Proses produksi mesin gerinda
konsep Teknologi teknik mesin

DISUSUN OLEH :
Ø Alekson Sihombing
Ø Dwi Nugroho M
Ø Yosep So...
 Puji

syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmatnya
sehingga tersusunlah Tugas Makalah kami,Proses Produksi
tentan...
“MESIN GERINDA”
 Mesin gerinda merupakan suatu
alat untuk menghaluskan/memotong
permukaan benda kerja yang digunakan
pada...
 Merapikan hasil pemotongan dan
merapikan hasil pengelasan.
 Membentuk lengkungan pada benda kerja
yang bersudut.
 memp...
 Gerinda duduk / meja : terbuat dari besi
tuang yang memiliki sifat untuk peredam
getaran yang baik yang berfungsi sebaga...
 Gerinda Tangan : mesin gerinda yang
berukuran kecil dengan kecepatan
putaran rendah.dan mempunyai spindle
dan non spindl...
Bagian-bagian dari mesin gerinda
Pelindung Yang
Dapat Di atur

Power
Transmission
Pelindung Tetap

Tombol ON / OFF
Point O...
a. Power Transmission
Power Transmission gerinda
dilindungi oleh pelindung tetap sebagai
peredam getaran. Power Transmissi...
c. Pelindung yang Dapat Diatur
Pelindung ini adalah safety glass, di
mana dirancang untuk melindung bagian
atas badan peke...
e. Meja Benda
Meja benda bertujuan untuk
mengontrol benda pada saat
penggerindaan dan mempengaruhi hasil
dari penggerindaa...
Bagian-Bagian dari Roda Gerinda.
Setiap roda gerinda mempunyai dua
komponen :
a. Abrasive berfungsi sebagai
pemotong/penga...
Hal hal yang di perlukan dalam
pembuatan roda gerinda

 Bahan pengasah
• Amril
• Corundum
• Silicon carbide
• Aliminium o...
Pembuatan Roda Gerinda.
Butiran-butiran abrasive dan perekat dicampur,
kemudian dicetak/dibentuk dan dikeringkan
dalam cet...
 Perekat
• Vitrified bonds
• Silicate bonds (mineral bond).
• Shellac bonds (organik bond).
• Rubber bonds (organik bond)...
LANGKAH KERJA PENGGUNAAN
MESIN GERINDA
Urutan kerja gerinda umumnya adalah
sebagai berikut :
a. Pemahaman gambar kerja
b. ...
f. Penyetelan panjang langkah dan
dalamnya pemakanan.
g. Pemeriksaan penggerindaan (jalan
kosong )
h. Penggerindaan benda ...
Jenis penggerindaan
 Menggerinda Permukaan :
mengerjaan penggerindaan pada
permukaan yang lurus
 Menggerinda silinder.
a...
b. Menggerinda silinder dalam.

Dilakukan sesuai posisi benda
kerja, yaitu benda kerja dapat
berputar misalnya bentuk ring...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Konsep Teknologi Teknik Mesin

2,646 views

Published on

Published in: Health & Medicine
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,646
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
96
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Konsep Teknologi Teknik Mesin

  1. 1. Proses produksi mesin gerinda konsep Teknologi teknik mesin DISUSUN OLEH : Ø Alekson Sihombing Ø Dwi Nugroho M Ø Yosep Sophian Ø Aep Saepulloh Ø Moeh Burhanudin STT WASTUKANCANA PUWAKARTA
  2. 2.  Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmatnya sehingga tersusunlah Tugas Makalah kami,Proses Produksi tentang mesin gerinda.  Makalah ini kami susun berdasarkan data-data yang kami dapat, yang mungkin berguna bagi yang membaca,dan bagi kami (Tim penyusun makalah) khususnya.  Penyusun menyadari bahwa baik isi maupun cara penyusunan makalah ini jauh dari kata sempurna. Kemungkinan salah cetak juga tak dapat dihindarkan. Oleh karena itu segala saran, tegur sapa, dan kritik membangun sangat kami harapkan. Demikianlah, mudah-mudahan makalah ini berguna dan dapat dimanfaatkan. 
  3. 3. “MESIN GERINDA”  Mesin gerinda merupakan suatu alat untuk menghaluskan/memotong permukaan benda kerja yang digunakan pada tahap finishing dengan daerah toleransi yang sangat kecil sehingga mesin ini harus memiliki konstruksi yang sangat kokoh.
  4. 4.  Merapikan hasil pemotongan dan merapikan hasil pengelasan.  Membentuk lengkungan pada benda kerja yang bersudut.  mempersiapkan/meratakan permukaan benda kerja yang akan di las.  Bisa juga di gunakan dalam alat rumah tangga seperti mengasah pisau atau pahat dsb.
  5. 5.  Gerinda duduk / meja : terbuat dari besi tuang yang memiliki sifat untuk peredam getaran yang baik yang berfungsi sebagai menopang meja kerja dan menopang kepala spindle.
  6. 6.  Gerinda Tangan : mesin gerinda yang berukuran kecil dengan kecepatan putaran rendah.dan mempunyai spindle dan non spindle.
  7. 7. Bagian-bagian dari mesin gerinda Pelindung Yang Dapat Di atur Power Transmission Pelindung Tetap Tombol ON / OFF Point Of Operation Meja benda kerja Heavy Wheel guard
  8. 8. a. Power Transmission Power Transmission gerinda dilindungi oleh pelindung tetap sebagai peredam getaran. Power Transmission gerinda berupa spindle. b. Point Of Operation Point Of Operation gerinda ini merupakan bagian mesin yang dirincang untuk mengasah atau mengikis benda kerja.
  9. 9. c. Pelindung yang Dapat Diatur Pelindung ini adalah safety glass, di mana dirancang untuk melindung bagian atas badan pekerja seperti bagian wajah dari percikan api. d. Heavy wheel guard Heavy wheel guard bertujuan untuk melindung grinda pada saat berputar dan merupakan pelindung tetap.
  10. 10. e. Meja Benda Meja benda bertujuan untuk mengontrol benda pada saat penggerindaan dan mempengaruhi hasil dari penggerindaan.
  11. 11. Bagian-Bagian dari Roda Gerinda. Setiap roda gerinda mempunyai dua komponen : a. Abrasive berfungsi sebagai pemotong/pengasah. b. Bond berfungsi sebagai perekat yang mengikat butiran-butiran abrasive selama pemotongan.
  12. 12. Hal hal yang di perlukan dalam pembuatan roda gerinda  Bahan pengasah • Amril • Corundum • Silicon carbide • Aliminium okside • Boron nitride • Intan
  13. 13. Pembuatan Roda Gerinda. Butiran-butiran abrasive dan perekat dicampur, kemudian dicetak/dibentuk dan dikeringkan dalam cetakan pada tekanan yang tinggi dan suhu antara 42°- 45° C. Ukuran terakhir dan bentuknya dibuat setelah proses pengeringan. Perekat roda gerinda kemudian di “vitrify” kan pada suhu antara 1200°- 1300°C dan didinginkan dengan perlahan-lahan sekali. Proses pendinginan kadang-kadang maksimum lamanya 120 hari. Sebagai tindakan pencegahan demi keamanan, pemeriksaan yang teliti diadakan setelah proses pendinginan .
  14. 14.  Perekat • Vitrified bonds • Silicate bonds (mineral bond). • Shellac bonds (organik bond). • Rubber bonds (organik bond). • Synthetic resin bond bakelite
  15. 15. LANGKAH KERJA PENGGUNAAN MESIN GERINDA Urutan kerja gerinda umumnya adalah sebagai berikut : a. Pemahaman gambar kerja b. Pencekaman benda kerja c. Pemeriksaaan air pendingin d. Pemeriksaan ketajaman roda gerinda e. Pengaturan putaran
  16. 16. f. Penyetelan panjang langkah dan dalamnya pemakanan. g. Pemeriksaan penggerindaan (jalan kosong ) h. Penggerindaan benda kerja i. Pemeriksaan hasil gerinda
  17. 17. Jenis penggerindaan  Menggerinda Permukaan : mengerjaan penggerindaan pada permukaan yang lurus  Menggerinda silinder. a. Menggerinda silinder luar. Dilakukan dengan gerak memanjang untuk benda kerja panjang, dan gerak tegak lurus untuk benda yang tebalnya tidak melebihi tebal roda gerinda. Gerak tegak lurus juga dilakukan untuk gerinda bentuk.
  18. 18. b. Menggerinda silinder dalam. Dilakukan sesuai posisi benda kerja, yaitu benda kerja dapat berputar misalnya bentuk ring, pelana (bush), dan benda kerja tidak dapat berputar, misal bentuk jig dan dies.

×