Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Arsitektural akustik pada gereja theresia

1,683 views

Published on

ALTA Integra ditunjuk sebagai konsultan akustik pada Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat

Published in: Engineering
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Arsitektural akustik pada gereja theresia

  1. 1. Architectural Acoustics Consultation pada Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat
  2. 2. Latar Belakang Masalah Gereja Theresia tengah melakukan renovasi besar dalam rangka perawatan bangunan. Selain itu, Gereja Theresia juga melakukan treatment akustik dan ingin memperbaiki kualitas audio untuk kegiatan misa. Dengan perangkat audio yang tersedia, Gereja Theresia ingin meningkatkan kenyamanan suara agar jemaat dapat mengikuti kegiatan misa dengan lebih khusyuk. Periode akhir tahun 2014, pihak Gereja Theresia menghubung kami (ALTA Integra) untuk melakukan konsultasi. Beberapa masalah akustik muncul pada gereja. Jadi, pihak mereka merasa perlu adanya tinjauan arsitektural akustik pada gereja. Berikut adalah beberapa masalah akustik yang muncul pada Gereja Theresia: 1. Ada keluhan dari umat Gereja Theresia untuk pidato pastor tertentu tidak terdengar pada tempat duduk tertentu. 2. Belum maksimalnya penggunaan speaker yang ada untuk mendapatkan kualitas audio yang lebih baik lagi. 3. Suara paduan suara dan musik terdengar kurang “wah” pada saat misa dan ada rencana pemindahan tempat paduan suara ke balkon. 4. Tidak ada dokumentasi teknikal seputar desain akustik dan audio. Architectural acoustics consultation masih berlangsung di Gereja Theresia. Ini merupakan salah satu proyek berjalan (on going project) kami. Sasaran Kerja ALTA Integra pada Gereja Theresia • Analisis parameter akustik gereja setelah renovasi. • Perbaikan kualitas audio dengan speaker yang ada. • Alternatif perbaikan kualitas audio dengan upgrade system audio. • Perbaikan kualitas akustik gereja. • Perbaikan kualitas mikrofon.
  3. 3. Pengerjaan Konsultasi Arsitektural Akustik
  4. 4. Metode Pengerjaan Konsultasi Arsitektural Akustik Kami membuat metode pengerjaan konsultasi arsitektural akustik yang sesuai dengan kesepakatan prosedural kerja.Berikut ini adalah beberapa metode yang kami gunakan: 1. Mengumpulkan data existing: data interior, konfigurasi speaker, dan penempatan speaker. 2. Membuat Building Information Modeling dengan EASE Simulation. 3. Simulasi parameter audio dan akustik berdasarkan existing data. 4. Rekomendasi perubahan posisi speaker dan simulasi. 5. Rekomendasi konfigurasi audio system speaker dan simulasi. 6. Rekomendasi penggantian audio system dan simulasi. 7. Rekomendasi perbaikan akustik gereja dan simulasi. Konsultasi arsitektural akustik pada Gereja Theresia ini dimulai pada akhir 2014 dan diselesaikan pada pertengahan 2015.
  5. 5. Pengerjaan Konsultasi Arsitektural Akustik Setelah melakukan beberapa puluh kali simulasi kejelasan audio untuk musik (C80) dan percakapan (STI) dengan menggunakan software EASE, kami menyarankan beberapa alternatif solusi mulai dari alternatif solusi yang paling sederhana sampai dengan alternatif solusi yang kompleks. Dari data – data simulasi yang rumit kami sederhanakan menjadi tabel sederhana perbandingan antara peningkatan anggaran (Rp) yang harus dikeluarkan versus peningkatan jumlah orang yang menerima kejelasan suara musik (C80) dan kejelasan percakapan (STI) sesuai standar kualitas audio sebuah gereja Katholik. Selain itu kami juga melakukan rekaman audio yang mewakili alternatif solusi sebagai materi untuk penilaian psikoakustik. Dari semua data yang kami sajikan, pastor, majelis gereja dan semua umat dapat terlibat dalam pengambilan keputusan berdasarkan data teknis yang objektif.
  6. 6. Quantum Globalindo, PT Phone : +62 21 351 3351 Fax : +62 21 345 8143 Email : customer@vokuz.com Website : www.altaintegra.com

×