ICT Project - First Prototype - Script

276 views

Published on

Pada mata kuliah ICT salah satu project yang sedang kami release adalah pembuatan media pembelajaran berupa video pembelajaran. Script ini adalah script video dimana anggota kelompok 1 yang akan menjadi aktor dan aktris dalam pembuatan video ini. Semoga bermanfaat.

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

ICT Project - First Prototype - Script

  1. 1. ICT Learning Video Project By 1st Group : Ruslan Ridwan, Ninik Charmila, Ririn, Rahma Siska Utari, Marina Zahara “Using Trigonometry in Daily Life”
  2. 2. Suatu hari yang cerah 4 sekawan (siswa SMA) Ama, Rina, Ninik dan Ririn mengunjungi masjid Agung yang menjadi salah satu tempat wisata di kota Palembang. Mereka sangat terkesima dengan kemegahan dan keindahan bangunan yang telah didirikan sejak tahun 1738 pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badarrudin 1. Mereka berempat berjalan-jalan seraya memperhatikan pemandangan dan orang-orang yang beraktivitas di lingkungan masjid, Lalu salah satu dari mereka melihat menara masjid yang kokoh, tegak berdiri menjulang ke angkasa. Ama : Tinggi sekali menaranya ya teman-teman, berapa meter tinggi menara ini. Ada yang tahu ga? Rina : Iya tinggi banget. Waah aku ga inget pelajaran sejarah ma, jadi aku ga tahu berapa tingginya. Hehehe Ririn : Iya nih, susah juga ya kalau kita mau mengukur langsung tinggi menara ini. Butuh banyak usaha dan perjuangan, kita butuh tangga dan alat ukur yang pastinya panjang banget. Ribet ahh... Ninik :Trus gimana ya cara mengukur tinggi menaranya? Aku penasaran ni.... Keempat siswa ini pun asik berdiskusi mempertanyakan bagaimana cara mengukur tinggi menara masjid Agung. Melihat keempat siswa yang sedang asik berdiskusi dengan permasalah yang sedang mereka hadapi, lalu mendekatlah seorang pengunjung masjid yang kebetulan adalah guru matematika mereka di sekolah.. Pak Ruslan : Assalamualaikum Wr Wb, anak-anak 4 sekawan : Walaaikumsalam Wr Wb, (berbalik mencari sumber suara) eeh...ada Pak Ruslan Pak Ruslan : Ada apa ini, sepertinya kalian sangat asik berdiskusi? Ama : Iya ni pak, kami sangat penasaran sama tinggi menara masjid Agung ini. Rina : Kebetulan ada Bapak, bapak tahu ga tinggi menara masjid ini? Ririn : Kami sangat bingung Pak, cara mengukur tinggi menara ini tanpa mengukur langsung menaranya. Ninik : Iya ni pak, kita sangat penasaran dan ingin tahu. Apa pendapat bapak? Pak Ruslan : Ohh jadi hal tersebut yang kalian diskusikan, ok baiklah menurut bapak untuk mengetahui tinggi menara tersebut kalian tidak perlu mengukur
  3. 3. langsung, tetapi kalian hanya perlu menggunakan perbandingan trigonometri. A ma : Perbandingan trigonometri? Maksudnya gimana pak? Pak Ruslan : Jadi begini, kalian dapat menggunakan perbandingan trigonometri seperti menggunakan perbandingan sinus, cosinus, dan tangen dari segitiga siku-siku. Ririn : Perbandingan sinus, cosinus, dan tangen pada segitiga siku-siku yang baru Bapak ajarkan kemarin ya? Pak Ruslan : Iya, bener ririn. Jadi anggap saja bahwa menara ini adalah sisi tegak pada segitiga siku-siku, kalian adalah pengamat yang berfungsi sebagai penghubung dari titik-titik pada sisi itu, Jika dihubungkan maka akan terbentuk segitiga siku-siku. Rina : Apakah hanya itu yang kami lakukan pak? Hanya berdiri sebagai pengamat? Ninik : Apakah ada alat yang kami perlukan sebagai pengamat, sehingga kami bisa mengukur tinggi menara masjid ini pak? Pak Ruslan : Jadi kalian hanya membutuhkan alat ukur, berupa meteran dan klinometer. Ilustrasi : H : h d
  4. 4. Keterangan gambar : pengamat ke H : Tinggi menara Masjid Agusng h : Tinggi dari kaki ke mata pengamat d : Jarak pengamat ke menara masjid.

×