Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bab i. pendahuluan

1,278 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

Bab i. pendahuluan

  1. 1. 1 BAB I PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang Saat ini teknologi sudah menjadi sahabat dalam kehidupan. Tanpa adanya teknologi, manusia pasti masih sangat kerepotan dengan berbagai kegiatan rutin yang harus dilakukan sehari-hari. Walaupun zaman sekarang teknologi sudah bukan lagi benda asing ditelinga masyarakat, tetapi masih banyak orang yang buta akan teknologi, bahkan ada orang yang tidak percaya dengan teknologi yang ada sekarang ini, mereka senantiasa menggunakan waktu bahkan biaya yang lebih banyak dibandingkan jika menggunakan teknologi. Dan bila kita melihat sebenarnya perkembangan dunia informasi saat ini semakin cepat memasuki berbagai bidang, sehingga banyak perusahaan atau perbankan yang berusaha meningkatkan kinerjanya di segala bidang pekerjaannya. Sekarang banyak dijumpai berbagai aplikasi yang menggunakan sistem-sistem informasi yang berbasis komputer. Informasi memegang peranan yang sangat penting bagi perkembangan dunia kerja. Dengan perkembangan teknologi pengolah data yang canggih dan pesat, komputerisasi merupakan suatu alternatif tepat yang dibutuhkan untuk seorang pimpinan dalam suatu perusahaan atau perbankan. Hal ini mendorong banyak perusahaan atau Perbankan untuk memanfaatkan perkembangan informasi secara maksimal, baik informasi yang berasal dari dalam maupun informasi yang berasal dari luar. Salah satu perusahaan Perbankan yang memanfaatkan perkembangan informasi adalah PT.Bank Perkreditan Rakyat Kusuma Sumbing Wonosobo. Keberadaan “PT.Bank Perkreditan Rakyat Kusuma Sumbing” sebagai perusahaan Perbankan yang bergerak dalam bidang Perkreditan, mestinya dengan jumlah peminjam yang semakin tahun semakin meningkat maka dibutuhkan adanya sistem informasi yang mampu
  2. 2. 2 memberikan pelayanan prima kepada para nasabah karena dengan sistem yang canggih pekerjaan untuk mendata Nasabah jadi lebih cepat tepat dan efisien. Sistem informasi perkreditan PT.Bank Perkreditan Rakyat Kusuma Sumbing, sudah digunakan lebih dari 2 tahun, namun sistem ini masih dapat dipergunakan dan melayani seluruh transaksi Perkreditan hingga saat ini. bahkan sistem informasi ini juga dapat bekerja lebih dari 1 komputer yang memungkinkan sistem ini melakukan transaksi tidak terbatas pada 1 komputer, sehingga mempermudah dan mempercepat proses transaksi perkreditan. Oleh karena itu berdasarkan latar belakang diatas maka penulis mengambil judul “Analisis Sistem Informasi Pengajuan Kredit Usaha PT.Bank Perkreditan Rakyat Kusuma Sumbing Cabang Wonosobo”.1.2 Rumusah Masalah Dari latar belakang permasalahan di atas, maka perumusan masalah atau pokok masalah yang ada pada PT.Bank Perkreditan Rakyat Kusuma Sumbing Wonosobo adalah sebagai berikut : a. Kurang Efektifnya Pengajuan Kredit di PT.Bank Perkreditan Rakyat Kusuma Sumbing Cabang Wonosobo b. Rumitnya Proses Pencairan Kredit karena tidak Edisien dalam Pencairan Berkas Kredit Debitur sehingga membutuhkan waktu yang lama1.3 Batasan Masalah Dalam membuat laporan kerja praktek ini penulis membatasi pembahasanya sehingga dalam melakukan pembahasan akan lebih terfokus dan tidak melebar yaitu : a. Sistem informasi yang di Analisis adalah Sistem Informasi Pengajuan Kredit PT.Bank Perkreditan Rakyat Kusuma Sumbing Wonosobo. b. Sistem informasi ini hanya membahas Prosedur Pengajuan Kredit Usaha.
  3. 3. 31.4 Tujuan Kerja Praktek Adapun tujuan dari Kerja Praktek ini adalah : a. Untuk Mengetahui seberapa efektifkah sistem pengolahan Data Pengajuan Kredit pada PT. BPR Kusuma Sumbing. b. Untuk mmengetahui penerapan-penerapan ilmu teknik komputer dalam kehidupan masyarakat dan mengaplikasikannya. c. Dapat memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa sebelum terjun pada dunia kerja.1.5 Manfaat Kerja Praktek 1.5.1 Bagi Penulis a. Sebagai media untuk memperdalam wawasan dan pengetahuan tentang sistem informasi Perkreditan. b. Sebagai media untuk mengimplementasikan teori-teori yang telah diterima di bangku kuliah di dunia nyata. c. Sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah Kerja Praktek (KP). d. Penerapan Ilmu Komputer yang dikembangkan di perusahaan dari latihan dalam rangka memasuki dunia kerja setelah lulus nanti. 1.5.2 Bagi PT.Bank Perkreditan Rakyat Kusuma Sumbing Wonosobo, Dapat di gunakan sebagai bahan pertimbangan terhadap sistem informasi Pengajuan Kredit yang digunakan apakah sudah baik sesuai dengan yang di inginkan atau perlu perbaikan terhadap sistem tersebut. 1.5.3 Bagi Akademik a. Untuk menambah Kepustakaan bagi Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo. b. Sebagai bahan refrensi untuk mahasiswa Universitas Sains Al- Qur’an Jawa Tengah di wonosobo khususnya dalam pembuatan laporan kerja praktek.
  4. 4. 4 1.5.4 Bagi Mahasiswa Menambah informasi kepada mahasiswa sebagai bahan acuan pengembangan penelitian lebih lanjut.1.6 Tempat Pelaksanaan Kerja Praktek Waktu pelaksanaan kerja praktek dari awal bulan Oktober sampai November akhir, disebuah instansi Perbankan yaitu : PT. Bank Perkreditan Rakyat KUSUMA SUMBING di Jl. Bhayangkara No. 1C Wonosobo.1.7 Metode Pengumpulan Data Untuk mendapatkan data-data yang akurat dan relevan dalam laporan kerja praktek penulis akan menggunakan beberapa metode antara lain : 1.7.1 Metode Pengamatan (Obervasi) Merupakan metode pengumpulan data dengan cara tinjauan secara langsung terhadap objek yang akan di kerjakan. 1.7.2 Metode Wawancara (Interview) Adalah metode pengumpulan data dengan cara bertanya langsung atau komunikasi langsung dengan responden. Dalam hal ini penulis akan melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan objek penelitian. 1.7.3 Studi Pustaka Studi ini dimaksudkan dengan memperoleh landasan teoritis yang digunakan dalam pembuatan laporan. Dasar teori ini diperoleh dari literatur-literatur, mempelajari buku-buku refrensi, maupun tulisan yang relevan dengan objek yang di kerjakan. 1.7.4 Metode Pembahasan 1.7.4.1 Metode Deduktif Yakni cara berfikir seseorang dari pengetahuan yang bersifat umum ke dalam kajian khusus.
  5. 5. 5 1.7.4.2 Metode Induktif Yaitu cara berfikir seseorang yang barangkat dari fakta-fakta dan peristiwa khusus kemudian ditarik kesimpulan menjadi generalisasi yang umum. 1.7.4.3 Metode Komparatif Yaitu cara penyimpulan yang di ambil dengan membandingkan pendapat yang satu dengan yang lain.1.8 Sistematika Penulisan Sebelum mengemukakan dan membahas penelitian ini lebih lanjut, terlebih dahulu akan di kemukakan sistematika penulisan yang akan dipergunakan dalam penulisan laporan kerja praktek ini agar lebih terarah sesuai dengan fokus tujuan yang dikehendaki. Adapun sistematika penulisan dari laporan kerja praktek ini adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Berisi Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Pembahasan Masalah, Tujuan Kerja Praktek , Manfaat Kerja Praktek, Metode Pengumpulan Data dan Sistematika Penulisan BAB II LANDASAN TEORI Berisi tentang teori dan sumber-sumber lain yang dapat di pertanggung jawabkan dan dapat di pergunakan sebagai acuan dalam pembahasan masalah. BAB III GAMBARAN UMUM Berisi tentang sejarah singkat, profil visi dan misi ,data dan Struktur Organisasi PT.(BPR) Bank Perkreditan Rakyat Kusuma Sumbing Wonosobo.
  6. 6. 6BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN Bab ini berisi definisi masalah pada objek kerja praktek dan menganalisa sistem yang ada dan membuat rancangan sistem yang lebih efisien.BAB V PENUTUP Berisi tentang suatu kesimpulan dari pokok bahasan disertai saran- saran menyangkut permasalahan yang ada.

×