Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Fungsi msdm

431 views

Published on

  • Be the first to comment

Fungsi msdm

  1. 1. Oleh :AKHMAD FAIZAL RAKHMAN SALAS161090854KA25SISTEM INFORMASIUNIVERSITAS GUNADARMA2013
  2. 2.  Deskripsi PerusahaanINDOFOOD adalah perusahaan pemroduksi mie instant terbesar didunia, dengan 14 pabriktermasuk di Indonesia sendiri. Perusahaan, yang juga beroperasi di China dan Nigeria menjuallebih dari 8 miliar paket mie instant tiap tahunnya. Disamping beberapa variasi porduk antaralain snack, kecap, bumbu penyedap, makanan bayi dan soft drink. Cakupan bisnis perusahaanIndofood dan peningkatan pasar kedepannya membuat Enterprise Resource Planning (ERP)merupakan faktor penting dalam kesuksesan perusahaan. Gunawan Samahita, ChiefInformation and Knowledge Officer Indofood, menjelaskan “Perbedaan varian dari mie instantharus berisi bumbu yang tepat yang di produksi oleh Food Ingredient Division (FID).Setiap divisi harus menyesuaikan rencana produk (Production Plans) mereka sehinggaakan selalu tersedia segala jenis bumbu yang dibutuhkan oleh berbagai varian darimie instant. Pada waktu yang sama, mereka harus menjaga agar persediaan digudangseminimal mungkin. Hanya aplikasi ERP yang dapat membuat hal itu dapat diatur dandijadwalkan dengan sebaik mungkin.A. Fungsi Manajemen1. Fungsi Planing (Perencanaan)Fungsi Perencanaan berguna untuk menentukan tujuan perusahaan, agar kedepannyaberjalan dengan lancer.Dari Perencanaan dan Kontrol Produksi, melalui kebutuhan peramalan dan inteligensibisnis, Indofood mempercayakan SAP R/3 sebagai solusi ERP, SAP Advance Plannerand Optimizer (SAP APO) sebagai solusi Supply Chain Management (SCM) danmySAP Business Intelligence dengan SAP Business Information Warehouse (SAPBW).
  3. 3. 2. Fungsi PengorganisasianFungsi Pengorganisasian berguna untuk Pembagian tugas karyawan, dalam perusahaankecil tugas yang dibagikan tidak seberat tugas karyawan dalam perusahaan besar.Struktur Organisasi pada PT IndofoodPenjelasan Struktur Organisasi Pada PT IndofoodRUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)RUPS berada paling atas pada struktur organisasi perusahaan, biasanya diadakan setiapsatu tahun sekali. Didalam rapat tersebut dewan direksi berkewajiban memberikan laporanperihal jalannya perusahaan mulai dari tata usaha keuangan dari tahun buku yang lalu yangharus ditentukan dan disetujui.Dewan Komisaris
  4. 4. Tugas utama dewan direksi adalah mengawasi direksi dalam menjalankan kegiatan danmengelola perusahaan.Dewan DireksiDewan direksi terdiri dari satu orang direktur utama, tiga orang wakil direktur utamadan enam orang direktur. Tugas utama dari direksi adalah menentukan usaha sebagai pimpinanumum dalam mengelola perusahaan, memegang kekuasaan secara penuh dan bertanggungjawab terhadap pengembangan perusahaan secara keseluruhan, menentukan kebijakan yangdilaksanakan perusahaan, melakukan penjadwalan seluruh kegiatan perusahaan.Komite AuditKomite audit bertanggung jawab langsung kepada dewan komisaris. Fungsi utama darikomite audit adalah membantu dewan komisaris untuk menjalankan peran pengendalian .Sekretaris PerusahaanSekretaris perusahaan berfungsi sebagai penghubung antara perseroan dengan institusipasar modal, para pemegang saham, dan masyarakat. Sekretaris bertanggung jawab untukmemonitor kepatuhan terhadap peraturan dan ketentuan pasar modal.3. Fungsi PengarahanFungsi Pengarahan berguna untuk memberikan pengarahan kepada karyawan agarbekerja dengan baik dalam mencapai tujuan perusahaan.Pengarahan adalah suatu proses untuk menumbuhkan semangat (motivation) padakaryawan agar dapat bekerja keras dan giat membimbing mereka dalam melaksanakan rencanauntuk mencapai tujuan yang efektif dan efesien.
  5. 5. PT Indofood memberikan arahan kepada setiap divisi kerja agar terjadi keselarasansuasana kerja yang kondusif.4. Fungsi PengkoordinasianFungsi Pengkoordinasian berguna untuk menyelaraskan tugas karyawan agar tidakterjadi kekacauan.Koordinasi dilakukan pada setiap divisi yang saling terkait dalam lingkup kerjaPT.Indofood.5. Fungsi PengontrolanFungsi Pengontrolan/pengawasan berguna untuk pengawasan kegiatan perusahaanagar tidak menyimpang dari tujuan perusahaan agar tujuan perusahaan tercapai.Pengawasan (Controlling, Evaluating)merupakan fungsi manajeman yang kelima setelahperencanaan, motivasi, pengorganisasian dan pengarahan. Apabila rencana sudah disusun danditetapkan, kemudian dilaksanakan dengan pengorganisasian yang rapi dan digerakan denganbaik dan tepat, maka sudah barang tentu proses manajemen sudah hampir mendekati finishdengan membuahkan hasil yang gemilangPada PT Indofood pengontrolan dilakukan untuk menjaga standar untuk setiap produksibarang agar sesuai dengan ketetepan dan selera dari konsumen.B. Fungsi Operasional1. Fungsi PengadaanFungsi Pengadaan berguna untuk penentuan mutu karyawan melalui prosedur yangtepat / prasyarat kerja.
  6. 6. PT Indofood merekrut karyawan yang sesuaai dengan klasifikasi kebutuhan karyawan untuksetiap divisi kerja.Dengan melalui beberapa prosedur dan tahapan yang ditetapkan olehperusahaan.2. Fungsi PengembanganFungsi Pengembangan berguna untuk perbaikan kemampuan pegawai dengan caramemberikan pengembangan berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap pegawai. FungsiIntegrasi.PT Indofood melakukan sesi training untuk setiap karyawan baru,untuk melatihketerampilan setiap karyawan baru.3. Fungsi Pemberian KompensasiFungsi Pemberi Kompensasi berguna untuk balas jasa atas kontribusi pegawai. Dapatberupa upah dan fasilitas-fasilitas lainnya.Setiap bulan PT Indofood memberikan upah pada setiap tenaga kerjanya,yang terdiridari Gaji Pokok,Bonus,Tunjanga,dll.Sesuai dengan jabatan dari masing – masing pegawainya.4. Fungsi IntegrasiPT Indofood melakukan suatu pengintegrasian pada setiap cara kerja, standar baku,target produksi, targer pasar. Sehingga dapat tercipta pengadaan produk yang selalu ada ditengah – tengah kebutuhan masyarakan akan produk dari PT Indofood.5. Fungsi PemeliharaanFungsi Pemeliharaan berguna untuk perusahaan memperhatikan sikap karyawanmelalui program keselamatan, kesehatan dan pelayanan.
  7. 7. Pemeliharan yang dilakukan oleh PT Indofood meliputi pemeliharaan kualitas produkuntuk para konsumen,pemeliharaan pelayanan bagi para karyawan,dan juga pemeliharaankesejahteraan dari karyawan dengan cara pemberian kompensasi dan fasilitas layanan lain yangdibutuhkan oleh karyawan

×