Ptk ipa

2,017 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,017
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
78
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ptk ipa

  1. 1. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN PROSES UJI COBAKLOROFIL PADA TUMBUHAN HIJAU MELALUIMETODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN MALANG MAOSPATI
  2. 2. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN PROSES UJI COBAKLOROFIL PADA TUMBUHAN HIJAU MELALUIMETODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN MALANG MAOSPATI
  3. 3. PENDAHULUANDi temukan fakta bahwa siswa kelas V SDN MalangMaospati banyak yang mengalami kesulitan ketika belajarmengenai proses menguji klorofil pada tumbuhan hijau.Klorofil merupakan salah satu komponen pada tumbuhanuntuk membuat makanan. Hasil ulangan menunjukkanbahwa hanya 10 siswa yang kemampuannya mencapainilai antara 75-100 dan terdapat 8 siswa yang mencapainilai antara 50-75. Penyebab rendahnya penguasaan siswatentang pembelajaran ini adalah kurangnya metode yangtepat dalam proses mengajar .
  4. 4. Rumusan Masalah1. Bagaimanakah penerapan pembelajaran dengan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mendiskripsikan proses uji coba klorofil pada tumbuhan hijau pada siswa kelas V SDN Malang Maospati?2. Apakah penerapan pembelajaran dengan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mendiskripsikan uji coba klorofil pada tumbuhan hijau pada siswa kelas V SDN Malang Maospati?
  5. 5. Pemecahan Masalah• Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran.• Mempersiapkan alat dan bahan untuk melakukan percobaan tentang proses uji coba klorofil pada tanaman.• Mengamati serta mencatat hasil• Selesai mengamati dan mencatat hasil, mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas.• Memberikan soal evaluasi secara individu.• Refleksi
  6. 6. ASPEK CARA MENGUKURKeaktifan siswa mengajukan Diamati selama pembelajaranpertanyaan berlangsungKetepatan waktu dalam melakukan Diamati ketika siswa melakukaneksperimen langkah-langkah eksperimen dengan benar.Interaksi antar siswa pada kegiatan Diamati ketika siswa melakukanpengamatan pengamatan, dicatat keterlibatan masing-masing siswa dalam kelompokKetuntasan hasil belajar Dihitung dari nilai diskusi dan tes akhir pembelajaran. Siswa yang memperoleh nilai lebih besar/sama dengan 75 dinyatakan tuntas.
  7. 7. Tujuan PenelitianMendiskripsikan penerapan metodeeksperimen dalam meningkatkankemampuan mendiskripsikan proses uji cobaklorofil pada tumbuhan hijau pada siswakelas V SDN Malang Maospati.
  8. 8. Manfaat Penelitian1. Bagi Siswa Siswa akan lebih aktif dan memahami sehingga kemampuannya mendiskripsikan proses uji coba klorofil pada tumbuhan hijau meningkat.2. Bagi guru Dimungkinkan dapat diterapkan di sekolah yang mempunyai karakteristik sama.3. Bagi peneliti lain Dapat menjadi inspirasi yang ingin mendalami persoalan mendiskripsikan proses menguji klorofil pada tumbuhan hijau.
  9. 9. Kajian Pustaka• Karakteristik siswa kelas V SDN Malang• Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD• Pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan• Metode Eksperimen• Standar isi : Menguji cobakan kandungan klorofil pada tumbuhan hijau untuk Siswa Kelas V SD
  10. 10. Metode PenelitianPenelitian dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Penelitian tindakan kelas direncanakan selara 2 siklus :Siklus Pertama ( 1 )a. Perencanaanb. Pelaksanaanc. Refleksid. KesimpulanSiklus Kedua ( 2 )Pelaksanaan siklus 2 hampir sama dengan siklus 1 yaitu denganperencanaan, pengamatan karena siswa sudah bekerja sesuai denganpembagian tugas siswa.
  11. 11. Jadwal PenelitianPenelitian ini dimulai dari bulan Agustus tahun 2012 pada matapelajaran IPA semester I kelas V di SDN Malang MaospatiKecamatan Maospati Kabupaten Magetan yang berjumlah 18siswa yaitu 10 putri dan 8 putra. Dilaksanakan masing-masingdengan ( 2 x 35 menit ) atau 1 x pertemuan.
  12. 12. DAFTAR PUSTAKAIbadullah Malawi dan Edy Siswanto. 2012. PenelitianTindakan Kelas. Madiun:IKIP PGRI Madiun

×