Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

[CCID] - 22 Desember 2017 - SEAMOLEC - Open Education

148 views

Published on

Sosialisasi Lisensi CC, 22 Desember 2017, di SEAMOLEC
Pemateri: Hilman Fathoni

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

[CCID] - 22 Desember 2017 - SEAMOLEC - Open Education

  1. 1. PENERAPAN LISENSI TERBUKA CREATIVE COMMONS PADA BAHAN PEMBELAJARAN HILMAN FATHONI DESEMBER 22 2017 creativecommons.or.id
  2. 2. SUMBER PEMBELAJARAN TERBUKA
  3. 3. SUMBER PEMBELAJARAN TERBUKA
  4. 4. SUMBER PEMBELAJARAN TERBUKA
  5. 5. SUMBER PEMBELAJARAN TERBUKA • Dapat diakses untuk diunduh;Retain • Dapat digunakan kembali;Reuse • Dapat diubah untuk diperbaiki atau dikembangkan;Revise • Dapat dimodifikasi: diadaptasikan dan digabung dengan bahan-bahan lain atau dibuat turunannya;Remix • Dapat digandakan dan disebarluaskan.Redistribute
  6. 6. SUMBER PEMBELAJARAN TERBUKA MENGAPA PENERAPAN LISENSI PERLU DIPERHATIKAN?
  7. 7. HAK CIPTA  Kekuatan berlaku: Berlaku saat ciptaan diumumkan atau dipublikasikan tanpa perlu didaftarkan.  Dirumuskan menjadi 3 macam hak: Hak Moral, Hak Ekonomi, dan Hak Terkait  Subyek Hukum: Pecipta dan Pengguna Ciptaan  Hak Penggunaan: Penggandaan, Penyebarluasan, Penggubahan, Penggunaan untuk kepentingan komersial, Adaptasi, dll.  Obyek Perlindungan:
  8. 8. HAK CIPTA  Kekuatan berlaku: Berlaku saat ciptaan diumumkan atau dipublikasikan tanpa perlu didaftarkan.  Dirumuskan menjadi 3 macam hak: Hak Moral, Hak Ekonomi, dan Hak Terkait  Subyek Hukum: (Antara Guru dengan Guru dan Guru dan Murid) Pecipta dan Pengguna Ciptaan  Hak Penggunaan: Penggandaan, Penyebarluasan, Penggubahan, Penggunaan untuk kepentingan komersial, Adaptasi, dll.  Obyek Perlindungan:
  9. 9. HAK CIPTA  Kekuatan berlaku: Berlaku saat ciptaan diumumkan atau dipublikasikan tanpa perlu didaftarkan.  Dirumuskan menjadi 3 macam hak: Hak Moral, Hak Ekonomi, dan Hak Terkait  Subyek Hukum: (Antara Guru dengan Guru dan Guru dan Murid) Pecipta dan Pengguna Ciptaan  Hak Penggunaan: Mengatur proses penggunaan dan berbagi ciptaan Penggandaan, Penyebarluasan, Penggubahan, Penggunaan untuk kepentingan komersial, Adaptasi, dll.  Obyek Perlindungan:
  10. 10. Hak Cipta  Kekuatan berlaku: Berlaku saat ciptaan diumumkan atau dipublikasikan tanpa perlu didaftarkan.  Dirumuskan menjadi 3 macam hak: Hak Moral, Hak Ekonomi, dan Hak Terkait  Subyek Hukum: (Antara Guru dengan Guru dan Guru dan Murid) Pecipta dan Pengguna Ciptaan  Hak Penggunaan: Mengatur proses penggunaan dan berbagi ciptaan Penggandaan, Penyebarluasan, Penggubahan, Penggunaan untuk kepentingan komersial, Adaptasi, dll.  Obyek Perlindungan:
  11. 11. Hak Cipta  Obyek Perlindungan:
  12. 12. HAK CIPTA Fungsi Sosial Hak Cipta Pembatasan Hak Cipta (Pasal 26, 43-51 UUHC 14) (Penggunaan Wajar - Fair Use) Ketentuan Masa Berlaku Hak Cipta (Domain Publik) (pasal 57-61 UUHC 14)
  13. 13. HAK CIPTA Pembatasan Hak Cipta (Pasal 26, 43-51 UUHC 14) (Penggunaan Wajar - Fair Use) “Beberapa pengecualian atas kewajiban terhadap bentuk-bentuk penggunaan berdasarkan ketentuan tertetu” Ketentuan-ketentuan: ❖ Digunakan untuk kepentingan akademis ❖ Wajib menyebutkan sumber dan nama pencipta ❖ Tidak digunakan untuk kepentingan komersial ❖ Dilaksanakan oleh institusi tertentu ❖ e.g.: Penggunaan kembali sebagai bahan ajar, penggandaan oleh Lembaga Arsip, dan penggandaan buku sebanyak 1 kopi.
  14. 14. HAK CIPTA Ketentuan Masa Berlaku Hak Cipta (Domain Publik) (pasal 57-61 UUHC 14) ❖ Seumur hidup + 70 tahun - Karya tulis, ceramah, alat peraga, Karya arsiteksur, peta, dll. ❖ 50 tahun sejak pertama kali diumumkan - Karya fotografi dan sinematografi, Potret, Program komputer, Terjemahan Basis data, Ciptaan tak bertuan,dll.
  15. 15. HAK CIPTA Lisensi Hak Cipta “Lisensi adalah izin tertulis yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemilik Hak Terkait kepada pihak lain untuk pelaksanakan hak ekonomi atas Ciptaannya atau produk Hak Terkait dengan syarat tertentu.” (Poin 20 Ketentuan Umum UUHC 2014) ❖ Pemberitahuan atas status hak cipta terhadap karya Anda; ❖ Alat untuk menyampaikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pengguna ciptaan terhadap ciptaan Anda;(Kepastian Hukum) ❖ Digunakan untuk mengikat pencipta dan pengguna pada satu ketentuan.
  16. 16. HAK CIPTA Lisensi Hak Cipta “Lisensi adalah izin tertulis yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemilik Hak Terkait kepada pihak lain untuk pelaksanakan hak ekonomi atas Ciptaannya atau produk Hak Terkait dengan syarat tertentu.” (Poin 20 Ketentuan Umum UUHC 2014) ❖ Pemberitahuan atas status hak cipta terhadap karya Anda; ❖ Alat untuk menyampaikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pengguna ciptaan terhadap ciptaan Anda;(Kepastian Hukum) ❖ Digunakan untuk mengikat pencipta dan pengguna pada satu ketentuan.
  17. 17. HAK CIPTA Lisensi Hak Cipta “Lisensi adalah izin tertulis yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemilik Hak Terkait kepada pihak lain untuk pelaksanakan hak ekonomi atas Ciptaannya atau produk Hak Terkait dengan syarat tertentu.” (Poin 20 Ketentuan Umum UUHC 2014) ❖ Pemberitahuan atas status hak cipta terhadap karya Anda; ❖ Alat untuk menyampaikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pengguna ciptaan terhadap ciptaan Anda;(Kepastian Hukum) ❖ Digunakan untuk mengikat pencipta dan pengguna pada satu ketentuan.
  18. 18. HAK CIPTA Lisensi Hak Cipta ❖ Pencipta dengan terang mempertahankan seluruh hak atas ciptaan; ❖ Ciptaan dapat digunakan kembali dengan izin langsung dari Pencipta; ❖ Beberapa kriteria penggunaan wajar dikecualikan; (Penggunaan komersial) ❖ Kepastian hukum lemah karena pernyataan penggunaan wajar (tanpa izin) merupakan penafsiran pengguna, bukan Pencipta; ❖ Potensi sengketa lebih tinggi. Lisensi Tertutup
  19. 19. HAK CIPTA Lisensi Terbuka ❖ Melalui lisensi ini pencipta secara terang hanya mempertahankan beberapa hak; ❖ Ciptaan berlisensi terbuka paling tidak dapat digunakan tanpa izin langsung pencipta; ❖ Pengguna ciptaan tetap wajib menyebutkan nama dan sumber ciptaan; ❖ Potensi sengketa relatif sedikit.
  20. 20. HAK CIPTA FREE OPEN
  21. 21. CREATIVE COMMONS ★ Creative Commons (CC) adalah organisasi nirlaba dari Amerika Serikat yang berupaya menyediakan perangkat legal dalam aktivitas berbagi konten secara daring maupun luring. ★ Upaya ini dilakukan agar jumlah ciptaan yang dapat dimanfaatkan kembali oleh pengguna ciptaan secara bebas dan legal semakin bertambah. ★ Lisensi CC tersedia dalam berbagai bahasa, diterjemahkan dan diadaptasi oleh sukarelawan yang berasal dari seluruh dunia. ★ Lisensi CC versi terbaru, 4.0, merupakan lisensi internasional yang dapat digunakan secara langsung tanpa adaptasi dari setiap negara tempat lisensi diterapkan. ★ Semenjak didirikan pada tahun 2001, kini CC telah memiliki lebih dari 100 jaringan global di seluruh dunia.
  22. 22. CREATIVE COMMONS ★ Creative Commons (CC) adalah organisasi nirlaba dari Amerika Serikat yang berupaya menyediakan perangkat legal dalam aktivitas berbagi konten secara daring maupun luring. ★ Upaya ini dilakukan agar jumlah ciptaan yang dapat dimanfaatkan kembali oleh pengguna ciptaan secara bebas dan legal semakin bertambah. ★ Lisensi CC tersedia dalam berbagai bahasa, diterjemahkan dan diadaptasi oleh sukarelawan yang berasal dari seluruh dunia. ★ Lisensi CC versi terbaru, 4.0, merupakan lisensi internasional yang dapat digunakan secara langsung tanpa adaptasi dari setiap negara tempat lisensi diterapkan. ★ Semenjak didirikan pada tahun 2001, kini CC telah memiliki lebih dari 100 jaringan global di seluruh dunia.
  23. 23. CREATIVE COMMONS CC menawarkan model lisensi hak cipta yang memperbolehkan penggandaan & penyebarluasan ciptaan
  24. 24. CREATIVE COMMONS Dengan menggunakan lisensi CC Pencipta mempertahankan beberapa hak. - Bukan kehilangan Hak cipta Sama sekali.
  25. 25. CREATIVE COMMONS Dengan menggunakan lisensi CC Pencipta mempertahankan beberapa hak. - Bukan kehilangan Hak cipta Sama sekali.
  26. 26. CREATIVE COMMONS Setiap pencipta yang menerapkan lisensi Creative Commons pada ciptaannya telah memberikan izin langsung kepada pengguna ciptaan untuk paling tidak menggandakan dan menyebarluaskan Ciptaannya.
  27. 27. CREATIVE COMMONS
  28. 28. CREATIVE COMMONS
  29. 29. CREATIVE COMMONS  Lisensi yang diterapkan pada ciptaan tidak dapat dicabut;  Setiap konten dalam format yang berbeda, yang berada pada satu tempat, dapat dilisensikan dengan ketentuan lisensi yang berbeda-beda;  Lisensi CC melarang penggunaan DRM pada ciptaan berlisensi CC;  Ciptaan dengan lisensi yang sama dapat digabungkan;  Dapat menjadi alat bukti di pengadilan.
  30. 30. CREATIVE COMMONS creativecommons.org/ share-your-work/ creativecommons.org/ choose/
  31. 31. CREATIVE COMMONS creativecommons.org/ share-your-work/ creativecommons.org/ choose/
  32. 32. CREATIVE COMMONS
  33. 33. CREATIVE COMMONS creativecommons.org/ share-your-work/ creativecommons.org/ choose/
  34. 34. CREATIVE COMMONS
  35. 35. CREATIVE COMMONS
  36. 36. CREATIVE COMMONS
  37. 37. CREATIVE COMMONS
  38. 38. CREATIVE COMMONS
  39. 39. CREATIVE COMMONS https://creativecommons.org/about/downloads/ ● Umumnya digunakan pada fase pembuatan perwajahan karya tulis yang akan diterbitkan dalam format fisik; ● Album musik dalam format fisik maupun digital; ● Ciptaan-ciptaan fisik lain seperti versi fisik model 3D.
  40. 40. CREATIVE COMMONS ++2.000.000 dari Indonesia!
  41. 41. CREATIVE COMMONS
  42. 42. CREATIVE COMMONS
  43. 43. CREATIVE COMMONS
  44. 44. CREATIVE COMMONS
  45. 45. CREATIVE COMMONS
  46. 46. CREATIVE COMMONS  DOAJ menganjurkan penerapan lisensi CC atau lisensi dengan ketentuan yang serupa pada setiap jurnal yang diumumkan untuk meningkatkan penerapan prisip “Open Access” pada jurnal;  Setiap situs web jurnal harus mencantumkan pernyataan hak penggunaan jurnal secara jelas kepada pengguna dan pencipta jika tidak menerapkan lisensi CC, hal ini diperlukan untuk menyatakan secara jelas maksud Anda untuk ikut serta menerapkan prinsip “Open Access” dan, misalnya, melindungi beberapa hak atas jurnal yang diumumkan;  Semua pilihan lisensi CC tersedia di DOAJ;  Namun, saat hendak melisensikan kembali jurnal lama, urus izin pelisensian kembali pada setiap penulis sebelum melisensikan kembali jurnal secara terbuka.
  47. 47. CREATIVE COMMONS
  48. 48. CREATIVE COMMONS
  49. 49. CREATIVE COMMONS
  50. 50. CREATIVE COMMONS
  51. 51. CREATIVE COMMONS
  52. 52. CREATIVE COMMONS
  53. 53. CREATIVE COMMONS
  54. 54. CREATIVE COMMONS
  55. 55. CREATIVE COMMONS flickr.com/creativecommons
  56. 56. CREATIVE COMMONS flickr.com/creativecommons
  57. 57. CREATIVE COMMONS
  58. 58. CREATIVE COMMONS
  59. 59. CREATIVE COMMONS
  60. 60. CREATIVE COMMONS Ensiklopedia Bebas! Tersedia dalam lebih dari 299 bahasa! Di Indonesia, Artikel Wikipedia tersedia dalam 10 bahasa daerah: ● Indonesian ● Aceh ● Banjar ● Jawa ● Banyumasan ● Bugis ● Melayu ● Minang ● Sunda ● Tetun Wikipedia
  61. 61. CREATIVE COMMONS
  62. 62. CREATIVE COMMONS
  63. 63. CREATIVE COMMONS
  64. 64. CREATIVE COMMONS
  65. 65. CREATIVE COMMONS
  66. 66. CREATIVE COMMONS
  67. 67. CREATIVE COMMONS
  68. 68. CREATIVE COMMONS
  69. 69. CREATIVE COMMONS
  70. 70. CREATIVE COMMONS
  71. 71. CREATIVE COMMONS
  72. 72. CREATIVE COMMONS
  73. 73. CREATIVE COMMONS https://ccsearch.creativecommons.org/
  74. 74. SUMBER PEMBELAJARAN TERBUKA • Dapat diakses untuk diunduh;Retain • Dapat digunakan kembali;Reuse • Dapat diubah untuk diperbaiki atau dikembangkan;Revise • Dapat dimodifikasi: diadaptasikan dan digabung dengan bahan-bahan lain atau dibuat turunannya;Remix • Dapat digandakan dan disebarluaskan.Redistribute
  75. 75. SUMBER PEMBELAJARAN TERBUKA • Dapat diakses untuk diunduh;Retain • Dapat digunakan kembali;Reuse • Dapat diubah untuk diperbaiki atau dikembangkan;Revise • Dapat dimodifikasi: diadaptasikan dan digabung dengan bahan-bahan lain atau dibuat turunannya;Remix • Dapat digandakan dan disebarluaskan.Redistribute
  76. 76. bit.do/CCIDResources bit.do
  77. 77. CREATIVE COMMONS https://slack-signup.creativecommons.org/ https://slack-signup.creativecommons.org/ https://slack-signup.creativecommons.org/ https://slack-signup.creativecommons.org/ https://slack-signup.creativecommons.org/ https://slack-signup.creativecommons.org/ https://slack-signup.creativecommons.org/ https://slack-signup.creativecommons.org/
  78. 78. Terima Kasih!

×