Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bab i

233 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Bab i

  1. 1. BAB I PENDAHULUAN KELOMPOK 42 LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM FISIKA DASAR I-1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Suatu disiplin ilmu yang menitik beratkan pada perancangan, perbaikan dan instalasi pada suatu sistem integral yang didalamnya terdapat unsur-unsur seperti: manusia, mesin, material (bahan baku), modal (uang), dan metode (cara) yang merupakan inti dari Teknik Mesin. Dengan ciri ikhas yang membedakan dengan Teknik lainnya yaitu melakukan perbaikan terhadap suatu system intergral, maka profesi seorang sarjana teknik Mesin perlu memanfaatkan pengetahuan fisika dan ilmu alam. Hal tersebut yang diperoleh melalui penelitian (pengukuran, pengamatan, perhitungan), pengalaman, dan praktik, yang diterapkan dengan menggunakan pertimbangan untuk mencari pemecahan secara ekonomis, penggunaan material dan ilmu alam, yang digunakan untuk kemudahan dalam setiap segi kehidupan umat manusia.
  2. 2. BAB I PENDAHULUAN KELOMPOK 42 LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM FISIKA DASAR I-2 Hubungan Praktikum Fisika ini dengan Teknik Mesin, ialah kemampuan Pengetahuan Dasar tentang Ilmu Keteknikan, dan Ilmu Fisika yang harus kita miliki, yang dilandasi oleh berkembangnya ilmu pengetahuan yang ada pada saat ini. Sehingga kita sebagai Mahasiswa Teknik Mesin perlu memahami, mengetahui, mengerti, dan mampu mengoperasikan alat-alat yang ada dalam praktikum tersebut, bahkan kita harus mampu menganalisis suatu pengamatan yang berlangsung di dalam praktikum fisika ini. 1.2 Rumusan Masalah Dalam pembuatan laporan akhir ini, adapun perumusan masalah yaitu :  Pada pengukuran dasar 1. Bagaimana cara untuk melakukan pengukuran serta bagaimana cara membaca hasil pengukuran yang telah diamati. 2. Bagaimana cara menghitung besaran lain berdasarkan besaran yang terukur langsung.
  3. 3. BAB I PENDAHULUAN KELOMPOK 42 LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM FISIKA DASAR I-3  Pada pesawat atwood modern dan konvensional 1. Bagaimana cara menentukan kecepatan, percepatan GLB dan GLBB, serta menentukan momen inersia pada GLBB. 2. Bagaimana menentukan momen inersia roda atau katrol 3. Bagaimana penggunaan hukum newton II  Pada modulus elastisitas 1. Bagaimana cara menentukan nilai tegangan, regangan, elastisitas, dan nilai pelenturannya.  Pada resonansi bandul sederhana 1. Bagaimana cara mengetahui resonansi pada bandul sederhana. 2. Bagaimana menentukan priode pada bandul 3. Bagaimana cara menentukan frekuensi pada bandul.
  4. 4. BAB I PENDAHULUAN KELOMPOK 42 LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM FISIKA DASAR I-4  Pada resonansi pegas heliks 1. Bagaimana cara menentukan frekuensi dasar dan frekuensi harmonic gelombang berdiri pada pegas heliks. 2. Bagaimana memahami perbedaan beban pada pegas berpengaruh terhadap frekuensi dan priodenya.  Pada electromagnet 1. Bagaimana cara melihat pola electromagnet pada pengahantar lurus, melingkar dan solenoida yang dialiri arus.  Pada kalorimeter 1. Bagaimana cara mengetahui kalor jenis logam dengan menggunakan kalormeter.
  5. 5. BAB I PENDAHULUAN KELOMPOK 42 LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM FISIKA DASAR I-5 1.3 Tujuan Penelitian Beberapa tujuan disusun nya laporan akhir praktikum fisika ini ialah : 1. Mampu mengetahui alat-alat serta bahan yang digunakan dalam praktikum fisika dasar ini. 2. Mampu memahami, dan menggunakan alat-alat praktikum tersebut sesuai dengan fungsi masing-masing. 3. Mampu menganalisa suatu pengamatan dari setiap sesi praktikum. 1.4 Pembatasan Masalahdan Asumsi Topik-topik yang dibahas dalam laporan akhir pratikum ini berada dalam batas dan asumsi berikutini : 1.4.1 Pembatasan Masalah 1. Pengukuran serta perhitungan dilakukan berdasarkan percobaan yang di terapkan terhadap alat dan bahan yang tersedia di
  6. 6. BAB I PENDAHULUAN KELOMPOK 42 LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM FISIKA DASAR I-6 Laboratorium fisika jurusan Teknik Metalurgi Fakultas Teknik Universitas Jenderal Achmad Yani 2. Pembulatan angka hingga dua decimal 3. Pemberian satuan sesuai dengan aturan SI

×