DBMS (Database Management System)

6,641 views

Published on

1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
6,641
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
135
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

DBMS (Database Management System)

  1. 1. Ambar Ayu SusilowatiXI / Rekayasa Perangkat Lunak B SMK Negeri 1 Cimahi
  2. 2. Sistem Manajemen Basis DataSistem manajemen basis data (Bahasa Inggris : databasemanagement system, DBMS), atau kadang disingkatSMBD, adalah suatu sistem atau perangkat lunak yangdirancang untuk mengelola suatu basis data danmenjalankan operasi terhadap data yang diminta banyakpengguna. Contoh tipikal SMBD adalah akuntansi, sumberdaya manusia, dan sistem pendukung pelanggan, SMBDtelah berkembang menjadi bagian standar di bagianpendukung (back office) suatu perusahaan. Contoh SMBDadalah Oracle, SQL server 2000/2003, MS Access, MySQLdan sebagainya.
  3. 3. Sistem Manajemen Basis DataDBMS merupakan perangkat lunak yang dirancang untukdapat melakukan utilisasi dan mengelola koleksi datadalam jumah yang besar. DBMS juga dirancang untukdapat melakukan masnipulasi data secara lebih mudah.Sebelum adanya BMS maka data pada umumnya disimpandalam bentuk flatfile, yaitu file teks yang ada pada sistemoperasi.Penggunaan perangkat lunak ini memperbaiki beberapakelemahan dari flat file, seperti bertambahnya kecepatandalam pengolahan data. Namun demikian metode ini masihmemiliki banyak kelemahan, diantaranya adalah masalahmanajemen dan keamanan data yang masih kurang.
  4. 4. Manfaat dan Kelebihan DBMSPenyimpanan data dalam bentuk DBMS mempunyaibanyak manfaat dan kelebihan dibandingkan denganpenyimpanan dalam bentuk flat file atauspreadsheet, diantaranya :1. Performance yang didapat dengan penyimpanan dalam bentuk DBMS cukup besar, sangat jauh berbeda dengan performance data yang disimpan dalam bentuk flat file. Disamping memiliki unjuk kerja yang lebih baik, juga akan didapatkan efisiensi penggunaan media penyimpanan dan memori.
  5. 5. Manfaat dan Kelebihan DBMS2. Integritas data lebih terjamin dengan penggunaan DBMS. Masalah redudansi sering terjadi dalam DBMS. Redudansi adalah kejadian berulangnya data atau kumpulan data yang sama dalam sebuah database yang mengakibatkan pemborosan media penyimpanan.3. Independensi. Perubahan struktur database dimungkinkan terjadi tanpa harus mengubah aplikasi yang mengaksesnya sehingga pembuatan antarmuka ke dalam data akan lebih mudah dengan penggunaan DBMS.
  6. 6. Manfaat dan Kelebihan DBMS4. Sentralisasi. Data yang terpusat akan mempermudah pengelolaan database. kemudahan di dalam melakukan bagi pakai dengan DBMS dan juga kekonsistenan data yang diakses secara bersama-sama akan lebiih terjamin dari pada data disimpan dalam bentuk file atau worksheet yang tersebar.5. Sekuritas. DBMS memiliki sistem keamanan yang lebih fleksibel daripada pengamanan pada file sistem operasi. Keamanan dalam DBMS akan memberikan keluwesan dalam pemberian hak akses kepada pengguna.
  7. 7. Contoh DBMSAkuntansi adalah pengukuran, penjabaran, ataupemberian kepastian mengenai informasi yang akanmembantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuatkeputusan lain untuk membuat alokasi sumber dayakeputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembagapemerintah. Akuntansi adalah seni dalammengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikanaktivitas keuangan.
  8. 8. Contoh DBMSSumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDMpotensi yang terkandung dalam diri manusia untukmewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yangadaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinyasendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alammenuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalamtatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalampengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengertisebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatuorganisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajianpsikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusanindustri dan organisasi.
  9. 9. Mengenal Beberapa DBMS1. Microsoft Access Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
  10. 10. Mengenal Beberapa DBMS1. Microsoft Access Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.
  11. 11. Mengenal Beberapa DBMS2. MySQL MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
  12. 12. Mengenal Beberapa DBMS2. MySQL Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius.
  13. 13. Mengenal Beberapa DBMS2. MySQL Untuk melakukan administrasi dalam basis data MySQL, dapat menggunakan modul yang sudah termasuk yaitu command-line (perintah: mysql dan mysqladmin). Juga dapat di-download dari situs MySQL yaitu sebuah modul berbasis grafik (GUI): MySQL Administrator dan MySQL Query Browser. Selain itu terdapat juga sebuah perangkat lunak gratis untuk administrasi basis data MySQL berbasis web yang sangat populer yaitu phpMyAdmin. Untuk perangkat lunak untuk administrasi basis data MySQL yang dijual secara komersial antara lain: MySQL front, Navicat dan EMS SQL Manager for MySQL.
  14. 14. Mengenal Beberapa DBMS2. MySQL Perintah dasar MySQL Bahasa SQL memiliki struktur yang mudah dipahami karena perintah – perintahnya pada dasarnya dibuat dari bahasa Inggris. Sehingga kita dapat melakukan perintah – perintah SQL ke dalam database MySQL, yaitu : a. Memasukkan atau menambah record baru ke dalam database. b. Mengeksekusi query database c. Mengambil data dari database d. Mengubah record pada database e. Menghapus record pada database
  15. 15. Mengenal Beberapa DBMS2. MySQL Perintah SQL dapat diketik dengan huruf besar atau kecil (non case sensitive). Setelah selesai mengetik perintah di MySQL harus diakhiri dengan tanda titik koma sebagai penanda akhir dari perintah MySQL

×