Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan penelitian

15,725 views

Published on

Silahkan di download

Published in: Education
0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
15,725
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
196
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan penelitian

  1. 1. PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK DAN PUPUK ANORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN KACANG HIJAU DISUSUN OLEH : ANDI SANAPATI NAZLY HAFIDZAH
  2. 2. TUJUAN PENELIATIAN Untuk mengetahui bagaimana pengaruhpemberian pupuk organik dan pupuk anorganik terhadappertumbuhan biji kacang hijau.
  3. 3. RUMUSAN MASALAH Adakah pengaruh pemberian pupuk organikdan pupuk anorganik terhadap pertumbuhan bijikacang hijau.
  4. 4. HIPOTESIS Ada pengaruh pemberian pupuk organik dan pupukanorganik terhadap pertumbuhan biji kacang hijau
  5. 5. JENIS PENELITIAN Jenis penelitian yang digunakan yaitu dalam bentukeksperimen.
  6. 6. VARIABELVariabel bebas : Pemberian pupuk pada biji kacang hijauVariabel terikat : Pertumbuhan biji kacang hijauVariabel kontrol : Biji kacang hijau yang diberi pupuk
  7. 7. ALAT DAN BAHANAlat : Gelas plastik , Ember, Penggaris, Pulpen,Kertas, Gunting, SpidolBahan :Biji kacang hijau, Tanah, Pupuk Organik(kompos), Pupuk Anorganik (urea), Air
  8. 8. LANGKAH KERJA PENELITIAN Buat lubang pada gelas plastik Ambil 3 ember dan masukkan tanah di masing – masing ember tersebut Pada ember ke I hanya tanah saja, ember ke II berisi tanah dicampur dengan pupuk kompos, ember ke III berisi tanah dicampur dengan pupuk urea
  9. 9. LANGKAH KERJA PENELITIAN Buat label pada masing – masing gelas plastik, sampel A berisi tanahpada ember I, sampel B berisi tanah dan kompos pada ember II, sampel Cberisi tanah dan urea pada ember III Setelah tanah dimasukkan dan dicampur dengan pupuk pada masing– masing gelas plastik, tanamlah masing – masing 5 biji padasetiapsampel
  10. 10. LANGKAH KERJA PENELITIAN Ambil air secukupnya, lalu siram sampel tersebut sedikit demi sedikit Letakkan sampel di tempat dengan kondisi yang baik Siram tanaman setiap pagi dan sore secara teratur
  11. 11. LANGKAH KERJA PENELITIAN Amati dan ukur pertambahan tinggi batang dan panjang daunpada tabel pengamatan setiap harinya
  12. 12. PENGAMBILAN DATAPengambilan data dilakukan dengan penyiraman secara rutin dan mengamatipertumbuhan tanaman dengan menggunakan tabel pengamatan.
  13. 13. HASIL PENELITIAN
  14. 14. TANPA MENGGUNAKAN PUPUK
  15. 15. Dari tebel diatas dapat dilihat bahwa pertumbuhankacang hijau berlangsung secara normal dan baik,batang dan daunnya tumbuh dan bertambah panjangdengan baik pula.
  16. 16. MENGGUNAKAN PUPUK KOMPOS
  17. 17. Pertumbuhan kacang hijau pada tanah yang dicampurdengan pupuk kompos tumbuh dengan baik.Meskipun pertumbuhannya lebih lambat dari padatanaman kacang hijau pada tanah saja.
  18. 18. MENGGUNAKAN PUPUK UREA
  19. 19. Kacang hijau pada tanah yang telah dicampur pupuk ureatidak normal dan lebih lambat dari sampel (A) dan (B).Selain itu, daun tidak mengalami pertumbuhan pada harike V sampai VII.
  20. 20. PEMBAHASAN HASIL PENELITIANHasil analisis tebel pengamatan menunjukkan bahwapertumbuhan kacang hijau yang menggunakan tanah sajalebih baik dari sampel lainnya. Akan tetapi, sampel (B)memiliki pertumbuhan yang lebih baik dari sampel (C)
  21. 21. Sampel (A) memiliki pertumbuhan yang sangat baik dibandingdengan sampel lainnya, sampel (B) juga memiliki pertumbuhan yangbaik, tetapi tidak sebaik dengan sampel (A), sampel (C) memilikipertumbuhan yang buruk, selain kerdil pertumbuhannya terhambatsehingga terlihat layu. Sampel (A) dan (B) memiliki batang dan daun yangsegar , kuat, berwarna hijau. Sampel (C) memiliki batang dan daun yanglunak, layu, berwarna pucat.
  22. 22. Berdasarkan data dan hasil pengamatan, dapat diketahuibahwa dalam proses perkecambahan kacang hijau tidak memerlukanzat – zat yang berlebih. Hanya dengan air dan tanah tanpapupuk, kacang hijau dapat berkecamba dan tumbuh dengan baik.Selain itu, kacang hijau juga membutuhkan kondisi yang baik.Pemupukan bisa dilakukan setelah kacang hijau berusia beberapabulan. Kacang hijau lebih cocok dengan pupuk organik dari pada pupukanorganik saat usia perkecambahan dimulai. Pupuk anorganikmengandung zat lebih dan terbuat dari unsur kimia tambahansedangkan pupuk organik berasal dari alam dan lebih aman.
  23. 23. KESIMPULAN Kesimpulan yang diambil dari hasil percobaan diperoleh sebagaihasil analisis yang telah dilakukan yaitu, ada pengaruh pemberian pupukpada tanaman dan tanaman tanpa menggunakan pupuk sama sekali.Tanaman kacang hijau dengan tanah saja, pertumbuhannya lebih baik daripada menggunakan pupuk. Akan tetapi, pemberian pupuk organik(kompos) lebih baik dari pada pemberian pupuk anorganik (urea). Hal inidikarenakan perkecambahan pada kacang hijau tidak banyak memerlukanbahan /zat tambahan dari pupuk, cukup dengan tanah dan air sertakondisi lingkungan yang baik.
  24. 24. SARAN Biji kacang hijau yang diberi pupuk anorganik (urea) dapatdilakukan tapi butuh perhatian ekstra dan serius, karena pertumbuhannyayang tidak terlalu pesat dan juga lambat. Sehingga harus lebih teliti dalammengamati pertumbuhan yang terjadi secara sistematis (teratur).
  25. 25. DAFTAR PUSTAKA Panduan Penulisan Ilmiah, 2007, Jurusan Sistem Informasi, STMIK-Mikroskil. Notohadiprawiro, T., 2006, Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah, Latihan Dasar Pemeriksa Karantina Ikan. Badan Pendidikan dan Latihan Pertanian, Departemen Pertanian Yogyakarta. 2 Nopember – 15 Desember 1992. Hadisuwito, Sukamto, 2012, Membuat Pupuk Organik Cair,jakarta. AgroMedia Pustaka Ramli, Rosliana.” Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Kita.” http://www.kesehatan123.com/2225/manfaat-kacang-hijau/ (diakses tanggal 18 Agustus 2012)

×