Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Menjangkau melalui Multimedia

335 views

Published on

Pada tanggal 20 Januari 2017, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) kembali mengadakan +TED @SABDA. Pelaksanaan +TED @SABDA kali ini merupakan bagian dari program kerja tim Penjangkauan YLSA sehingga tema-tema yang diangkat akan berhubungan dengan pelayanan penjangkauan. Dalam acara tersebut terdapat enam presentasi, yang salah satunya cukup menarik dan bisa menjadi inspirasi untuk mengaplikasikan pelayanan digital di era ini. Presentasi tersebut tentang "Menjangkau Melalui Multimedia" yang disampaikan oleh Haryono Wongsohadi, seorang hamba Tuhan dari Gereja Kristen Kalam Kudus Surakarta. Dalam presentasinya, beliau menjelaskan bahwa alasan kita perlu melakukan penjangkauan dengan memanfaatkan multimedia karena media sangat relevan dengan kebutuhan dan tren zaman ini, yaitu bersuara, menampilkan gambar berupa video, dan interaktif. Salah satu contoh adalah YouTube. Youtube menyediakan konten-konten, tetapi yang memilih kontennya adalah kita. Dengan adanya situs multimedia seperti itu tentunya jangkauan semakin terbuka luas. Dan, tentu saja, Kristus pun harus hadir di dalam media ini. Selain itu, berdasarkan data dari survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada November 2016, sebanyak 256,2 juta orang penduduk Indonesia, 132,7 juta-nya adalah pengguna internet dan 129,2 juta di antaranya adalah pengguna sosial media. Ini berarti menyampaikan Kabar Injil melalui multimedia di internet dan media sosial bisa efektif.

Akan tetapi, beliau juga memaparkan bahwa media sosial Indonesia saat ini masih mengalami kebobrokan. Berikut ini kesalahan-kesalahan umum yang terus terjadi dikarenakan pengguna media sosial Indonesia masih sulit membedakan antara dunia maya dan dunia nyata. Pertama, menganggap privat media sosial. Pengguna sosmed merasa memiliki hak untuk bebas membagikan apa pun di dalam akun pribadi yang bisa dilihat oleh orang lain. Kedua, membagikan berita yang kadang kala tidak dibaca dan belum jelas kebenarannya (hoax). Terakhir, menebarkan kebenciaan. Jika kita mau menjangkau melalui multimedia, setidaknya beliau menganjurkan kita untuk melakukan tiga tugas penting berikut ini.
1. Menyadari indentitas dan perbedaan. Kita harus menyadari bahwa indentitas kita adalah anak-anak Allah dan kita memiliki perbedaan, yaitu tidak menjadi serupa dengan dunia ini.
2. Berbagi nilai. Menanggapi berita maupun posting orang lain dengan membagikan nilai-nilai kritiani.
3. Terlibat dalam masyarakat. Mengubah gaya update status di media sosial dan ikut terlibat dalam menverifikasi dan klarifikasi situs-situs penyebar berita hoax.

Respons peserta yang hadir pun cukup antusias dan setuju dengan pemaparan yang diberikan oleh Haryono Wongsohadi. Bahkan pada sesi diskusi, banyak peserta yang memberikan pertanyaan dan tanggapannya. Bagaimana dengan Sahabat, apakah Sahabat tertarik untuk mulai penjangkauan menggunakan multimedia? Mari berdiskusi lebih lanjut mengenai hal ini di dalam komunitas Apps4God.

Published in: Technology
  • Be the first to comment

Menjangkau melalui Multimedia

  1. 1. Menjangkau the Multimedia via © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  2. 2. Mengapa multimedia? © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  3. 3. Media Komunikasi © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A Media komunikasi yang paling pertama adalah 'suara'. Suara itu memiliki berbagai kelebihan seperti ukurannya yang ringan dan kita bisa mendengarkannya kapan saja dan di mana saja. Tetapi juga memiliki kelemahan, yaitu ketika pesan itu pindah dari satu orang ke orang yang lain ada kemungkinan isinya terdistorsi. Kemudian, muncullah media yang kedua yaitu 'tulisan'. Tulisan ini lebih bernilai kekal. Tetapi tetap ada masalah. Ketika kita membaca tulisan, kita kadang tidak mengetahui perasaan orang yang menulis. Kemudian muncul media komunikasi berikutnya yaitu melalui 'radio'. Radio ini mempunyai kelebihan yaitu bisa langsung (live) dan menjangkau banyak orang. Tetapi kelemahannya adalah kalau kita ingin menunjukkan perform misalnya tari- tarian, kita tidak bisa.
  4. 4. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A Lalu muncul media selanjutnya, yaitu 'televisi'. Televisi hadir untuk menjawab tantangan itu: ada suara, ada gambar, menjangkau banyak orang. Tetapi televisi itu satu arah, diberikan oleh stasiun televisi kepada penonton, kita tidak bisa memilih. Yang terakhir ini adalah 'multimedia'. Media ini sedang booming. Kenapa booming? Karena media ini telah menjawab semua tantangan di zaman yang lampau: bersuara, video, dan interaksinya dua arah. Bahkan bukan hanya kita bisa memilih kontennya. Ketika kita sedang menonton, kita juga bisa memberikan komentar, bisa live. Ada interaksi dua arah. Media Komunikasi Zaman ini adalah zaman yang lebih dari zaman-zaman yang lain karena kita bisa menjangkau banyak orang. Dan tentu saja, itu berarti Kristus harus hadir di dalam media itu.
  5. 5. Kenapa multimedia itu penting? © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  6. 6. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A Salah satu survei dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada November 2016 menunjukkan bahwa dari 256,2 juta orang penduduk Indonesia, 132,7 juta-nya adalah pengguna internet.
  7. 7. 129.200.000 Orang yang bisa dijangkau melalui media sosial. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A Itu berarti ketika menyampaikan Kabar Injil melalui multimedia ini sangat relevan. (Ini separuh penduduk Indonesia.)
  8. 8. menjangkau melalui multimedia tetapi via media sosial © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  9. 9. Mengenali Pengguna Media Sosial © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A Pengguna internet Indonesia dibagi menjadi 3K.
  10. 10. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A Kognisi
  11. 11. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A Komunikasi (Itu berarti ini adalah ladang penginjilan yang paling efektif.)
  12. 12. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A Komunitas
  13. 13. Bobroknya Media Sosial Kita Menyadari “dunia” yang akan kita hadapi sebagai seorang reformator media sosial. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A (Tetapi masalahnya, media sosial kita juga memiliki kebobokkan.) Ada beberapa kesalahan umum yang terjadi dikarenakan kita masih blur membedakan antara dunia maya dan dunia nyata.
  14. 14. Menganggap Privat Kebanyakan dari pengguna menganggap media sosial hanya sebagai curahan hati (diary). Place your screenshot here 1) © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A (Kita merasa memiliki hak untuk bebas membagikan apapun di dalam akun kita.)
  15. 15. Membuat Situs Hoax/Radikal Kita akan makin sulit membedakan mana buah impor dan lokal jika sebuah supermarket hanya diisi barang-barang pasar. Place your screenshot here 2) © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  16. 16. Place your screenshot here Tanpa verifikasi, bahkan tanpa dibaca, tombol share langsung diklik. Share hanya karena judul heboh © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A Membagikan berita yang kadang kala tidak dibaca dan belum jelas kebenarannya (hoax).
  17. 17. Orang Kristen Baik? Siapa bilang yang menebar kebencian hanya orang- orang yang bukan Kristen. Place your screenshot here 3) © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  18. 18. Penyakit Orang Kristen TELADAN NEGATIF SIKAP PASIF © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A Permasalahannya, menanggapi kesalahan ini, orang Kristen kebanyakan justru mengambil sikap pasif.
  19. 19. What to do? © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  20. 20. 3 Tugas Penting Berbagi Nilai Identitas dan Perbedaan Terlibat dalam Masyarakat © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  21. 21. Identitas dan Perbedaan IDENTITAS Orang lain harus tahu bahwa kita adalah anak Tuhan (secara harafiah: Kristen). PERBEDAAN Janganlah cuma “tidak serupa dengan dunia ini (Rm. 12:2)” di medsos, tetapi juga di kehidupan nyata (otentik). © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A 3 Tugas Penting
  22. 22. Berbagi Nilai © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A 3 Tugas Penting Menanggapi berita maupun posting orang lain dengan membagikan nilai-nilai Kritiani.
  23. 23. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  24. 24. Terlibat di Masyarakat MATIUS 19:19 Tindakan ini didasarkan pada kasih terhadap orang yang tak segolongan kita. TENTANG DUNIA Hidup Anda bukan hanya tentang kenyamanan berkumpul bersama orang percaya saja. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A 3 Tugas Penting
  25. 25. “ Ubahlah gaya update status di setiap akun situs pertemanan virtual kamu! Place your screenshot here © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  26. 26. “ Verifikasi dan klarifikasi situs hoax. Jadilah agen pembasmi situs hoax. Atau, paling tidak, jangan ikut merusak! Place your screenshot here © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  27. 27. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  28. 28. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  29. 29. “ Bergabunglah dalam proyek- proyek Kristen yang sudah ada! © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  30. 30. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  31. 31. “ Masuklah dalam situs- situs opini untuk menyebarkan pemikiranmu! © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  32. 32. © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  33. 33. Komitmen, Mulai Hari Ini © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A
  34. 34. Menjangkau the Multimedia via © H A R I Y O N O W O N G S O H A D I – † E D S A B D A

×