Ppt berkomunikasi melalui telepon

15,067 views

Published on

Berkomunikais Melalui Telepon

Published in: Education
  • Be the first to comment

Ppt berkomunikasi melalui telepon

  1. 1. Standar Kompetensi* Berkomunikasi Melalui TeleponKompetensi Dasar*Respon untuk panggilan telepon masuk.
  2. 2. INDIKATOR Mencatat secara akurat permohonan/permintaan dan disampaikan kepada departemen/orang yang tepat untuk ditindaklanjuti. Menjelaskan produk-produk dan servis-servis perusahaan pada penelpon. Menyampaikan pesan secara tepat kepada orang pilihan dengan batas/tenggang waktu. Mencatat panggilan telepon yang mengancam dan mencurigakan secara tepat sesuai dengan prosedur perusahaan.
  3. 3. MenanganiMengoperasikan Panggilan Telepon Telepon LATIHANCara Mencatat Mendistribusikan Pesan Pesan
  4. 4. TELEPON ADALAH JENDELA PERUSAHAAN• Cara berhubungan yang utama dari perusahaan dengan pelanggan.• Memudahkan Pelanggan.• Komunikasi melalui telepon mengandalkan kualitas suara.• Pelanggan membentuk gambaran mental.
  5. 5. Penggunaan Telepon Bersikaplah wajar dan ramah dalam pembicaraan ditelepon. Janganlah sekali – kali beranggapan bahwa orang yang menelepon tidak melihat Anda.
  6. 6. MENANGANI PANGGILAN TELEPON ( MASUK ) Siapkan Alat Tulis  Hal-hal yang harus Catat Nomor Penting diperhatikan. Angkat pada deringan  Dapat mengatasi yang Ke 2 atau 3 persoalan Angkat dengan Tangan Jika telepon lain Kiri masuk. Jangan Mengucapkan  Akhiri Pembicaraan Kata Halo.  Letakkan Gagang Berikan Identitas Telepon
  7. 7. Selamat siang, PT.ABC dengan Feni disini. Ada yang bisa saya bantu?
  8. 8. • Kendalikan Suara Anda − Volume : Suara Anda harus terdengar − Kejernihan : Ucapkan kata-kata dengan benar − Kecepatan : Hindari bicara terlalu cepat atau lambat − Tinggi : Hindari suara yang melengking − Modulasi : Ragam suara membangun minat dan semangat
  9. 9. HAL-HAL YANG HARUS DI HINDARI Memakai bahasa informal, terutama kepada orang yang belum akrab/asing Berbicara dengan orang lain selagi berbicara di telepon Berbicara sambil makan sesuatu atau mengunyah permen Berbicara terlalu banyak basa-basi Berbicara dengan nada kasar atau membentak Berbicara dengan nada memerintah Penelpon dibiarkan menunggu terlalu lama, tanpa penjelasan, hanya bunyi musik yang diperdengarkan Panggilan telepon disambungkan ke alamat yang salah berkali-kali Nada dan intonasi yang terkesan malas atau tak ramah.
  10. 10. CARA MENCATAT PESAN • Selalu siapkan alat- alat tulis dan ..Lembar Pesan Telepon.doc. • Tanyakan ke Penelepon• Cek Pesan sekali lagi.• Pastikan bahwa Anda menyampaikan pesan tersebut kepada si penerima.
  11. 11. MENDISTRIBUSIKAN PESAN D Pesan dari I Pelanggan S T R I Catat Pesan ke B lembar pesan U Telepon S I P Berikan ke Pada E Penerima S A N
  12. 12. LATIHANMempraktekkan bagaimanacara merespon panggilanmasuk dengan benardan mencatat pesan yangdisampaikan oleh Penelpon .
  13. 13. THANKS YOU.... ^_^

×