Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Prak-07 Using Design Thinking to Propose an Idea

193 views

Published on

prak-07 Metodologi Desain

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Prak-07 Using Design Thinking to Propose an Idea

  1. 1. PRAK - 07 USING DESIGN THINKING TO PROPOSE AN IDEA
  2. 2. K O M U N I T A S D E S A I N G R A F I S A LV E N I N T H A R E H U L I N A 0 0 1 H A R U M F L O R A 0 0 2 V I N D I A P U T R I 0 0 3 D E D E F I T R I A N A 0 0 9 A N N I H A N I FA N M 0 2 2
  3. 3. EMPHATIZE Dalam lingkup universitas atau intsitut maupun politeknik, selain belajar mahasiswa memiliki kewajiban untuk mengembangkan setiap minat dan bakat yang mereka miliki. Di dalam Politeknik Elektronika Negeri Surabaya khususnya dalam jurusan Multimedia Broadcasting, telah terbentuk berbagai komunitas yang gunanya adalah untuk menaungi minat dan bakat setiap mahasiswa. Salah satunya adalah komunitas Desain Grafis atau yang disingkat DesGraf . Alasan utama berdirinya komunitas DesGraf adalah adanya kesamaan minat dan bakat mengenai hal-hal yang berhubungan dengan desain khususnya di antara mahasiswa jurusan Multimedia Broadcasting. Selain itu, para mahasiswa yang tergabung dalam komunitas DesGraf juga memiliki tujuan yang sama yaitu untuk saling membantu agar bisa semakin berkembang dan terkenal sekaligus mempersiapkan banyak portofolio untuk urusan yang akan datang.
  4. 4. DEFINE Komunitas DesGraf di PENS telah membuat banyak hal seperti: Logo, Banner, dsb. Meskipun telah menjadi komunitas resmi yang ada di departemen Multimedia Kreatif, namun fasilitas untuk menunjang komunitas DesGraf masih ada yang belum tercukupi. Fasilitas itu adalah Pen Tablet. Karena kekurangan pen tablet tidak jarang para mahasiswa di dalam komunitas DesGraf harus saling menunggu untuk memakai pen tablet secara bergantian sehingga mengurangi ke-efektifan waktu. Terlebih pen tablet adalah salah satu alat penting yang selalu digunakan dalam komunitas DesGraf.
  5. 5. IDEATE Solusi yang kami tawarkan untuk permasalahan dalam komunitas DesGraf adalah dengan membuat sebuah aplikasi Pen Tablet Virtual yang dapat diakses lewat handphone masing-masing mahasiswa. Aplikasi yang kami maksud sudah tersedia di layanan play store dengan nama VirtualTablet Lite (S-Pen). Selain mudah penggunaanya, VirtualTablet ini juga bisa didownload secara gratis. Aplikasi ini dibuat oleh sebuah perusahaan bernama SunnysideSoft.
  6. 6. PROTOTYPE Apliaksi Virtual Pen Tablet ini hanya bisa diakses pada handphone android versi 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) atau lebih.
  7. 7. TAMPILAN AWAL APLIKASI VIRTUAL PEN TABLET
  8. 8. SETELAH MENGHUBUNGKAN DEVICE DAN PC KE WIFI YANG SAMA, DEVICE DAN PC DIHUBUNGKAN MELALUI BLUETOOTH.
  9. 9. SETELAH TERPASANG, PENGGUNA HANYA PERLU MENGGAMBAR DI ATAS HANDPHONE MEREKA YANG HASILNYA AKAN KELUAR PADA PC. HASILNYA PUN AKAN SAMA PERSIS DENGAN GAMBARAN PENGGUNA DI ATAS HANDPHONE MASING-MASING.
  10. 10. TEST
  11. 11. DARI DATA TERAKHIR, SEBANYAK 5000 SAMPAI 10000 ORANG TELAH MENDOWNLOAD APLIKASI INI.
  12. 12. APLIKASI INI MENDAPAT NILAI 4 DARI 5 DENGAN RATING 3,9. ADA 305 PARTISIPAN YANG MENILAI APLIKASI INI DAN SEBANYAK 148 ORANG MEMBERI BINTANG 5 YANG ARTINYA MEREKA SANGAT TERBANTU DENGAN APLIKASI INI.
  13. 13. TERIMA KASIH

×