik utama bagi target audience untuk menyaksikan iklan ini dan bahkan membeli produknya
  9. 9. IKLAN ‘The Last Game’ with product (Video C) TARGET AUDIENCE Target Audience sekaligus target market dari iklan ini sama, yaitu penikmat olahraga sepakbola. BIG THEME Pada iklan ini NIKE tanpa basa basi menjual salah satu produk terbarunya yaitu NIKE Mercurial, dalam iklan tersebut digambarkan produk terbaru dari NIKE tersebut mendukung kecepatan berlari yang luar biasa dari megabintang Cristiano Ronaldo, saking cepatnya sampai mengeluarkan api. MEDIA Iklan ini ditayangkan pada televisi komersial pada momen Piala Dunia 2014 hal tersebut menyesuaikan dengan target audience yang merupakan pecinta olahraga sepakbola. TAGLINE Secara seragam, materi promosi NIKE di tahun 2014 menggunakan tagline Risk Everything yang mereka gunakan di semua materi promosi hingga puncaknya menjadi trending topic dunia dengan #RISKEVERYTHING di media sosial twitter.
  10. 10. Lanjutan.. EKSEKUSI IKLAN – Emosional Dengan dibuatnya iklan ini dalam bentuk animasi sudah jelas bahwa eksekusi iklan ini tidak rasional. Dengan tujuan untuk menyentuh semangat sepakbola para pecintanya iklan ini berusaha untuk membangkitkan imajinasi target audiencenya dengan membawa olahraga sepakbola to the next level. USP Unique Selling Point dari NIKE selalu produk olahraga yang berkualitas tinggi dan digunakan mega bintang. Namun, pada iklan ini berfokus pada bidang olahraga sepakbola. AD APPEALS  Spokeperson / Endorser Dengan Christiano Ronaldo yang merupakan mega bintang lapangan hijau di iklan ini dengan jelas menjadi daya tarik utama bagi target audience untuk menyaksikan iklan ini dan bahkan membeli produknya
  11. 11. IKLAN ’Winner Stays’ (Video d) TARGET AUDIENCE Target Audience sekaligus target market dari iklan ini sama, yaitu penikmat olahraga sepakbola. BIG THEME Iklan ini berusaha menunjukan kepada target audience bahwa dengan NIKE dan imajinasi setiap orang dapat menjadi pesepakbola internasional, selain itu pada bagian akhir iklan NIKE kembali mengangkat slogan ‘Risk Everything’nya dengan Cristiano Ronaldo membiarkan seorang bocah untuk mengambil tendangan penalti yang menentukan kemenangan. MEDIA Dengan durasi iklan yang cukup lama, NIKE tidak membuat iklan dengan teaser khusus untuk ditayangkan di TV Komersial, namun hanya menampilkan sebagian dari iklan ini. Khusus di Indonesia iklan ini ditayangkan di TV Komersial mulai menit ke 01:03 sampai 01:18 TAGLINE Secara seragam, materi promosi NIKE di tahun 2014 menggunakan tagline Risk Everything yang mereka gunakan di semua materi promosi hingga puncaknya menjadi trending topic dunia dengan #RISKEVERYTHING di media sosial twitter.
  12. 12. Lanjutan.. EKSEKUSI IKLAN – Emosional Dengan tujuan untuk menyentuh semangat sepakbola para pecintanya iklan ini berusaha untuk membangkitkan imajinasi target audiencenya dengan membawa olahraga sepakbola to the next level. USP Unique Selling Point dari NIKE selalu produk olahraga yang berkualitas tinggi dan digunakan mega bintang. Namun, pada iklan ini berfokus pada bidang olahraga sepakbola. AD APPEALS  Humor Appeals Humor merupakan salah satu daya tarik utama dalam iklan ini seperti yang ditampilkan ketika dua orang secara bersamaan berubah menjadi David Luiz, atau ketika dengan aksen yang salah seseorang ingin berubah menjadi Andres Iniesta namun terdengar menjadi Iniesto.  Spokeperson / Endorser Dengan begitu banyak bintang lapangan hijau kelas wahid di iklan ini dengan jelas menjadi daya tarik utama bagi target audience untuk menyaksikan iklan ini dan bahkan membeli produknya

×