Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Berlokasi sekitar 200 meter dari jalan raya Purwodadi Pasuruan-Lawang Malang, Jawa Timur.Restoran ini dibuat dengan konsep...
Republik Telo 1Dua Jempol +2      Mayang DYKamis, 25 Mar 10 11:00
•       •       •       •       •       •       •Jajanan kue basahRepublik Telo..negaranya perteloan. Telo atau ubi jalar ...
Tempatnya sangat luas cocok sekali buat rekreasi keluarga. Disana juga ada supermarket anekaproduk pertanian. Suasananya n...
makan, takutnya nanti es krim akan mencair. apalagi jika kita melakukan perjalanan yang cukupjauh. kecuali jika nantinya a...
Tapi meskipun TELO tak dianggap, namun ternyata makanan ini mempunyai potensi besar. Taksekedar enak, namun ternyata bisa ...
Republik Telo memberi kejutanbuat saya, ternyata tempatnya luas. Saya bukan pengira yang baik , jangan tanya ukurannyadala...
Republik TeloBondan Winarno | Sabtu, 22 Maret 2008 | 10:51 WIB|Share:
BONDAN WINARNOBakpau Telo dan sebagainya.Foto:1 2 3 » Play SlideshowKetika rakyat di satu negara Afrika menderita kekurang...
baked sweet potato tidak di-dress sedemikian rupa. Ubi juga umum dipakai dalam masakancasseroles dan main courses. Banyak ...
bermanfaat bagi kesehatan mata kita. Sama dengan bayam merah yang lebih bagus dibandingbayam hijau.Di Filipina juga popule...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Ekonomi campur aduk

1,382 views

Published on

ekonomi-campuran

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ekonomi campur aduk

  1. 1. Berlokasi sekitar 200 meter dari jalan raya Purwodadi Pasuruan-Lawang Malang, Jawa Timur.Restoran ini dibuat dengan konsep pedesaan yang artistik. Di sekelilingnya juga terdapat kolamikan, pengunjung bisa memancing sambil menikmati indahnya pegunungan dan menghirup udarayang segar. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengunjungi tempat ini dan merasakankeunikannnya.Usaha ini dikelola oleh SPAT, Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu wilayah Purwodadi,Kab. Pasuruan.Suasana yang alami membuat Republik Telo banyak diminati masyarakat. Bahkan, setiap akhirpekan Republik Telo yang telah dilengkapi free wifi pun banjir pengunjung.Di Republik Telo ini, terdapat sebuah ruangan utama yang semua perabotannya dari kayu.Kemudian di halaman terdapat gazebo yang disediakan bagi yang pengunjung yang inginmenikmati alam sambil menyantap aneka hidangan dari telo.Ada banyak ragam olahan dari Telo/Ketela Rambat/Ubi yang dijual disitu. Mulai dari olahanKeripik, Brownies, Bakpao, Bakpia, Pizza, hingga Ice Cream Cone.Jangan lupa untuk mencoba Es Jus Telo, mungkin tidak banyak yang pernah mencicipi. Namunsekali meneguknya, pasti tak akan bisa melupakan kenikmatannya. Warna ungunya sangatmenggoda selera untuk segera menyeruputnya.Jus Telo ini merupakan salah satu menu andalan Republik Telo. Sebagian besar pengunjungnyatak akan melewatkan jus tanpa bahan perwarna maupun pengawet tersebut.
  2. 2. Republik Telo 1Dua Jempol +2 Mayang DYKamis, 25 Mar 10 11:00
  3. 3. • • • • • • •Jajanan kue basahRepublik Telo..negaranya perteloan. Telo atau ubi jalar dijadikan bahan utama untuk mengolahberbagai makanan. Disinilah pusatnya jajanan,makanan sampai minuman terbuat dari bahandasar telo.Lokasinya berada di pintu keluar kab.Malang, kira-kira sudah masuk Lawang jalan arahSurabaya dari Malang. Di Republik Telo ini selain pusat oleh-oleh, disini juga ada Cafe nRestonya, jadi kita bisa langsung mencicipi menu-menu dari produk-produknya,seperti Miegoreng telo, french fries telo, es krim telo, disamping menu makanan seperti nasi rawon, nasicampur, dll.Jajanan disini sebetulnya sama seperti jajanan-jajanan umumnya, tapi yang membedakan dariyang lain adalah bahan bakunya, seperti bakpao telo, bakpia telo, brownies telo, burger telo,pizza telo, dll. Kalau mau disimpan dalam jangka waktu lama, disini jg menyediakan dalambentukl frozennya, jadi kita bisa olah sendiri di rumah.
  4. 4. Tempatnya sangat luas cocok sekali buat rekreasi keluarga. Disana juga ada supermarket anekaproduk pertanian. Suasananya nyaman, karena terletak diatas perbukitan, dari sini kita bisamenikmati pemandangan yang indah..jadi kalau ke malang jangan terlewatkan mengunjungiREPUBLIK TELO.Republik telo Bakpau telo, dan es krim teloBeberapa kali bolak-balik dari surabaya-malang ternyata tidak membuatku berhenti sejenakhanya untuk mampir di salah satu tempat perbelanjaan oleh-oleh khan lawang malang.Sebenarnya sich gara-garanya pas nganterin temen-temen ketika ada acara di malang, ngobrol-ngobrol soal makanan, langsung dech nyangkut ke bakpau telo. saat itu juga ane langsungpenasaran dan nyletuk apa itu bakpau telo?"Ya Allah mon..,kamu belum pernah ke bakpau telo?".. hehe dalam hati ane menjawab "maklumbang, supir, nek kesel mampir, tapi tetep mikir duit parkir, opo maneh nek majikane lagi plesir,dadi moleh cuman gowo pasir.. (*hayah*)". Bakpau dan Es krim (open)Akhirnya untuk kesekian kalinya, baru dach mampir di tempat yang namanya "republik telo".Klo mau search di google, sebenarnya sudah banyak koq yang menulis mengenai bakpau telo ini.So, tentunya ane juga akan menambah perbendaharaan search di internet mengenai oleh-oleh ini.tentunya sebenarnya saya tidak sebagai karyawan perusahaan ini, bener dach.. cuman mau shareaja. toh jika memang perusahaan ini secara tidak langsung ter promosikan karena konsumenmerasa terpuaskan bukan?Pertama kali ke republik telo ini ketika puasa 1431 kemarin, saya coba produk andalannya yaitubakpau telonya, pesan satu kardus dan mencoba es krim telo-nya. ehmm.. nyammii pokokknya.apalagi klo makan bakpaonya ketika hujan gerimis-gerimis.. sungguh nikmat, aroma yang dikeluarkan khas bakpau dengan sedikit aroma ketela, sungguh rasa yang tidak dapat di lupakan.Untuk eskrimnya, teridiri dari bermacam-macam rasa, ada strobery, mocca etc. Saran saya untukmembeli es krim ini sebaiknya langsung di makan di tempat, karena jika tidak langsung di
  5. 5. makan, takutnya nanti es krim akan mencair. apalagi jika kita melakukan perjalanan yang cukupjauh. kecuali jika nantinya akan kita taruh ulang di dalam freezer. Jus telaMenu selanjutnya yang saya coba adalah bakpia telonya, sayang, walaupun beberapa kali makan,namun saya belum sempat untuk mengambil gambarnya. mungkin para blogger lain sudahbanyak koq yang mengambilnya.bagi saya ini adalah favorit dari beberapa produk republik teloyang saya suka. Bagi saya selain kelebihannya karena kering,terdiri beberapa rasa dan yangpaling penting adalah lebih tahan lama jika di bandingkan dengan bakpau.Minuman rasa ketela? ehmm gimana rasanya yach. tidak lupa akhirnya mencicipi juz telo ini.pertama coba dari teman yang lebih pertama dulu beli. langsung minta sedikit.. ehmm enak, rasaketelanya sungguh terasa, apalagi dicampur dengan adanya sedikit soda. Membuat kita tidakmerasa "enek" untuk "minum" ketela ini.harganya juga cukup terjangkau, hanya 5rb aja. Nov 17, 09 11:10 PMSelamat Datang Di Republik TELO; untuk semuanyaSesuatu yang sederhana, ternyata bisa membangkitkan selera. Sesuatu yang sederhana belumtentu binasa. Belum tentu sesuatu yang berasal dari desa, kemudian dianggap biasa dandiacuhkan begitu saja. Inilah yang terjadi pada UBI (KETELA). Orang di kampung saya seringmenyebutnya dengan TELO. Saking sederhananya makanan ini, kadang malah sering diucapkansebagai kata-kata sumpah serapah.Contohnya, begini; "Ah, dasar TELO!Ungkapan ini mengindikasikan kalo seseorang yang disebut TELO tersebut, diremehkan, bahkanbisa jadi dinistakan. Ya, pokoknya tidak dianggap, deh! Meskipun ungkapan ini levelnya tidakterlalu kasar, tapi tetap saja meremehkan. Ini sedikit membuktikan, bahwa TELO berada dalamsituasi yang kurang mengenakkan, karena disamakan dengan ungkapan untuk merendahkanseseorang.Saya sendiri belum pernah mendengar bahwa, makanan modern seperti pizza, spaghetti bahkanmoe ayam dan bakso, dijadikan sebuah ungkapan untuk merendahkan orang lain.Kedengarannya akan aneh jika kita menggunakan frase tersebut untuk mengumpat. Misalnya;"Ah, kamu BAKSO!""Kok begitu, dasar PIZZA!""Nah lho, mulai ngawur, dasar SPAGHETTI!""Jangan dipencet, dasar MIE AYAM!"Kedengarannya aneh, lucu dan nggak biasa.
  6. 6. Tapi meskipun TELO tak dianggap, namun ternyata makanan ini mempunyai potensi besar. Taksekedar enak, namun ternyata bisa membuat si empunya TELO punya materi berlebih.Tengoklah di daerah MALANG, seseorang yang bernama UNGGUL WIBISONO. Ia dengansabar menanam TELO, menjadikannya industri yang luar biasa maju. Bahkan dengankreativitasnya, ia mengubah TELO menjadi bermacam ragam makanan. Ada ice cream TELO,ada bakpao TELO dan banyak yang lain. Yang sebelumnya sama sekali nggak suka TELO, bisangiler berember-ember, apalagi kalo sedang laper.MAs UNGGUL dengan cermat menamakan panganan ini dengan sebutan REPUBLIK TELO.JIka suatu saat anda mampir ke MALANG, mungkin bisa mencobanya, panganan ini sungguterkenal di sana.Nah, bukankah TELO nggak bisa dipandang sebelah mata, sekarang saja MAsUNGGUL sudah sukses gara-gara TELO. Makanan yang semula diremehkan ternyata menjadikomoditi yang mantap abis!Tapi ya inget, kalo banyak makan, TELO jangan berlebihan. Kentut, nya kan bau!Republik TeloRabu, 27-01-2010 13:06:15 oleh: Nury NusdwinuringtyasKanal: Wisata Telah berdiri satu republik lagi dalam kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Mungkin diproklamirkan sejak munculnya bakpao telo , yang saya jumpai lebih dari setahun lalusaat berkunjung ke Malang. Bakpao telo kini ditemani para kerabatnya, roti kukus , brownies, icecream dan entah apa lagi. Pada perjalanan ke Malang di Sabtu malam, lepas jadi penguji nasional,dokter yunior S yang mengantar ke Malang , saya paksa singgah di Lawang, ibu kota RepublikTelo.
  7. 7. Republik Telo memberi kejutanbuat saya, ternyata tempatnya luas. Saya bukan pengira yang baik , jangan tanya ukurannyadalam entah meter persegi atau apapun. Kejutan belum selesai, saya temui mie telo, ungu danputih dan mie lain. Mie bayam yang berwarna hijau, mie wortel yang berwarna kuning cerah,mie seledri, dan mie bawang prei. Mie kering ini dalam kemasan dengan deg-degan saya bawake Jakarta, takut remuk. Saya sudah memasak tiga macam, untuk lauk makan siang bersama paraasisten penelitian.Enak juga kok, layak dicoba dan dilestarikan untuk diversifikasi pangan.
  8. 8. Republik TeloBondan Winarno | Sabtu, 22 Maret 2008 | 10:51 WIB|Share:
  9. 9. BONDAN WINARNOBakpau Telo dan sebagainya.Foto:1 2 3 » Play SlideshowKetika rakyat di satu negara Afrika menderita kekurangan parah akan Vitamin A dalam gizimereka, Badan Pangan Sedunia bukannya mengirim wortel, melainkan ubi jalar (Ipomoeabatatas), alias telo atau telo rambat dalam bahasa Jawa. Bukankah wortel selama ini dikenal luassebagai sayuran yang paling banyak mengandung Vitamin A? Ternyata, kandungan Vitamin Adalam ubi jalar jumlahnya empat kali lipat daripada yang dikandung wortel. Di samping itu, ubijalar juga sekaligus memberikan kecukupan karbohidrat bagi rakyat Afrika yang kesrakat itu.Di seluruh dunia, ubi jalar memang “menderita” pelecehan karena selalu dianggap sebagai bahanpangan murahan. Republik Rakyat Cina sebagai negara penghasil ubi jalar terbesar di dunia –Indonesia menduduki posisi nomor dua, lho – menggunakan separuh produksinya untukmakanan ternak babi mereka. Padahal, di Amerika Serikat, ubi jalar merupakan salah satu sajianpenting dalam sejarah kuliner mereka. Di semua pasar swalayan di Amerika Serikat, selalu kitadapat menemukan ubi jalar karena masih banyak dipakai dalam masakan mereka. Oprah Winfreybahkan sempat memopulerkan ubi jalar demi alasan kesehatan dan tradisi.Di Amerika Serikat, orang masih sering rancu menyebut bahan pangan yang satu ini. Secaraumum ubi jalar disebut sebagai sweet potato. Tetapi, sebagian orang juga menyebutnya sebagaiyam. Ada pula yang semakin salah menyebut keladi atau talas sebagai yam. Keladi adalah taroroot dalam bahasa Inggris.Yam memang mirip ubi jalar, tetapi warnanya lebih putih, dan mengandung lebih banyak pati.Yam diambil dari kata nyami – nama umbi ini dalam bahasa Afrika, untuk menyebut umbi yangsebetulnya tergolong dalam Dioscorea species. Sekalipun kedua nama ini dapat dipertukarkan,Departemen Pertanian Amerika Serikat mengharuskan penyebutan yam sebagai sweet potato.Dalam tradisi kuliner Amerika – khususnya di bagian Selatan yang secara sejarah banyakdipengaruhi oleh tradisi kuliner Prancis – banyak dijumpai baked sweet potato sebagai sumberkarbohidrat, khususnya untuk mendampingi masakan jenis stew yang berkuah kental. Bakedsweet potato ini mirip ubi Cilembu yang dimasak dalam oven. Tetapi, berbeda dengan bakedpotato yang biasanya diisi dengan sour cream, mentega, rajangan daun bawang, dan bacon bits,
  10. 10. baked sweet potato tidak di-dress sedemikian rupa. Ubi juga umum dipakai dalam masakancasseroles dan main courses. Banyak juga desserts yang dibuat dari ubi jalar, antara lain: sweetpotato pie. Di Hawaii – dan juga di negara-negara Polinesia lainnya – ubi jalar sangat banyakdipakai dalam diet mereka.Satu ubi jalar utuh mengandung lebih dari 8800 IU Vitamin A – artinya dua kali lipat darikebutuhan harian minimum manusia terhadap vitamin ini. Jumlah kalorinya pun hanya 141,sehingga cocok untuk mereka yang harus menjaga berat badan. Selain itu, ubi jalar juga memberikecukupan Vitamin C, zat besi, dan vitamin maupun mineral lainnya. Kalau Anda bicara denganahli gizi, mereka rata-rata menempatkan ubi jalar lebih tinggi daripada kentang. Sekalipunnamanya sweet potato, tetapi ubi jalar justru lebih cocok bagi penderita diabetes karena dia men-stabil-kan gula darah.Sebagai elemen kuliner, ubi jalar dapat kita jumpai di seluruh dunia. Di pinggir-pinggir jalan diJepang, kita akan sering mendapati penjual yaki imo – ubi panggang – menjajakannya darigerobag dorong. Dalam tempura moriawase kita selalu menemukan beberapa iris ubi jalaroranye yang digoreng dengan tepung. Di Thailand dan Vietnam – seperti juga di Indonesia – punsering terlihat orang menjajakan ubi jalar rebus sebagai ganjal perut murah-meriah.Belum lama ini saya sempat berkunjung kembali ke sebuah restoran yang khusus menjualberbagai makanan dari ubi jalar di Lawang, dekat Malang, Jawa Timur. Sekarang, di sampingtempat asalnya di tepi jalan raya, perusahaan ini juga telah mengembangkan sebuah restoran baruyang diberi nama “Warung Daun”. Di salah satu dindingnya tertulis “Republik Telo”. Lucu juga!Semula, rumah makan ini mengawali usahanya dengan memasarkan bakpao yang dibuat dari ubijalar. Untuk bagian luarnya, tepung ubi jalar dicampur dengan terigu. Sedangkan untuk isinya,dipakai campuran ubi jalar dengan keju, kacang hijau, coklat, dan lain-lain.Sukses mereka memasarkan bakpao telo kemudian dilanjutkan dengan mengembangkanberbagai produk lainnya dari bahan baku yang sama. Hampir semuanya berwarna ungu karenabahan bakunya dari ubi jalar yang berwarna ungu. Mereka sangat kreatif menciptakan berbagaikue basah seperti: corobikang, brownies, dan banyak lagi macamnya. Dalam bentuk kering hadirpula kripik ubi jalar. Juga ada es krim dan jus dari ubi jalar.Pada tahap berikutnya mereka mengembangkan mi yang dibuat dari ubi jalar. Warna mi-nya jugaungu. Sajian mi goreng telo dari rumah makan ini cukup mak nyuss! Tidak ada bedanya denganmi goreng enak lainnya.Belakangan ini mereka juga membuat bakpia telo yang malah langsung mendapat penghargaanPresiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai jajanan tradisional terbaik. Harus saya akui,bakpia yang sangat renyah bagian luarnya ini malah lebih bagus daripada bakpia terkenal darisatu kota di Jawa.Ubi jalar yang dibudidayakan dalam skala industri oleh perusahaan ini semuanya berwarna ungu.Karena itu, semua produk derivatifnya pun berwarna ungu. Bukan saja ungu merupakan warnayang lebih cantik, tetapi ubi jalar ungu juga mengandung Vitamin A lebih banyak, sehingga
  11. 11. bermanfaat bagi kesehatan mata kita. Sama dengan bayam merah yang lebih bagus dibandingbayam hijau.Di Filipina juga populer sekali es krim yang dibuat dari ubi jalar ungu. Orang Filipina menyebutubi jalar dengan nama ube, sangat mirip dengan bahasa kita. Di sana, es krim ube adalah yangnomor dua favorit setelah es krim mangga. Agaknya kita pun perlu mencontoh keberhasilanFilipina memasyarakatkan es krim ube yang bahkan disukai oleh para wisatawan. Di bandarainternasional Manila, ada gerai yang hanya menyediakan es krim mangga dan ube khusus untukdibawa sebagai oleh-oleh. Dikemas rapi dengan dry ice, agar dapat “selamat” sampai di tujuan.Daun ubi jalar juga merupakan sayuran murah yang sering dimakan orang. Di Solo ada sebuahsajian – hampir punah karena sudah semakin langka – yang disebut brambang asem. Sajian inibahan utamanya adalah daun ubi jalar yang disebut jlegor dalam bahasa setempat. Jlegor direbus,lalu disiram dengan saus yang terbuat dari gula merah, asam jawa, cabe merah, bawang merah,terasi. Disantap dengan baceman tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu. Sajian rakyatjelata yang memang sangat murah harganya. Ternyata, ketika saya berkunjung ke Taiwan, pun disana ada masakan yang dibuat dari daun ubi jalar ini. Di Taiwan, ubi jalar juga diproses menjadibahan bakar nabati (biofuel).Ah, kenapa pula sebagian rakyat kita harus menderita kelaparan bila sebenarnya kita dapatmenyediakan ubi rebus dan brambang asem sebagai salah satu alternatif pengayaan gizi?Sayangnya, paradigma kita sekarang selalu mengacu pada beras manakala kita menyoal pangan.Mari kita masyarakatkan telo, dan me-nelo-kan masyarakat!

×