Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pertemuan 7 (bab vii jaringan komputer)

463 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pertemuan 7 (bab vii jaringan komputer)

  1. 1. BAB VIIJARINGAN KOMPUTER
  2. 2. 1. Berdasarkan Luas Area. Local Area Network, Metropolitan Area Network, dan Wide Area Network2. Berdasarkan Protokol. Closed Protocol dan Open Protocol.3. Media Transmisi (Layer Fisik) 1. Berkabel. • Berdasarkan Topologi. Star, Bus, tree, mesh dan Ring. • Berdasarkan Jenis Kabel. UTP, Coxial, dan Fiber Optik. 1. Tanpa Kabel. Gelombang Micro, Satelit, Gelombang Radio,dan Infra Merah.
  3. 3. • Jaringan komputer adalah hubungan dua buah komputer atau lebih yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data, bagi pakai (sharing) perangkat lunak dan keras.
  4. 4. Berdasarkan Luas Area1. LAN. Jaringan komputer untuk suatu suatu daerah tertentu, misal satu kantor ato satu rumah. Biasanya hanya berisi komputer kurang dari 100 komputer.2. MAN. Jaringan komputer untuk suatu suatu daerah tertentu, misal satu kota dan gabungan dari berbagai LAN. Biasanya hanya berisi komputer lebih dari 100 komputer.3. WAN. Jaringan komputer yang mencakup seluruh dunia dan tidak ada batasan jumlah komputer. WAN mulai berganti nama dengan Internet karena Internet adalah protokol komunikasi untuk WAN yang paling terkenal.
  5. 5. Berdasarkan cara berkomunikasi (Protokol)• Protokol Komunikasi adalah cara dari dua sistem untuk berkomunikasi.• Misal untuk membuka halaman http://www.detik.com, browser misal Mozilla Firefox akan menghubungi komputer dengan alamat www.detik.com pada Port 80. Komputer www.detik.com akan membalas dengan memberikan halaman web dari www.detik.com.• Aturan komunikasi semacam itu disebut dengan protokol.
  6. 6. • Berdasarkan protokol komunikasinya bisa dibedakan menjadi 2 yaitu1. Close Protocol adalah protokol komunikasi untuk suatu sistem operasi yang sama, misal sesama Windows,2. Open Protocol adalah protokol komunikasi untuk berbagai sistem operasi, misal TCP/IP (Internet).
  7. 7. Berdasarkan media transmisi – Berkabel (Berdasarkan Jenis kabel)
  8. 8. Berdasarkan media transmisi – Berkabel (Berdasarkan Topologi)
  9. 9. Berdasarkan media transmisi – Berkabel (Perangkat Keras Pendukung)1. Hub. perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain.2. Repeater. Menguatkan sinyal dari kabel (panjang maksimal untuk sebuah kabel unshileded twisted pair adalah 100 meter).3. Bridge. Sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk itu. Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam- jam sibuk. Dia mengatur agar informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridges juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.4. Router. Sebuah Router mengartikan informaari dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari 13 jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal.
  10. 10. Berdasarkan media transmisi – Tanpa Kabel (Gelombang Mikro/Terestrial) Ciri Kelebihan Kekurangan Kecepatan transmisiGelombang Data disalurkan dalam jalur lurus ke paling baik untuk daerah yang tidak bisa selalu memerlukan statsiun relay yang mencapai 10 MB/Sec.Mikro udara via stasiun relay. Stasiun relay dijangkau dengan kabel dan memiliki mahal dan sangat terpengaruh oleh cuaca. harus ditempatlan di tempat yang tinggi. kecepatan tinggi dengan jarak yang jauh.Satelit Data disalurkan melalui satelit bumi Dibandingkan dengan terestrial jangkauan sangat mahal dan sangat terpengaruh oleh mencapai 10 MB/Sec. sehingga memiliki jangkauan yang luas. satelit lebih luas, maka sering dipakai untuk cuaca. televisi.Radio Data disalurkan melalui gelombang bisa melewati dinding. semua bisa konek satu dengan yang lain. radio dengan frekuensi tertentu. Komunikasinya peer2peer.Infra Red Data disalurkan melalui denyut cahaya Kelebihan infra merah adalah murah dan Peralatan komunikasi harus dekat dan mencapai 115 KB/Sec – 10 dengan spektrum infra merah. bandwidth lebih baik. dalam ruang yang sama.Kelemahannya MB/Sec. tidak dapat menembus dinding atau benda padat.

×