Gambaran perempuan dalam islam

440 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
440
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Gambaran perempuan dalam islam

  1. 1. <ul><li>GAMBARAN PEREMPUAN DALAM ISLAM
  2. 2. Di luar agama Islam banyak kaum perempuan yang berjuang untuk mendapatkan hak-haknya. Perempuan Nasrani misalnya, harus berjuang keras agar pendapat mereka didengar dan lebih lanjut perjuangan ini menyebabkan perubahan yang ekstrim dalam teks-teks bible sehingga tidak terkesan sexist dan lebih dapat diterima oleh kaum perempuan.
  3. 3. Sepanjang abad ke-19 perempuan inggris tidak mendapatkan hak waris dan tidak diperbolehkan menyimpan penghasilannya, tidak mempunyai hak pilih sampai pada tahun 1975 mereka menuntut hak mendapatkan uapah yang sama dengan laki-laki.
  4. 4. Lain halnya dengan Islam. Agama yang mulia ini telah menempatkan perempuan sebagai mitra laki-laki bukan makhluk nomor dua dan telah memberi perempuan hak-haknya secara adil sehingga seorang muslimah tidak perlu lagi meminta, menuntut bahkan memperjuangkannya. Bahkan apabila seorang muslimah menginginkan surga, akan mudah ia raih dari pada kaum laki-laki. Dialog yang terjadi antara shabiyah Asma’ binti Yazid dengan baginda Rasulullah SAW, menjadi representasi dari teraihnya surge bagi perempuan hanya dengan melaksanakan tanggungjawabnya di dalam rumahtangga dan selalu taat pada suami. Asma’ berkata: wahai Rasulullah SAW bukankah engkau diutus oleh Allah untuk kaum laki-laki dan wanita, kenapa sejumlah syariat berpihak kepada kaum pria, mereka diwajibkan jihad kami tidak, malah kami mengurus harta dan anak-anak mereka dikala mereka sedang jihad, mereka diwajibkan sholat jum’at kami tidak, mereka diperintah mengantar jenazah sedangkan kami tidak, Rasulullah SAW tertegun atas pertanyaan perempuan ini, sambil berkata kepada para shahabat, “ perhatikan betapa bagusnya pertanyaan perempuan ini, Beliau melanjutkan: wahai Asma’! sampaikan jawaban kami kepada seluruh perempuan dibelakangmu, yaitu apabila kalian bertanggung jawab dalam berumah tangga dan taat kepada suami, kalian dapatkan semua pahala kaum laki-laki itu”. (Diterjemahkan secara bebas, HR. Ibnu Abdil Bar)
  5. 5. Al-Qur’an memberikan tiga posisi terhormat untuk perempuan. Tiga posisi tersebut adalah:

×