Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

12.ipa1 (bab2)

303 views

Published on

ppt kelompok 2

Published in: Science
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

12.ipa1 (bab2)

  1. 1. Segara Asiani Farida Perdana .H. Niken Hartini Sari rahAyu .S SRIYANTI Nama Kelompok :
  2. 2. KEBERHASILAN DI SEKOLAH MANAJEMEN WAKTU Mengakses Sumber Bantuan Tambahan dalam peningkatan performa akademik GAYA BELAJAR VISUAL AUDIO KINESTETIK BELAJAR KERLOMPOK KONDISI BELAJAR SUASANA DAN WAKTU BELAJAR CARA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TIPS JENIS GAYA BELAJAR EXIT
  3. 3. Saat ini masih terdapat siswa yang datang ke sekolah dan hadir di kelas sekadar hadir, tidak mengoptimalkan semua potensi dirinya untuk meraih hasil terbaik. Jelas hal ini jauh dari aktivitas. Di samping itu siswa kurang menggunakan kemampuan nalarnya dalam belajar, baru sebatas menghafal. Siswa juga masih kurang untuk bertanya, berdialog, bahkan berdebat dengan gurunya.Z Motivasi adalah hal penting untuk keberhasilan belajar karna dengan adanya motivasi dapat meningkatkan keinginan untuk selalu dan terus belajar. Salah satu cara motivasi diri adalah dengan membuat penegasan seperti “Jika dia bisa, kenapa saya tidak bisa?”. Hal lain yang tidak kalah penting adalah pemanfaatan waktu yang dimiliki. KEBERHASILAN DI SEKOLAH
  4. 4. Masadepanseseorang dapatditentukanoleh bagaimanamemanfaatkanwaktu untuknongkrongatauberleha-leha tentuakanberbeda hasilnyadenganorang yangmemperguanakanwaktuuntukmembaca,mengembangkanberbagai bakatdankemampuannyamelalui berbagaimacamkegiatanpositifdan produktif. A.ModifikasiManajemenWaktu Masadepanseseorang dapatditentukan oleh bagaimanamemanfaatkanwaktu untuknongkrongatauberleha-leha tentu akanberbeda hasilnyadenganorang yang memperguanakanwaktuuntukmembaca, mengembangkanberbagai bakatdan kemampuannyamelalui berbagaimacam kegiatanpositifdanproduktif.
  5. 5. Mengakses Sumber Bantuan Tambahan Dalam Peningkatan Performa Akademik Sebagai seorang pelajar, kamu memiliki kewajiban belajar. Namun, keberhasilan belajar tidak bisa hanya dengan membaca, harus terlibat secara fisik maupun psikis.Secara fisik, kamu harus datang di sekolah apabila ingin belajar di sekolah. Tidak mungkin kamu belajar disekolah padahal kamu tidak hadir. Secara psikis, harus melibatkan emosi/perasaan kamu untuk berkonsentrasi belajar. Kamu harus menyenangi apa yang dipelajari, serta memahami tujuan kamu belajar.
  6. 6. Pertama dan utama dalam belajar adalah kamu harusmemiliki waktu khususuntuk belajar. Untukmencapai hasil yangmaksimal, kamuharus melaksanakan jadwal belajar yangsudah disusun secara konsekuen.Perhatikan teman-teman kamupada saat belajar, ada yanglebih senang belajar melalui mencatat informasi(sambil menulis) ada juga yangrajin duduk depan dan memperhatikan(memandang)guruketikamenjelaskan.Secara umum,gaya belajar merupakanperpaduan dari tiga bentukkecenderungandalam memproses informasi, yaknimelalui indrapenglihatan, pendengaran,atau melalui tangan/tubuh.Berdasarkan hal tersebut, Rose dan Nichole sebagaimana dikutip oleh Bobbi DePorter, membagi gayabelajar manusia dalam tiga jenis. Gaya Belajar
  7. 7. Gaya Belajar Visual gaya belajar visual adalah suatu kecenderungan memproses informasi melalui mata atau indra penglihatan. Beberapa ciri dari orang visual adalah rapi dan teratur, berbicara dengan cepat perencana dan pengatur jangka panjang yang baik, teliti terhadap detail, mementingkan penampilan, baik dalam hal pakaian maupun presentasi, mengingat apa yang dilihat daripada yang di dengar, biasanya tidak terganggu oleh keributan, pembaca cepat dan tekun, lebih suka membaca daripada dibacakan.
  8. 8. Gaya BelajarAudio adalah suatu kecenderungan memproses informasi melalui telinga atau indra pendengaran. Beberapa ciri dari orang audio adalah berbicara kepada diri sendiri saat bekerja, mudah terganggu oleh keributan, senang membaca dengan keras, senang mendengarkan, kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam berbicara.
  9. 9. Gaya Belajar Kinestetik adalah suatu kecenderungan memproses informasi melalui tangan dan kaki atau indra peraba. Mereka belajar dengan cara bergerak, bekerja, dan menyentuh. Beberapa ciri dari orang kinestetik adalah berbicaradengan perlahan, menanggapi perhatian fisik, menyentuh orang untuk mendapatkan perhatia mereka, berdiri dekat ketika berbicara dengan orang, menghafal dengan caraberjalan dan melihat, banyakmenggunakan isyarattubuh, tidak dapatduduk diam untuk waktu lama.
  10. 10. Belajar Kelompok Belajar merupakansalah satu cara yangdapat dipakai untukberbagi dengan teman yanglain dalam memecahkan soal dan saling menguatkanmotivasi belajar. Memanfaatkan waktu dengan belajar berkelompok di sekolah atau disekitar tempat tinggal merupakancara yangbijak di banding membuangwaktu dengan percuma. Perbanyaklahlatihan menjawab soal dengan teman.Caranya: ajaklah temanuntukmembentuk kelompok kecil sebagai kelompok belajar. Pesertanya tidak lebi dari 3 orang.Jika pesertanya terlalu banyak dikhawatirkan proses belajar menjadi tidak fokus pada materi yangakan dipelajari.
  11. 11. Gunakan Kondisi Alfa (Titik Tenang) Kondisi ini merupakan situasi dimana kamu merasa santai, tetapi tetap waspada. Pada kondisi ini, orang dapat melakukan suatu kegiatan dengan nyaman serta hasil yang maksimal. Setiap orang memiliki kondisi alfa yang berbeda-beda. Ada orang yang nyaman belajar pagi hari, namun ada juga yang nyaman belajar pukul 7 malam, atau bahkan tengah malam.
  12. 12. Suasanadan Waktu Belajar Setiaporangmenyenangi suasanadanwaktutertentu untuk belajar.Adayangsenang belajartengahmalamharidimana suasanatenangtanpagangguan suaraapapun.Akantetapi adajuga yangsenang belajarkapansaja,yangpenting diiringimusik,musikpun bermacam-macam,adayang senang denganmusikyangkeraspadasaatbelajar,tetapi adajuga yangsenang denganmusik yanglembut untuk mengiringi belajar.
  13. 13. THANKS FOR YOUR ATTENTION GUYS!!! ITS NICETO MEET YOU TODAY, SEE YOU NEXT TIME! GOOD BYE!

×