Menulis Buku Ilmu Pengetahuan Populer

21,181 views

Published on

^_____^

Published in: Education
  • Be the first to comment

Menulis Buku Ilmu Pengetahuan Populer

  1. 1. • Dalam memahami isi buku ilmupengetahuan, relatif lebih sulit dari pada bukulainya. Selain banyak data dan informasi yangterkandung di dalamnya, gaya penulisannya puncenderung kaku dan formal. Ada beberapapenulis yang menulis buku ilmu pengetahuandengan gaya menarik dan mudah dipahamibanyak orang. Model penulisan buku dengangaya menarik tersebut bisa disebut denganilmu pengetahuan populer.
  2. 2. A. Mencari dan Mencatat Butir-Butir Pokok Butir-butir pokok teks adalah hal-hal penting yang diungkapkan pengarang dalam karangannya. Hal-hal penting itu dapat berupa gagasan, fakta baru, atau pesan. Pada dasarnya membaca buku itu sama halnya dengan mengambil hal-hal pokok yang terdapat dalam buku tersebut. Contoh butur-butir pokok : Di buku “Ikan GURAMI Pembenihan dan Pembesaran”. 1. Budi daya lidah buaya dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu Sistem Konvensional dan Sistem Hidroponik. 2. Budi daya lidah buaya dengan Sistem Konvensional paling banyak dilakukan di Indonesia. 3. Budi daya Sistem Konvensional adalah budi daya dengan menggunakan media tanah. 4. Pengolahan lahan merupakan kegiatan yang harus dilakukan pertama kali saat memulai budi daya lidah buaya. 5. Pengolahan lahan dilakukan dengan cara membajak tanah hingga kedalaman 30 cm dan menjadi gembur,kemudian buat bedengan.
  3. 3. 6. Jika tanah memiliki pH yang rendah maka perludiberi kapur, sehingga pH tanah meningkat sekaligusmempercepat kelarutan hara.7. Pembibitan dilakukan dengan cara mengambil bibitdari anakan yang berada di sekitar induknya.8. Lakukan pendederan untuk mendapatkan bibit yangbaik.9. Pembibitan dapat dilakukan di dalam polybag dan didalam bedengan.10. Media tanam yang digunakan untuk pembibitanberupa campuran media tanah dan pupuk kandang.11. Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sorehari pada awal musim hujan atau akhir musim kemaraumenggunakan bibit yang telah dideder.12. Jarak tanam, umumnya 80 x 80 cm dengan polaberliku (zig-zag).
  4. 4. 13. Pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk UREA dan pupukKCl.14. Penyulaman dan penyiangan dilakukan untuk menggantitanaman yang rusak dan memberantas gulma yang mengganggutanaman.15.Tahap akhir adalah pemberian mulsa dan peremajaan kebun.16. Mulsa berasal dari serasah jerami padi kering yangdihamparkan di sekitar lingkungan pertanaman.17. Pembudidayaan yang kedua adalah menggunakan SistemHidroponik.18. Hidroponik merupakan salah satu soilless culture / budidaya tanpa media tanah.19. Keuntungan budi daya Sistem Hidroponik adalahpemeliharaan lebih mudah, proses budi daya lebih bersih dansteril, tanaman lebih sehat, dan banyak keuntungan lainnya.20. Sistem Hidroponik berkaitan erat dengan greenhouse ataubudi daya tanpa pestisida.
  5. 5. 21. Pembudidayaan Sistem Hidroponik yang pertama harusdilakukan adalah membuat lathhouse.22. Syarat lokasi Lathhouse antara lain harus terbuka danmendapatkan cahaya matahari dari pagi hingga sore hari.23. Bentuk atap lathhouse bermacam-macam, diantaranyashed, gobel, monitor, dan kubah.24. Pilihan model dinding lathhouse terdiri dari 3macam, yakni terbuka, setengah tertutup, dan tertutuppenuh.25. Kerangka bangunan lathhouse dapat menggunakan bahanbambu, kayu, dan besi.26. Irigasi berfungsi sebagai jalur pemberian nutrisi dansirkulasi air pada Sistem Hidroponik
  6. 6. 27. Media tanam berfungsi sebagai tempat bernaung akartanaman hidroponik dan untuk menyerap larutan nutrisi saatpenyiraman atau penetesan.28. Salah satu jenis media tanam yang sesuai dengan persyaratanadalah arang sekam.28. Sebelum melakukan pembibitan lebih baik kita melakukanpembuatan larutan nutrisi terlebih dahulu.30. Bibit lidah buaya yang berkualitas dapat diperoleh melaluitiga cara.31. Sebelum proses penanaman, siapkan polybag berukuran 25 x40 cm yang telah diisi dengan arang sekam dan telah ditatadalam lathhouse.32. Jaga agar bibit tanaman tidak stres akibat pemindahtanamandan pengangkatan.
  7. 7. 33. Waktu tanam adalah saat udara mulai turun dan prosestranspirasi serta evaporasi sudah menurun.34. Penyulaman dilakukan pada bibit yang mati, layu, dan patah.35. Terakhir adalah proses penyiraman menggunakan larutannutrisi. LIDAH BUAYA
  8. 8. B. Menulis Rangkuman Isi Berdasarkan Butir-butir PokokButir-butir pokok yang sudah kamu tulis dapat kamu kembangkanmenjadi tulisan yang baru. Berdasarkan butir-butir pokok diatas, kita dapat menulis rangkuman isi buku tersebut denganmenggunakan kalimat-kalimatmu sendiri. Rangkuman yang kamu buathendaknya singkat dan padat, tetapi isinya dapat dipahami denganbaik.
  9. 9. C. Teknik merangkum buku Ilmu Pengetahuan Populer Buku ilmu pengetahuan populer saat ini banya kita temui di perpustakaan maupun di toko buku. Peminat buku ini juga banyak dan beragam. Hal ini menandakan bahwa masyarakat umum sangat haus akan ilmu pengetahuan. Buku ilmu pengetahuan populer tersebut misalnya : Meraup Laba Dari Lida Buaya, Ikan GURAMI Pembenihan dan Pembesaran, Cara Beternak Ayam Potong, Menanam Buah Dalam Pot, dll. Bagaimana agar mudah memahami isi buku tersebut? Salah satu caranya dengan membuat rangkumannya atau ringkasannya. Hal- hal yang perlu diperhatikan dalam merangkum yaitu: a. Bacalah kata-kata sulit. b. Tandailah kata-kata sulit. c. Hal-hal penting sebaiknya digaris bawahi. d. Menentukan gagasan utamanya. e. Merangkai beberapa pikiran utama menjadi paragraf baru. Contoh rangkuman :
  10. 10. RANGKUMANBudi Daya Lidah Buaya Pembudidayaan lidah buaya dapat dilakukan dengan duacara, yaitu: Sistem Konvensional dan Sistem Hidroponik. Sistembudi daya yang pertama adalah Sistem Konvensional. Budi dayaSistem Konvensional adalah budi daya yang menggunakan tanahsebagai media tanamnya. Sistem budi daya ini banyak dilakukandi Indonesia.Tahap awal dari pembudidayaan menggunakan SistemKonvensional adalah pengolahan lahan. Pengolahan lahan dilakukandengan cara membajak tanah hingga kedalaman 30 cm danmenjadi gembur, membuat bedengan, serta memberikan kapurpada tanah yang memiliki pH rendah.Pembibitan dilakukan dengan cara mengambil bibit dari anakanyang berada di sekitar induknya. Untuk mendapatkan bibit yangbaik lakukan pendederan hingga akar terlihat kuat. Pembibitandari anakan dapat dilakukan di polybag atau di bedengan. Mediatanam yang digunakan untuk pembibitan berupa campuran mediatanah dan pupuk kandang.
  11. 11. Penanaman sebaiknya menggunakan bibit yang telah dideder dandilakukan pada pagi atau sore hari, pada awal musim hujan atau akhir musimkemarau. Jarak tanam pada waktu penanaman umumnya berjarak 80 x 80cm dengan pola berliku (zig-zag).Setelah melakukan penanaman, tahap selanjutnya adalah pemeliharaantanaman. Dalam masa pemeliharaan, kegiatan yang harus dilakukan adalahpemupukan, penyulaman dan penyiangan, pemberian mulsa dan peremajaankebun. Pemupukan dilakukan agar tumbuhan mendapatkan nutrisi yangdiperlukan yang tidak terdapat pada tanah. Pupuk yang biasa digunakan olehpetani lidah buaya, yaitu pupuk UREA dan pupuk KCl. Penyulaman danpenyiangan tanaman dilakukan untuk mengganti tanaman yang rusak danmemberantas gulma. Pemberian mulsa (jerami padi kering) adalah untukmenekan pertumbuhan gulma, dan menjaga kestabilan suhu tanah.
  12. 12. Sistem budi daya yang kedua adalah SistemHidroponik. Sistem Hidroponik merupakan salah satusoilless culture/budi daya tanpa media tanah. Keuntungansistem budi daya ini, adalah pemeliharaan lebihmudah, proses budi daya menjadi lebih bersih dansteril, dll. Sistem Hidroponik berkaitan erat dengangreenhouse/budi daya tanpa pestisida.Pembudidayaan menggunakan Sistem Hidroponik yangpertama dilakukan adalah membuat lathhouse. Lathhouseadalah bangunan yang terbuat dari atap kaca dengankonstruksi yang semi permanen. Lathhouse harusdibangun di tempat terbuka dan mendapat cahayamatahari dari pagi hingga sore. Bentuk atap lathhousedapat bermacam-macam, diantaranyashed, gobel, monitor, dan kubah. Model dinding lathhouseterdiri dari terbuka, setengah tertutup, dan tertutuppenuh. Kerangka dapat menggunakan bahanbambu, kayu, dan besi.
  13. 13. Setelah membuat lathhouse, kita perlu melakukanpemasangan jaringan irigasi tetes (Drip Irrigation). Irigasiberfungsi sebagai jalur pemberian nutrisi dan sirkulasi air padaSistem Hidroponik.Langkah ketiga, yaitu pembuatan media tanam. Media tanamberfungsi sebagai tempat bernaung akar tanaman hidroponikdan untuk menyerap larutan nutrisi saat penyiraman danpenetesan. Salah satu jenis media tanam yang sesuai denganpenanaman Sistem Hidroponik adalah arang sekam padi. Arangsekam padi berasal dari sekam padi yang dibakar hinggamenjadi arang.Sebelum melakukan pembibitan, ada baiknya untuk membuatlarutan nutrisi terlebih dahulu. Keberhasilan sistem budi dayaHidroponik tergantung pada komposisi nutrisi. Larutan nutrisiperlu dibuat formula dasarnya terlebih dahulu sebelumdigunakan.Langkah keempat, yaitu pembibitan. Bibit lidah buaya dapatdiperoleh dengan 3 cara. Pertama, bibit yang diperoleh denganSistem Hidroponik, kedua, bibit yang dibibitkan dibedengan, ketiga, bibit yang diperoleh melalui teknik kulturjaringan.
  14. 14. Langkah kelima, yaitu penanaman. Sebelum melakukanpenanaman, siapkan sebuah polybag berukuran 25 x 40 cm yangtelah diisi media tanam. Kemudian, pindahkan tanaman denganhati-hati agar lidah buaya tidak stres. Tanam lidah buaya saatsuhu udara dan proses transpirasi serta evaporasi sudahmenurun. Dalam masa pemeliharaan, lakukan penyulaman padatanaman yang mati, layu, dan patah. Serta, lakukan penyiramanmenggunakan larutan nutrisi secara rutin setiap hari. DAGING LIDAH BUAYA
  15. 15. • Setelah selesai merangkum nilailah rangkuman yang telahdibuat. Sekarang nilailah rangkuman yang kamu tulis dengan kriteriaberikut!a. Apakah rangkuman benar-benar berupa pokok-pokok isi?b. Apakah dari bahasa yang digunakan tidak terdapat kesalahanstruktur dan pilihan kata?
  16. 16. • Jika kalian sudah selesai menilai. Kemudian buatlah kesimpulan(tentang apa yang kalian dapat dari buku Ilmu Pengetahuan Populer yangkalian baca).Contoh :
  17. 17. • Buku ini berisi hal-hal mengenai cara pembudidayaan lidahbuaya dengan menggunakan Sistem Konvensional dan SistemHidroponik. Keunggulan dari Sistem Konvensional yaitupembudidayaannya tidak banyak memakan biaya dan hanyamemerlukan lahan yang luas. Sedangkan, keunggulan SistemHidroponik yaitu pemeliharaan lebih mudah, proses budi dayamenjadi lebih bersih dan steril, serta tanaman lebih sehatdan produktivitasnya lebih tinggi. BUNGA TANAMAN LIDAH BUAYA
  18. 18. Thank you for your time

×