Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pertemuan 12 (bab vi multimedia)

1,020 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pertemuan 12 (bab vi multimedia)

  1. 1. BAB VIMULTIMEDIA
  2. 2. • Aplikasi : Presentasi Bisnis, Pelatihan, Hiburan, Pendidikan, Komunikasi.• Elemen : Text, Suara, Gambar, Animasi, Video.
  3. 3. • Multimedia adalah interaksi antara teks, suara, gambar, animasi dan video untuk mengolah informasi. Televisi bukan termasuk multimedia karena tidak ada proses kontrol terhadap data, kita tinggal terima saja jika tidak sesuai maka pindahkan channelnya.
  4. 4. • Aplikasi multimedia antara lain: a. Presentasi Bisnis b. Pelatihan berbasis komputer (Computer Based Training) c. Hiburan d. Pendidikan e. Komunikasi
  5. 5. Elemen Multimediaa. Teks. Teks merupakan bentuk dasar dari penyajian informasi. Teks memiliki atribut berupa bentuk (font) dan ukuran.b. Suara. Suara merupakan media komunikasi informasi yang memanfaatkan telinga. Suara dalam komputer disimpan dalam file-file dengan format tertentu yang dipahami oleh program khusus untuk membuat file tersebut berubah menjadi suara. Komunikasi suara tidak memperbolehkan adanya delay (Real time).c. Gambar Suara dalam komputer disimpan dalam file-file dengan format tertentu yang dipahami oleh program khusus untuk membuat file tersebut berubah menjadi sebuah. Format file sangat beragam. Contoh format file adalah BMP, JPEG dan GIF. Perbedaan format terjadi karena perbedaan cara melakukan digitalisasi gambar aslinya. Format yang bisa ditampilkan dalam Web adalah JPEG dan GIF.d. Animasi Animasi berarti membuat gambar bergerak. Contoh animasi adalah film kartun. Pembuatan animasi tergantung pada teknologi komputer grafik.e. Video. Video adalah merekam kejadian nyata untuk kemudian disimpan dalam bentuk file. Format film misalnya AVI, DAT dan MPEG. Kita sudah dapat menyaksikan film tanpa harus mendapatkan keseluruhan file film disebut Video Streaming.
  6. 6. Kebutuhan Perangkat Keras• Kebutuhan perangkat keras untuk aplikasi multimedia berbeda dengan untuk aplikasi perkantoran karena membutuhkan input output yang berkualitas.• Peralatan input output ini terkadang didesain khusus. Selain perangkat keras eksternal, perangkat keras internal juga perlu ditingkatkan kemampuannya karena untuk menampilkan animasi dan video yang berkualitas diperlukan kinerja komputer yang sangat tinggi. Prosesor, memori dan VGA Card harus memiliki kecepatan yang tinggi untuk itu.
  7. 7. Pembuatan Aplikasi Multimedia• Beberapa perangkat lunak memang didesain untuk membuat aplikasi multimedia. Perangkat lunak itu disebut Multimedia Authoring System. Beberapa software yang termasuk adalah Authorware, Quest, Icon Author dan Multimedia Director.
  8. 8. • Multimedia seharusnya bisa menjadi alat dakwah yang paling bermanfaat karena sifatnya yang mudah dalam menyampaikan informasi. Sudah saatnya setiap muslim memanfaatkan teknologi ini untuk perkembangan keislaman.

×