Successfully reported this slideshow.

Sistem Pemerintahan Swiss

29,087 views

Published on

  • apa nama perjan jian yang melahirkan swis sebagai negara netral ?
    terima kasih..
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Sistem Pemerintahan Swiss

  1. 1. ADELTAMA AJI ADIROGO NURKUSUMO ANJELIA DEFANI M INDIRA M NI MADE AGNI NIKKOLAS EDY RAHMA MAHARSI RAHMA MEIZA ZAMIA SAFIRA
  2. 2. Ibu kota Bern[(de facto) 46°57′LU 7°27′BT Kota terbesar Zurich Bahasa resmi Jerman (63.7 %), Perancis (20.4 %), Italia (6.5 %), Romansh[1] (0.5 %) Demonim Swiss Pemerintahan Republik Federal denganSistem Direktorial dan demokrasi langsung - Dewan Federal Doris Leuthard Eveline Widmer- Schlumpf Ueli Maurer (Presiden 2013) Didier Burkhalter(Wakil Presiden 2013) Simonetta Sommaruga Johann Schneider- Ammann Alain Berset - Kanselir Federal Corina Casanova Legislatif Majelis Federal - Majelis Tinggi Dewan Negara - Majelis Rendah Dewan Nasionall Merdeka - Tanggal Pendirian 1 Agustus[note 2] 1291 - de facto 22 September 1499 - Diakui 24 Oktober 1648 - Restorasi 7 Agustus 1815 - Negara Federal 12 September 1848[2] Luas - Total 41.285 km2 (Ke-133) - Air (%) 4.2 Penduduk - Perkiraan 2010 7,866,500[3] (Ke-95) - Sensus 2000 7,452,075 - Kepadatan 188/km2 (Ke-65) PDB (KKB) Perkiraan 2011 - Total $321.898 Miliar[4] (ke-36) - Per kapita $45,265[4] (Ke-8) PDB (nominal) Perkiraan 2011 - Total $512.065 Miliar[4] (Ke-19) - Per kapita $75,835[4] (Ke-4) Gini (2000) 33.7 (medium) IPM (2010) ▲0.874[5] (sangat tinggi) ( ke-13) Mata uang Franc Swiss (CHF) Zona waktu CET (UTC+1) - Musim panas (DST) CEST (UTC+2)
  3. 3. Konfederasi Swiss atau dalam bahasa latin Confoederatio Helvetica, adalah sebuah negara federal berisi 26 canton di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman, Perancis, Italia, Liechtenstein dan Austria. Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral namun tetap memiliki kerja sama internasional yang kuat. Pegunungan Alpen
  4. 4. Swiss terbagi atas 26 kanton, 6 daripadanya kadang-kadang dianggap sebagai "separuh kanton" karena berawal dari pemisahan 3 kanton dan dampaknya hanya ada satu wakil dalam Dewan Negara. Ibukota negara ini adalah Bern. Kota-kota penting lainnya adalah Zurich, kota terbesar di Swiss (yang dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia pada tahun 2006 dan 2007), dan Jenewa yang menjadi lokasi berbagai badan internasional seperti PBB, WHO, ILO dan UNHCR.
  5. 5. Swiss kaya dengan sejarah sebagai sebuah negara yang netral tanpa memandang masa perang atau damai (dan tidak pernah terlibat dalam perang terhadap pemerintahan asing sejak tahun 1815). Oleh karena itu, Swiss dijadikan tuan rumah berbagai organisasi internasional seperti PBB yang, meskipun markas besarnya ada di New York City, namun banyak mendirikan kantor di Swiss. Markas Komisi HAM PBB, Geneva, Swiss.
  6. 6. • 1 Agustus 1291 Swiss menyatakan kemerdekaannya. • Sejarah Swiss ini dimulai dari Konfederasi Swiss Kuno yang merupakan persekutuan dari komunitas Alpen tengah. Dengan adanya konfederasi ini, wilayah di Swiss khususnya di wilayah Alpen difasilitiasi dengan fasilitas-fasilitas umum dan keamanan jalur perdagangan di wilayah tersebut pun terjamin. • Setelah sekian lama membentuk sebuah sistem yang aman dan juga berjalan dengan lancar, Konfederasi Swiss Kuno pun akhirnya mengalami kemunduran pada tahun 1515. Kemunduran konfederasi Swiss ini diakibatkan kekalahan yang dialami oleh pihak Swiss dalam Pertempuran Marignano. • Dalam “Dekrit Zürich” yang berisi instruksi kepada negara-negara konfederasi untuk menjauhkan diri dari berbagai konflik bersenjata yang sering berkecamuk di kalangan negara tetangga, dan ditandangani pada tahun 1563, istilah “netralitas” pertama kali digunakan
  7. 7. • Dengan kekalahan pihak Konfederasi Swiss ini maka muncullah beberapa perang yang terjadi hingga ratusan tahun lamanya. Akhirnya, pada tahun 1648, Negara Eropa pun mengakui kemerdekaan Swiss dari Kekaisaran Romawi Suci. Kemerdekaan Negara Swiss ini tercantum dalam Perjanjian Westfalen. • 1978, Swiss mengalami keguncangan. Swiss mendapat serangan yang mengakibatkan peperangan yang cukup merugikan bagi pihak Swiss. Swiss akhirnya mengalami kekalahan dan perubahan dalam sistem kenegaraannya • Perubahan ini telah menghapuskan sistem kanton di Swiss dan menghancurkan kebudayaan-kebudayaan yang berlaku selama bertahun-tahun. Hal inilah yang kemudian menyebabkan banyaknya perlawanan yang dilakukan oleh penduduk Swiss dan menyebabkan peperangan pun berlangsung sekian lama. • Keterlibatan Napoleon : lahirnya UU Mediasi (telah banyak memulihkan tradisi kanton dan memulihkan keadaan Negara Swiss). Bahkan, pemulihan Negara Swiss bertambah dengan adanya Kongres Wina pada tahun 1815.
  8. 8. • Pada tahun 1920, Swiss bergabung dengan LBB, dan Dewan Eropa pada tahun 1963. • Swiss menjadi markas penting untuk mata-mata kedua belah pihak selama konflik dan sering menengahi komunikasi antara Blok Poros dan Sekutu. • Wanita diberikan hak memilih dalam di tingkatan kanton pada tahun 1959, di tingkat federal pada tahun 1971, dan setelah perlawanan, di kanton terakhir Appenzell Rhodes-Interieures pada tahun 1990. • Setelah hak pilih di tingkat federal, wanita cepat naik dalam kepentingan politik, di mana wanita pertama yang menjadi anggota dewan tinggi adalah Elisabeth Kopp (1984-1989).
  9. 9. • Presiden wanita pertama adalah Ruth Dreifuss, dipilih pada tahun 1998 untuk menjadi presiden pada tahun 1999. • (Presiden Swiss dipilih tiap tahun dari antara 7 anggota dewan tinggi). Presiden wanita kedua adalah Micheline Calmy-Rey yang memegang jabatan tinggi di Swiss pada tahun 2007 (Kanton Valais). • Pada tahun 1979, daerah di dalam perbatasan Kanton Berne melepaskan diri, membentuk Kanton Giura. Pada tanggal 18 April 1999, penduduk dan kanton Swiss bersuara berkenaan dengan konstitusi federal yang direvisi sempurna. • Pada tahun 2002, Swiss menjadi anggota penuh PBB. • Swiss merupakan anggota pendiri EFTA, namun tidak menjadi anggota European Economic Area.
  10. 10. • Swiss adalah sebuah Republik Federal. Republik adalah suatu bentuk pemerintahan di mana pemimpinnya dipilih melalui pemilihan umum (bukan diturunkan seperti monarki) entah secara langsung ataupun tidak langsung. • Menjadi negara federal sejak 1848. • Federal adalah suatu federasi, yaitu gabungan beberapa negara bagian yang dikoordinasi oleh pemerintah pusat, yang mengurus hal-hal mengenai kepentingan nasional seluruhnya (seperti keuangan, urusan luar negeri, dan pertahanan). • Swiss menganut sistem demokrasi langsung, dan pemerintahannya terdiri oleh 7 anggota yang dipilih oleh Federal Assembly. Ketujuh orang itu sekaligus memimpin departemen utama. Status mereka bisa juga disebut menteri. • Yang menarik, ketujuh orang pilihan itu secara bergantian menjadi presiden. Jabatan sebagai presidennya masing-masing selama satu tahun.
  11. 11. • Jika disederhanakan Swiss yang luasnya 41.400 Km² dipimpin secara kolektif oleh presidium yang terdiri dari tujuh orang. • Dengan sistem federal, negara federalnya disebut kanton. Ada 26 kanton yang kini berhimpun menjadi Swiss. Sebanyak 17 kanton adalah kanton Swiss- Jerman (berbahasa Jerman), 4 kanton Swiss-Romande (berbahasa Perancis), 1 kanton berbahasa Itali (Ticino), 3 kanton bilingual Perancis-Jerman, dan 1 kanton (Graubünden) trilingual Jerman, Italia dan Rumantsch. Itulah sebabnya bahasa nasional di Swiss ada empat. • Kanton-kanton ini mempunyai otonomi luas seperti hal sistem negara federal. Mereka menentukan secara penuh aturan daerah.
  12. 12. • Masalah internasional, kehakiman, pertahanan, keuangan negara dipegang oleh pemerintahan pusat. • Sedangkan anggota parlemen (Federal assembly) berasal dari utusan kanton. Mereka inilah yang menentukan tujuh menteri utama yang akan menjadi presiden secara bergiliran. Presiden sebagai kepala negara juga merangkap sebagai kepala pemerintahan (Perdana Menteri).
  13. 13. • Kanton adalah negara bagian dari negara federal Swiss. • Tugas : mengerjakan tugas yang secara eksplisit tidak disebutkan sebagai tugas konfederasi konstitusi Swiss. • Swiss terdiri dari 13 kanton (sampai abad 16), 23 kanton (setelah abad 16), sekarang 26 kanton. • Dewan Legislatif (parlemen unikameral => 58 - 200 kursi & majelis umum / landsgemeinde), Pemerintahan (5 - 7 anggota), pengadilan, konstitusi masing-masing kanton berbeda. • Pembagian Kanton (sampai abad 16) : – 6 Kanton Hutan (Republik, Demokrasi Langsung) – 7 Kanton Perkotaan (dipimpin oleh Dewan-Dewan Kota) : Zurich, Bern, Basel
  14. 14. • Setelah abad 16 : tidak ada sistem 6 kanton hutan dan 7 kanton perkotaan, tapi ada 2 kanton menganut Demokrasi Langsung (Appenzell Innerrhoden & Glarus) dan kanton lainnya menggunakan kotak suara. • Tidak ada tambahan kanton setelah kanton Jura. • Menurut Konstitusi 1999, jumlah kanton : 26, Tetapi jumlah negara bagian berkaitan dengan pemilihan dewan negara & pemilihan dalam inisiatif federal : 23.
  15. 15. • Ada dua sistem politik yang diterapkan oleh Negara Swiss, yaitu : 1. Demokrasi langsung 2. Sistem republik direktorial. • Sejak 1848, konstitusi federal Swiss sudah mengadaptasi bentuk politik demokrasi langsung. Penggunaan demokrasi pada sistem federal, dikenal sebagai civic rights (Volksrechte, droits civiques), memungkinkan warganya untuk menentukan keputusan-keputusan parlemen. Dengan sistem tersebut, penduduk bisa aktif berpartisipasi dalam pembuatan hukum yang ada karena hukum yang berlaku ditentukan berdasarkan keputusan dari mayoritas penduduk. • Swiss juga mengadopsi sistem republik direksional yang merupakan sebuah sistem di mana suatu negara dipimpin oleh suatu kelompok yang terdiri dari beberapa orang yang secara bersama-sama menjalankan kekuasaan sebagai kepala negara.
  16. 16. Pemerintahan di Swiss dibagi menjadi tiga sistem, yaitu: A. Sistem federal B. Sistem canton C. Sistem commune.
  17. 17. SISTEM FEDERAL • Konstitusi federal memiliki tanggung jawab dalam hal hubungan antar negara bagian seperti hubungan luar negeri, militer, harga, perpajakan, nilai mata uang, transportasi, dan komunikasi pada konfederasi (negara Swiss). Konstitusi federal di Swiss sudah direvisi sebanyak tiga kali sebelum akhirnya dipakai sampai saat ini
  18. 18. SISTEM CANTON • Canton adalah sebutan untuk negara bagian di Swiss. • Bagian canton memiliki tanggung jawab dalam hal kenegaraan seperti kepolisian, rumah sakit, dan universitas. Karena itu, canton mempunyai konstitusi, pemerintahan, pengadilan, dan majelisnya sendiri. • Pemerintahan canton terdiri dari 5-7 orang di lihat dari canton nya
  19. 19. SISTEM COMMUNES • Communes, bagian pemerintahan terkecil di Swiss, memiliki tanggung jawab untuk mengurus pelayanan publik seperti sekolah negeri, pemasokan air, dan pengurusan sampah.
  20. 20. SISTEM PEMERINTAHAN SWISS • Swiss menganut sistem pemerintahan referendum (parlementer dan presidensil) yang berarti diketuai oleh presiden dan parlemen .Parlemen sepenuhnya mengatur pemerintahan dalam negara
  21. 21. SISTEM PEMERINTAHAN SWISS • Ada dua jenis referendum yang diterapkan di Negara Swiss, yaitu : 1. facultative referendum Facultative referendum adalah ketika Jika penduduk menolak suatu hukum, mereka harus bisa mendapatkan 50.000 tanda tangan yang tidak menyetujui hukum tersebut dalam waktu 100 hari. Jika sudah didapati demikian, maka akan diadakan suatu pemilihan nasional untuk menentukan apakah para penduduk lainnya juga menyetujui atau menolak hukum tersebut. Ini adalah tipe referendum yang sering digunakan. 1. Obligatory referendum Obligatory referendum adalah suatu kewenangan untuk penduduk agar dapat membuat suatu amandemen konstitusi apabila mereka mendapatkan 100.000 tanda tangan yang menyetujuinya dalam waktu 18 bulan.
  22. 22. • Pemilihan biasanya diadakan pada saat Sabtu dan berakhir pada Minggu siang. • Pemilihan dapat dilakukan dengan cara mengirimkan surat untuk menjawab antara iya dan tidak. Hasil pemilihan dihitung secara manual oleh sekelompok orang yang dipilih untuk tanggung jawab ini. • Biasanya, penghitungan selesai dalam waktu 5-6 jam. Tetapi, pada kota besar di Swiss seperti Zurich dan Geneva, tentu saja akan memakan waktu yang lebih lama. • Hasil pemilihan yang akan dipertimbangkan adalah keputusan mayoritas dari keseluruhan penduduk dan keputusan mayoritas dari kanton-kanton yang ada (double majority).
  23. 23. PEMBAGIAN KEKUASAAN DI SWISS • Ada 3 macam kekuasaan yang terdapat di Swiss yaitu: A. Eksekutif C. Yudikatif B. Legislatif
  24. 24. KEKUASAAN EKSEKUTIF • Kekuasaan eksekutif berada di tangan presiden. • Presiden adalah pemegang kekuasaan pemerintahan negara. Presiden dibantu oleh wakil presiden dan menteri-menteri untuk melaksanakan tugas sehari-hari. • Kekuasaan eksekutif di Swiss berada di tangan Bundesrat (Dewan Federal) yang terdiri dari tujuh orang. Kelompok ini dinominasikan untuk 4 tahun jabatan oleh Federal Assembly dan melakukan latihan untuk kepemimpinan. • Dengan cara bergilir, ketujuh orang tersebut akan mendapatkan jabatan entah sebagai presiden ataupun wakil presiden dengan masa jabatan setahun. • Sekarang ini, ketujuh anggota tersebut adalah Doris Leuthard (CDP), Eveline Widmer-Schlumpf (Conservative Democratic Party of Switzerland), Ueli Maurer (SPP), Didier Burkhalter (FDP), Simonetta Sommaruga (SDP), Johann Schneider- Ammann (FDP) and Alain Berset (SDP). Presiden dan wakil presiden yang terpilih pada tahun 2011 adalah Eveline Widmer-Schlumpf dan Ueli Maurer. • Anggota-anggota dari Bundesrat ini dipilih oleh Bundesversammlung untuk jangka waktu 3 tahun dan bisa dipilih kembali. • Seluruh partai politik utama diwakili di Bundesrat. Bundesrat bertugas untuk mengesahkan undang-undang yang ada, merumuskan perundang-undangan yang baru, melaksanakan hubungan luar negeri, dan mengesahkan mobilisasi tentara.
  25. 25. KEKUASAAN LEGISLATIF • Kekuasaan legislatif berfungsi untuk menentukan kebijakan dan membuat undang-undang. • Terdapat dewan nasional dan dewan negara yang memiliki peranan masing- masing. Parlementer di Swiss disebut sebagai Federal Assembly yang dibagi jadi dua bagian, yaitu Standerat (dewan negara) yang mempunyai dua perwakilan (senat) dari setiap kanton dan Nationalrat (dewan nasional) yang terdiri dari 200 anggota yang dipilih berdasarkan sistem Proportional Representation Daftar Bebas • Semua anggota pada Federal Assembly memiliki masa jabatan selama empat tahun. • Badan Legislatif memilih seorang Presiden dan Wakil Presiden dari anggota-anggota dewan untuk masa satu tahun saja. Presiden mengontrol rapat-rapat Bundesrat, tetapi juga memiliki posisi yang sangat simbolis. Setiap tujuh anggota dewan mengepalai satu kementerian Federal. • Kementerian tersebut adalah: Kementerian Ekonomi, Kementerian keuangan, Kementerian Luar negeri, Kementerian pertahanan, Kementerian Transportasi & energi, Kementerian dalam negeri, Kementerian keadilan & keamanan.
  26. 26. KEKUASAAN YUDIKATIF • Lembaga Yudikatif terdiri atas konstitusi federal. Lembaga ini merupakan Federal tribunal, yang bertempat di Lausanne, adalah Majelis Agung. Lembaga ini memiliki Yurisdiksi final dalam mengatasi persoalan antara pemerintahan federal dan kanton, perusahaan dan individu, dan antar kanton. Mahkamah ini terdiri dari 30 orang hakim yang ditunjuk selama 6 (enam) tahun oleh Majelis Federal. Tidak ada pengadilan yang lebih rendah. • Setiap kanton memiliki sistem pengadilan otonomi sendiri, termasuk pengadilan kriminal dan sipil dan naik banding. Pengadilan kanton bertangung jawab menginterpretasikan UU Federal jika terkait dengan masalah lokal. • Masalah hukum kanton terdiri atas dua atau tiga level pengadilan, tergantung pada luas kanton
  27. 27. Swiss Council Logo National Council Seating Swiss Council of States Bundesgericht
  28. 28. Federal Palace of Switzerland
  29. 29. Di dalam pemerintahan Swiss, pembagian kursi di dewan negara dibentuk dari empat partai besar dengan susunan: dua partai sosial demokrat (SPS/PSS), dua partai liberal demoktrat (FDP/PRD), dua partai rakyat Swiss (SVP/UDC), dan satu partai demokrat kristen (CVP/PDC). Selain empat partai besar tersebut, ada 12 partai dan partai kecil lainnya yang tidak termasuk dalam koalisi pemerintahan. Terdapat banyak partai di Swiss karena Swiss adalah salah satu negara yang menggunakan sistem multipartai.
  30. 30. 1. Sekilas Tentang Indonesia Sistem pemerintahan : Presidensil, Parlementer Bentuk pemerintahan : Republik Bentuk negara : Kesatuan Eksekutif : Presiden Legislatif : DPR/MPR Yudikatif : MA (mahkamah Agung) Sistem pemilu : 5 tahun sekali 2. Sekilas Tentang Swiss Sistem pemerintahan : Presidensil, Parlementer Bentuk pemerintahan : Republik Federal Bentuk negara : Konfederasi (Schwei Zerisch) Eksekutif : Presiden (perdana menteri) Legislatif : Dewan Nasional,Dewan Negara Sistem pemilu : 1 tahun sekali Yudikatif : Konstitusi Federal
  31. 31. 3. Perbedaan Pemerintahan Swiss dan Indonesia • Swiss memiliki dewan federal yang jumlahnya 9 orang • Swiss memiliki kanselir federal • Swiss memiliki 26 kanton • Bahasa di swiss bermacam macam (swiss,jerman,perancis,italia) • Anggota parlemen berasal dari utusan kanton • Masa jabatan presiden di Swiss adalah 1 tahun sedangkan Indonesia 5 tahun 4. Persamaan Swiss dan Indonesia • Memiliki sistem pemilu yang multipartai

×